Sebagai perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia, BINUS UNIVERSITY selalu menghadirkan inovasi terbaru dalam sistem perkuliahannya. Segala pembaruan itu dilakukan BINUS guna mengikuti perkembangan pendidikan global yang makin maju dari hari ke hari. Maka, untuk meningkatkan kualitas lulusannya, BINUS membuka kesempatan bagi mahasiswa yang ingin belajar di kampus daerah lain. Program tersebut dinamakan Mobility Program, yang juga menjadi bagian dari (2+1)+1. 

Simak penjelasan berikut untuk mengulik lebih jauh tentang Mobility Program dan apa saja benefit-nya bagi para mahasiswa. 

Mobility Program
Sumber : Binus

Apa Itu Mobility Program?

Dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan yang mampu bersaing di era globalisasi yang makin kompetitif, BINUS UNIVERSITY kembali menghadirkan inovasi baru di dunia pendidikan. Melalui skema (2+1)+1, para BINUSIAN diajak untuk memperluas wawasan dan pengalaman belajar lewat tiga program unggulan. Salah satunya adalah Mobility Program. 

Lewat Mobility Program, mahasiswa dapat merasakan pengalaman kuliah di kampus BINUS yang berada di kota lain. Program ini tentunya juga menjadi salah satu upaya dalam mendukung citra BINUS sebagai kampus yang menampilkan Cerminan Indonesia yang beragam, yang mahasiswanya berasal dari seluruh penjuru tanah air. 

Bagi para BINUSIAN yang ingin mendaftarkan diri pada program ini, Mobility Program mulai bisa diikuti di semester ke-5. Program ini akan berlangsung selama 1 tahun. Contohnya, mahasiswa dari BINUS @Bandung bisa berkuliah selama setahun di BINUS @Greater Jakarta. Sebagai informasi, khusus untuk Mobility Program yang diadakan oleh BINUS @Greater Jakarta, tersedia tujuh kampus yang bisa dipilih mahasiswa, yaitu:

  • BINUS @Alam Sutera
  • BINUS Kampus Syahdan
  • BINUS @Bekasi
  • BINUS Kampus Kijang
  • BINUS Kampus Anggrek
  • BINUS Kampus FX Senayan
  • BINUS Kampus The Joseph Wibowo Center 

Benefit BINUS Mobility Program bagi Mahasiswa

Adapun beberapa benefit Mobility Program yang membuat program ini penting untuk diikuti oleh para BINUSIAN, yakni:

1. Membuka kesempatan untuk membangun koneksi yang lebih luas

Sebagai bagian dari program (2+1)+1 yang diusung BINUS untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswanya, Mobility Program membuka kesempatan dalam memperluas jaringan koneksi. Dengan mengikuti program ini, BINUSIAN bisa bertemu teman/relasi dari berbagai latar belakang, yang tentunya dapat memberi pengalaman dan wawasan yang lebih kaya. 

Memiliki jaringan sosial yang luas juga memberi keuntungan lain seperti membantu BINUSIAN untuk mengasah kemampuan komunikasi. Pun, tidak kalah penting, jaringan pertemanan bisa dijadikan sumber informasi yang bermanfaat—yang nantinya bisa membantu membuka peluang baru saat terjun ke dunia profesional. 

2. Menawarkan suasana belajar yang berbeda

Belajar di kampus yang sama selama 4 tahun penuh? Hal itu tentunya bisa membuat mahasiswa merasa bosan, yang kemudian berdampak pada penurunan kualitas belajar. Namun, kondisi itu tidak akan pernah terjadi di BINUS UNIVERSITY. Lewat Mobility Program, para BINUSIAN bakal punya kesempatan untuk menikmati suasana perkuliahan di kampus BINUS daerah lain. Seperti misalnya, BINUSIAN @Greater Jakarta dapat merasakan pengalaman belajar di kampus BINUS @Bandung atau @Malang. 

3. Memberi Peluang untuk Belajar Berbagai Hal Baru

Kemampuan beradaptasi yang baik di lingkungan baru dapat menjadi modal penting bagi para lulusan BINUS dalam meniti karier profesional di masa depan. Mengikuti Mobility Program bisa menjadi solusi untuk mengasah kemampuan beradaptasi para BINUSIAN. Lewat program ini, BINUSIAN dapat belajar untuk beradaptasi dengan budaya dan kebiasaan di tempat studi yang baru. Hal tersebut tentunya akan memberi para mahasiswa peluang untuk belajar banyak hal baru.

4. Memiliki daya saing tinggi dan pemikiran yang unik

Memiliki daya saing tinggi tentunya menjadi salah satu benefit yang bakal dimiliki BINUSIAN yang mengikuti Mobility Program. Namun, tidak hanya itu, program ini juga membantu mahasiswa untuk membangun sudut pandang baru sehingga mereka bisa memiliki pemikiran yang unik atau out of the box. Hal ini karena seseorang biasanya akan membentuk cara berpikir di luar kebiasaannya ketika berada di lingkungan yang baru. 

Masih ada banyak program seru lainnya yang bisa dijumpai di BINUS UNIVERSITY. Untuk keterangan yang lebih detail, kunjungi situs resmi BINUS dan dapatkan informasi terkait program studi yang diminati.