Demi mencetak lulusan yang kompeten dan mampu berkontribusi di berbagai bidang, BINUS UNIVERSITY mengusung program pembelajaran yang disebut minor program Binus. Melalui skema belajar yang baru ini, para BINUSIAN diharapkan mampu meningkatkan kompetensi diri, kreativitas, dan pola pikir yang out of the box. Adapun skema (2+1)+1 sendiri terbagi atas tiga program, yaitu Mobility Program, Minor Program, dan Enrichment Program

Untuk itu, kali ini kita akan membahas lebih dalam soal Minor Program dan apa saja benefit-nya bagi mahasiswa yang mengikuti program tersebut. 

Apa Itu Minor Program dari BINUS? 

Minor Program
Sumber : Binus

Minor Program adalah salah satu bagian dari program (2+1)+1 yang bisa diakses BINUSIAN di semester ketiga. Dengan mengikuti program ini, mahasiswa dapat mempelajari mata kuliah tertentu, yang tidak harus sesuai dengan bidang ilmu yang sedang diambil. Kelas-kelas Minor Program pun dapat diikuti mahasiswa hingga memasuki semester lima dan dijadwalkan selesai tepat sebelum Enrichment Program (2+1)+1 dilaksanakan.

Berikut ini rincian program studi BINUS yang memiliki Minor Program di dalamnya, antara lain: Business Management, Information System, Computer Science, dan Accounting. Seperti mata kuliah pada umumnya, ketersediaan program ini juga akan diumumkan setiap kali memasuki semester baru. Pun, dalam praktiknya, para BINUSIAN yang mengambil Minor Program wajib mengikuti ujian di akhir sesi. 

Minor Program yang Bisa Dipilih BINUSIAN

Saat ini, terdapat delapan opsi Minor Program yang bisa dipilih oleh para BINUSIAN, yaitu: 

  • Digital Ecosystem

Segala hal tentang ekosistem digital dibahas di program ini. BINUSIAN dapat memperdalam wawasan terkait hukum siber, identitas visual, hingga perkembangan teknologi terbaru. 

  • Digital Business

Mendalami seputar pengaplikasian teknologi digital di dunia usaha, yang meliputi materi seperti analisis strategi bisnis, manajemen, dan lain sebagainya. 

  • Interactive and User Experience Design

Tertarik dengan desain produk digital, seperti aplikasi atau situs internet? Ambillah kelas ini sebab materi yang dibahas mencakup pengaruh dasar-dasar psikologi user, desain khusus layanan, hingga riset dan evaluasi desain produk digital.

  • Virtual Services

Program kuliah tambahan ini mengajak BINUSIAN untuk memperkaya wawasan tentang virtual marketplace, virtual hospitality management, dan layanan keuangan virtual. 

  • Sustainable Development

Seperti namanya, mata kuliah tambahan ini akan membahas berbagai aspek tentang keberlanjutan (sustainability) di bidang industri. 

  • Human Capital in Digital Workplace

Mengelola SDM juga menjadi hal yang penting di lingkungan kerja digital. Segala hal tentang itu, seperti misalnya pengembangan HRD hingga pengelolaan lingkungan kerja virtual, akan dijabarkan secara detail di program ini. 

  • Cross Cultural Communication

Kelas tambahan ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berkomunikasi di dunia profesional. 

  • Culinary

Suka masak? Tertarik untuk membuka bisnis kuliner di masa depan? Program tambahan ini akan mengajarkan berbagai ilmu, baik itu yang berhubungan dengan praktik memasak ataupun servis restoran. 

Benefit Minor Program BINUS bagi Mahasiswa

Tentunya, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh mahasiswa jika mengikuti Minor Program dari BINUS. Apa saja? Berikut ini contohnya.

  • Memperluas wawasan di luar studi yang diambil

Tidak hanya menguasai mata kuliah wajib yang diambil, mahasiswa juga bisa memperluas wawasannya dengan mengikuti kelas Minor Program. Tentunya, ada banyak pengetahuan baru yang bisa diperoleh BINUSIAN ketika masuk ke kelas tambahan tersebut. Wawasan itu pun nantinya bisa dimanfaatkan sebagai soft skill yang mendukung karier profesional mahasiswa setelah lulus kuliah. 

  • Membuka perspektif baru 

Dengan mengikuti mata kuliah tambahan, baik itu yang berhubungan dengan studi ataupun lintas jurusan, para BINUSIAN bisa mendapatkan banyak perspektif baru. Hal itu sangat bermanfaat dalam mengembangkan potensi diri dan juga melatih kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja yang baru. 

  • Merasakan suasana belajar yang berbeda

Ada kalanya, mahasiswa merasa jenuh dengan mata kuliah yang diajarkan di program studinya. Kelas-kelas Minor Program tentunya bisa memberikan suasana belajar yang berbeda, dengan penyampaian wawasan yang baru pula. 

  • Membangun networking yang luas

Dengan mengikuti kelas-kelas Minor Program yang tersedia, mahasiswa dapat mengembangkan jaringan pertemanan yang lebih luas. Kesempatan untuk membangun networking yang luas itulah yang tidak boleh dilewatkan oleh BINUSIAN. Karena berjejaring tidak hanya soal bertukar informasi, networking dapat memberikan koneksi yang berharga bagi pengembangan karier profesional seseorang di masa depan.

Makin ingin bergabung dengan BINUS setelah mengetahui tentang Minor Program? Kunjungi situs resmi BINUS UNIVERSITY untuk update informasi terbaru terkait program-program unggulan lainnya.