Demi melahirkan lulusan yang siap berkecimpung di dunia profesional, BINUS University menghadirkan Enrichment Program bagi para mahasiswanya. Masa perkuliahan ditunjang dengan program pengayaan dengan porsi (2 + 1) + 1. Mahasiswa akan berkuliah konvensional selama dua tahun di kampus asal, lalu setahun di kampus BINUS luar kota, dan mengikuti program pengayaan selama setahun. 

Enrichment Track Further Studies sendiri menjadi salah satu program pengayaan unggulan di BINUS. Ini merupakan program pendalaman untuk mengembangkan keterampilan, keahlian, dan sejumlah nilai tertentu melalui rangkaian mata kuliah khusus. Setidaknya terdapat lima mata kuliah khusus dalam Enrichment Track Further Studies, antara lain:

Program Enrichment Track Further Studies
Sumber: Kumparan

Design of Thinking for Innovation

Mata kuliah 4 SKS ini mengajarkan tentang cara mengembangkan tahapan-tahapan dalam berpikir. Seperti diketahui, Design Thinking dalam dunia bisnis merupakan proses memahami target konsumen guna meluncurkan rancangan produk atau layanan yang tepat bagi mereka. 

Design Thinking terbagi menjadi lima tahapan, di antaranya:

  • Empathize, yaitu memahami target pengguna berdasarkan motivasi, kebutuhan, dan permasalahan mereka. 
  • Define, yaitu mengidentifikasi hasil pemahaman tersebut guna menentukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. 
  • Ideate, yaitu perumusan solusi berdasarkan hasil identifikasi.
  • Prototype, perancangan satu atau beberapa versi produk atau layanan sebagai solusi konkret bagi pengguna. 
  • Test, produk atau layanan memasuki tahap uji coba yang dilakukan secara terus menerus untuk mendapatkan solusi ideal dan sempurna. 

Business Negotiation

Seorang profesional, terlebih entrepreneur harus tahu betul bagaimana cara bernegosiasi dengan partner atau klien. Itulah mengapa BINUS University juga membekali mahasiswa di Enrichment Program Further Studies Track dengan mata kuliah Business Negotiation

Tujuan dari pembelajaran ini agar mahasiswa setidaknya memiliki wawasan tentang konsep dasar, prinsip-prinsip, dan berbagai hal yang dibutuhkan dalam bernegosiasi bisnis. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu berpikir kreatif kala menghadapi permasalahan, dilema, dan kasus-kasus yang mungkin terjadi selama proses negosiasi.

Mata kuliah Business Negotiation tersedia di Enrichment Track Further Studies dengan porsi sebanyak 3 SKS. 

Marketing Strategy

Biasanya, mata kuliah marketing hanya diberikan kepada mahasiswa fakultas ekonomi dan keuangan. Namun berbeda, BINUS University memberikan kesempatan bagi semua mahasiswa untuk bisa mempelajari mata kuliah Marketing Strategy

Hal ini karena BINUS University menyadari bahwa lulusannya bakal menghadapi persaingan global, terutama di ranah bisnis dan profesional. Bekal ilmu dan wawasan yang komprehensif mengenai dunia profesional, tentu saja amat dibutuhkan. Oleh karena itu, setiap mahasiswa peserta Program Enrichment Further Studies Track akan memperoleh mata kuliah Marketing Strategy atau Strategi Pemasaran yang berbobot 3 SKS. 

Applied Statistics

Applied Statistics atau Statistika Terapan adalah mata kuliah yang mempelajari tentang aplikasi atau penerapan dari konsep analisis, teori-teori, dan metode-metode perumusan statistik pada bidang-bidang tertentu yang diteliti. Pada umumnya pengolahan data dalam statistika terapan akan menggunakan teknik komputasi.  

Mata kuliah ini akan diselenggarakan selama satu semester dengan bobot kredit sebanyak 3 SKS. Beberapa bidang ilmu yang akan disampaikan, meliputi uji prediksi, uji estimasi, uji validitas, uji reliabilitas, populasi, dan masih banyak lagi. 

Melalui mata kuliah Applied Statistics, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode statistik di kondisi nyata. Menggunakan teknik statistika dalam membuat keputusan atau menentukan solusi metode statistik yang tepat. Termasuk juga dalam merumuskan analisis dan memperhitungkan statistik dengan memanfaatkan perangkat lunak. 

Human Resources Management Strategy

Satu lagi mata kuliah yang umumnya hanya diberikan pada mahasiswa jurusan tertentu, yakni Human Resources Management Strategy atau Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. BINUS University menyediakannya buat para peserta Enrichment Track Further Studies dengan porsi 4 SKS.

Di sini mahasiswa akan mempelajari banyak hal. Mulai dari yang paling dasar, seperti pengenalan pada Manajemen SDM berikut masalah dan tantangan yang terjadi. Menuju tingkat lanjut, meliputi strategi dan analisis manajemen SDM, serta desain sistem kerja. 

Lalu sampai hal-hal mendetail, seperti seleksi SDM, wawancara, memelihara relasi, pelatihan dan pengembangan, pembiayaan, manajemen performa, dan masih banyak lagi. Singkatnya, mata kuliah ini mengajarkan tentang bagaimana menjadi seorang manajer SDM yang baik. 

Selain Further Studies, BINUS University menyediakan lima pilihan lain dalam Enrichment Program, di antaranya Internship, Study Abroad, Research, Community Development, Start-up Business, Specific Independent Studies, dan Further Studies. Mahasiswa dapat memilih salah satunya sesuai minat masing-masing.