BINUS UNIVERSITY memiliki banyak program unggulan dalam upaya menciptakan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di tingkat global. Salah satu program unggulan tersebut adalah Study Abroad Track yang merupakan bagian dari Enrichment Program BINUS. Seperti halnya pilihan program lain dalam Enrichment Program, Study Abroad Track bisa diikuti oleh para BINUSIAN dalam jangka waktu 6 sampai 12 bulan. 

Apa Itu Program Study Abroad Track BINUS?

Program Study Abroad
Sumber : Binus

Lalu, apa yang didapatkan oleh BINUSIAN ketika memilih kegiatan Study Abroad Track dalam Enrichment Program BINUS UNIVERSITY? Pada kegiatan ini, BINUSIAN punya kesempatan untuk merasakan pengalaman kuliah di luar negeri secara langsung. Kesempatan tersebut memberikan banyak manfaat bagi para BINUSIAN, termasuk di antaranya adalah: 

  • 1. Memperluas Jaringan

Keuntungan pertama yang bisa kamu peroleh dari partisipasi dalam Study Abroad Track adalah kesempatan mengenal lebih banyak teman. Lewat pengalaman ini, kamu tidak hanya akan memiliki kenalan sesama BINUSIAN. Namun, kamu juga akan banyak mengenal relasi dari berbagai latar belakang di kampus tujuan. 

Relasi yang bisa kamu dapatkan dari kesempatan kuliah di luar negeri memberikan manfaat dalam jangka panjang. Kamu tidak hanya dapat menjadikan mereka sebagai teman. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau kamu bisa menjadikan mereka sebagai rekan bisnis di masa mendatang. 

  • 2. Membuka Wawasan

Keuntungan selanjutnya yang bisa didapatkan BINUSIAN saat ikut serta dalam program Study Abroad Track adalah pengalaman baru. Kamu tidak hanya berkesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru, tetapi juga lingkungan yang sepenuhnya beda dengan kondisi di dalam negeri. 

Lingkungan serta orang-orang baru tersebut memberi kesempatan bagi kamu untuk belajar tentang banyak hal. Kamu dapat secara lebih dalam mengenal budaya kampus yang menjadi tujuan belajar. Pengetahuan ini sangat memiliki peran penting dalam membantu kamu berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. 

  • 3. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi

Pengalaman belajar di luar negeri juga membuat kamu bisa beradaptasi dengan lingkungan baru secara lebih cepat. Kemampuan ini menjadi modal penting ketika kamu terjun ke dunia kerja. Saat bekerja, kamu akan berhadapan dengan situasi yang dinamis. Contohnya, ketika kamu memperoleh promosi jabatan atau ditempatkan di lokasi kerja yang baru. 

Kemampuan beradaptasi bakal membantu kamu dalam menyesuaikan diri dengan tanggung jawab atau lingkungan baru di tempat kerja. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam menjalankan setiap tugas di tempat kerja. 

  • 4. Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Manfaat yang terakhir dan penting dari pengalaman Study Abroad Track BINUS UNIVERSITY adalah kesempatan melatih komunikasi. Saat berkuliah di luar negeri, kamu bakal terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Kemampuan ini memiliki peran penting dalam mendukung karier kamu di masa depan. 

Selain itu, kamu tidak hanya berkesempatan melatih komunikasi berbahasa Inggris yang baik selama kuliah di luar negeri. Kamu bisa pula menggunakan kesempatan tersebut untuk menguasai bahasa ibu negara setempat. Kemampuan berbahasa asing, bakal menjadi nilai lebih yang membantu kamu dalam memperoleh karier cemerlang. 

Menariknya lagi, BINUS UNIVERSITY memberikan kesempatan bagi para BINUSIAN untuk memilih kampus dari berbagai negara. Pilihan kampusnya beragam, mulai dari universitas di Tiongkok, Hongkong, Jepang, Korea, Thailand, Finlandia, Inggris, Perancis, Spanyol, Kanada, dan lain sebagainya. 

Sangat menarik, kan? Program Study Abroad Track BINUS UNIVERSITY membuktikan kalau kamu bisa pula merasakan pengalaman kuliah ke luar negeri tanpa harus melakukan pendaftaran ke universitas mancanegara. Lewat pengalaman ini, kamu akan berkembang menjadi talenta yang berpotensi tinggi dan mampu bersaing di tingkat global. 

Tidak hanya itu, BINUS UNIVERSITY yang berstatus sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, menawarkan pilihan program studi yang variatif. Jadi, kamu punya pertimbangan jurusan yang lebih banyak dibandingkan ketika kuliah di perguruan tinggi lain.