Mahasiswa dan penelitian adalah dua hal yang identik. Sebagian besar program studi di perguruan tinggi mewajibkan mahasiswa meneliti suatu hal yang kemudian dituangkan dalam bentuk skripsi. Sepanjang perkuliahan banyak materi maupun tugas yang menggunakan jurnal penelitian sebagai sumber referensi. salah satu track yang dapat membantu mahasiswa adalah dengan mengikuti  Enrichment Track Research.

Di sisi lain, mutu suatu perguruan tinggi juga ditentukan oleh seberapa banyak penelitian yang telah dihasilkan sivitas akademika, baik dosen maupun mahasiswa. Sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, penelitian dan pengembangan memiliki peranan penting dalam mengamalkan keilmuan dosen dan mahasiswa berikut penerapannya dalam masyarakat.

Menyadari hal tersebut, BINUS UNIVERSITY membuka program Enrichment Track Research bagi mahasiswanya. Lebih dari sekadar menjadi asisten peneliti dosen, lewat program ini mahasiswa dapat membuat penelitian sendiri untuk melahirkan solusi atas permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. 

Lantas, apa yang membuatmu harus memilih Enrichment Track Research?

Enrichment Track Research
Sumber : Binus

Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Secara Terus Menerus

Pengetahuan dasar dari bangku kuliah menjadi keterampilan inti dalam bidang keilmuan yang ditekuni mahasiswa. Namun, mahasiswa harus memiliki rasa ingin tahu terus menerus agar makin menguasai ilmunya dan menerapkan secara tepat dalam karier kelak. 

Penelitian di bawah bimbingan dosen akan membantumu mengeksplorasi pengetahuan baru melalui diskusi yang bermula dari kemauan bertanya dan tahu apa yang harus ditanyakan. Ini penting supaya mahasiswa mampu memecahkan masalah dengan efektif. 

Plus, rasa ingin tahu juga mendorong mahasiswa belajar menginterpretasikan jawaban dan data yang diperoleh. Kemampuan menganalisis dan menyintesis informasi merupakan keterampilan kognitif tingkat tinggi yang dapat menjadi modal penting bagi mahasiswa dalam berkarier di masa depan.

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Kunci berkolaborasi adalah kemampuan berkomunikasi secara efektif, apa pun posisimu dalam sebuah tim. Keterampilan komunikasi dapat terasah melalui kegiatan penelitian karena kamu dituntut untuk terampil berbagi informasi  lisan dan tulisan secara profesional.

Ketika menyampaikan suatu temuan, kamu perlu menentukan seberapa banyak informasi dan data penting yang harus disampaikan. Pendek kata, data dan kesimpulan penelitian harus dievaluasi, dipertimbangkan, dan dipilih secara selektif sebelum disajikan kepada pembaca. Jadi, pembaca menerima informasi yang akurat dan relevan dengan tema penelitian.

Selanjutnya, mahasiswa juga belajar mengembangkan “suara” mereka secara akademis dan profesional, khususnya terkait penyampaian hasil penelitian. Informasi yang disajikan harus konsisten, informatif, dan faktual. Membiasakan diri menulis dan berbagi informasi dengan cara demikian hanya bisa kamu peroleh melalui kegiatan penelitian. 

Belajar Bekerja di Lingkungan Profesional

Bekerja dalam tim peneliti menuntut kamu untuk bersikap profesional layaknya pegawai kantoran. Kamu harus memahami dan mengikuti arahan profesor selaku kepala tim serta menjalankan parameter sesuai rancangan penelitian, hingga bekerja sama dalam pengumpulan dan pengolahan data. Semua perlu kamu jalani dengan sikap saling menghormati kepada sesama anggota tim, baik rekan mahasiswa maupun dosen.

Terlibat dalam penelitian juga melatihmu bertanggung jawab dan berinisiatif dalam setiap tindakan. Apa yang menjadi tugasmu adalah tanggung jawab yang harus dijalankan dengan konsisten serta penuh keyakinan.

Membangun Ketangguhan Diri

Berkecimpung dalam dunia penelitian membuatmu terlatih untuk tangguh, terutama dalam menghadapi ketatnya peraturan, kode etik, tenggat waktu, dan kegagalan. Bukan sekali dua kali hasil risetmu berujung pada kegagalan membuktikan hipotesis atau revisi yang tiada akhir. Bahkan, ada kalanya kamu akan kembali ke nol untuk mengulang prosedur dan pengambilan data. 

Dari pengalaman tersebut, kamu akan sadar bahwa belajar selalu beriringan dengan kegagalan. Inilah proses belajar sesungguhnya yang akan mempertajam keterampilan pemecahan masalah. Berkat proses itu, ketangguhan dirimu pun tumbuh dan lebih siap menghadapi berbagai tantangan saat kuliah maupun di dunia kerja. 

Bekal Studi Lanjutan ke Jenjang Pascasarjana

Jika kamu sudah berencana melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana, mendaftar dalam Enrichment Track Research adalah keputusan tepat. Sejak program studi S1 kamu sudah terlatih melakukan riset, terbiasa dengan pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, serta menyajikannya dalam sebuah laporan penelitian yang berbobot. 

Tentu pengalaman ini jadi modal berharga saat kamu studi program magister dan doktoral. Bahkan, kamu dapat meneruskan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya untuk memperkuat hasil penelitian terdahulu. Bisa dibilang, kamu akan memiliki karier cerah sebagai seorang peneliti dalam bidang keilmuan yang ditekuni.

Kelima alasan di atas menjawab mengapa program Enrichment Track Research harus kamu jadikan pilihan untuk mengisi kegiatan perkuliahan di semester 7 dan 8. Sudah terbayang kan seperti apa serunya meneliti berbagai fenomena ilmu pengetahuan dengan bimbingan dosen berpengalaman? Yuk, tentukan sekarang mana program Enrichment yang akan kamu ambil!