Ada banyak kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah kampus untuk menjadi yang unggul dan terbaik. Cara yang ditempuh BINUS UNIVERSITY untuk menjadi universitas berkualitas di tanah air adalah dengan menyediakan berbagai disiplin ilmu. Dengan begitu, calon mahasiswa bisa memilih program studi yang paling sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Bisnis sebagai salah satu sektor besar di dunia, membutuhkan banyak sekali komponen untuk bisa berjalan. Salah satunya adalah tersedianya tenaga ahli di bidang accounting and finance. Inilah yang menjadi misi Faculty of Economics & Communication BINUS UNIVERSITY: melahirkan akuntan dan pakar finansial andal untuk sektor bisnis yang lebih baik di masa depan.

Accounting and Finance
Sumber : Fexa

Mengapa Accounting and Finance Penting bagi Sebuah Bisnis?

Kunci penting dari sebuah bisnis terletak pada akuntansi, keuangan, dan seberapa besar pemahaman para pelaku di dalamnya. Akuntansi dan finansial sendiri mengacu pada proses pencatatan dan analisis dalam kegiatan bisnis. Dengan memahami arus kas masuk dan keluar, para pelaku bisnis akan lebih mudah membuat keputusan keuangan yang baik untuk meraih keuntungan dan menghindari kegagalan.

Ada beberapa alasan mengapa accounting & finance penting bagi sebuah bisnis:

Menyimpan Catatan Keuangan

Akuntansi pada dasarnya adalah catatan aktivitas keuangan perusahaan. Buku besar perusahaan merupakan tempat bagi para akuntan dan pemilik usaha kecil untuk melacak pendapatan dan pengeluaran dari kegiatan operasional bisnisnya. Catatan keuangan bisnis yang akurat bisa membantu perusahaan mengelola masa depan keuangan serta memahami arus kas.

Menghindari Masalah Hukum

Menyimpan catatan keuangan yang akurat akan membantu perusahaan mematuhi undang-undang bisnis yang penting. Mengabaikan detail kecil bisa membuat manajemen pajak sebuah bisnis mengalami masalah. 

Seorang manajer keuangan perlu memahami pengeluaran apa saja yang harus dipotong, berapa besar pajak yang harus dibayar, dan kapan harus membayarnya. Pencatatan keuangan yang buruk dan tidak dilakukan oleh ahlinya bisa menyebabkan sebuah perusahaan diaudit dan mendapatkan masalah hukum yang merepotkan.

Membuat Anggaran

Menggunakan catatan keuangan akan membantu bisnis membuat anggaran dan menjaganya tetap sesuai jalur. Anggaran akan memberi pelaku bisnis mengenai posisi keuangan dan menavigasi arahnya sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan di masa depan. 

Ketika membuat anggaran pendapatan bersih, pengeluaran, tujuan dan dana tak terduga juga harus dipertimbangkan. Agar bisnis tetap berjalan dengan baik, penting untuk tetap patuh pada anggaran dan melakukan pemeriksaan kesesuaian secara berkala.

Seorang akuntan yang baik mampu menetapkan cetak biru untuk pengelolaan bisnis serta menawarkan dasar yang kuat untuk kesuksesan dan stabilitas perusahaan.

Menganalisis Kinerja

Pemilik bisnis yang sukses selalu melihat bagaimana bisnis mereka berjalan. Perusahaan bisa melihat posisi keuangan mereka dengan memeriksa catatan terbaru dari kewajiban, aset serta catatan keuangan lainnya. Informasi ini bisa digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan.

Catatan keuangan adalah kesempatan untuk belajar dan kesalahan di masa lalu dan membuat keputusan yang lebih tepat tentang perencanaan di masa depan. Mengetahui posisi keuangan juga bisa membantu para pemilik bisnis untuk mengidentifikasi peluang baru yang dapat membantu mereka mencapai laba yang ditargetkan.

Membantu Mengembangkan Strategi

Manajemen akuntansi dan keuangan yang baik akan mengarahkan perusahaan pada strategi yang baik. Setelah perusahaan mengembangkan anggaran dan menganalisis data secara menyeluruh, akan lebih mudah untuk merancang strategi dan mencapai tujuan bisnis.

Setelah melakukan peninjauan catatan keuangan, akuntan dan pakar keuangan akan diberdayakan untuk membuat keputusan finansial berdasarkan berbagai informasi mulai dari kepegawaian sampai manajemen persediaan. Anggaran adalah peta yang penting untuk membuat strategi dan strategi adalah kunci yang penting untuk profitabilitas. Semua ini bisa dicapai jika sebuah perusahaan memiliki tenaga akuntan dan pakar finansial yang andal.

Ingin menjadi bagian dari kemajuan dunia bisnis dengan menjadi akuntan dan pakar keuangan? Program Studi Accounting di bawah Faculty of Economics & Communication BINUS UNIVERSITY siap membantu kamu mewujudkannya. Mulai langkahmu sebagai akuntan kelas dunia bersama BINUS!