BINUS University bukanlah perguruan tinggi biasa. Selain punya kampus yang mentereng, kurikulumnya juga benar-benar dirumuskan secara saksama agar mampu melahirkan lulusan berkualitas. Salah satu yang menjadi keunggulan BINUS University, yaitu adanya program perkuliahan (2 + 1) + 1. Skema belajar tersebut tidak ditemukan di perguruan tinggi lain di Indonesia. 

Enrichment Track Further Studies
Sumber : Binus

Program (2 + 1) + 1

Pada dua tahun pertama, mahasiswa berkuliah seperti biasa di kampus asal. Tahun ketiga dilanjutkan dengan Mobility Program serta Minor Program. Mobility Program dijalankan mahasiswa pada semester lima dan enam. Mahasiswa dapat merasakan pengalaman kuliah di kampus BINUS di kota lain pada program studi yang sama. 

Mobility Program juga bisa beriringan dengan Minor Program yang sifatnya opsional. Pengayaannya berupa perkuliahan lintas disiplin atau pilihan mengikuti streaming untuk mendalami bidang ilmu spesifik sesuai kondisi terkini. 

Lalu, pada tahun akhir kuliah, mahasiswa diwajibkan mengikuti Enrichment Program yang terbagi menjadi tujuh pilihan jalur, antara lain: Internship, Study Abroad, Research, Community Development, Start-up Business, Micro Credential, dan Further Studies

Khusus untuk Enrichment Track Further Studies, program ini menerapkan metode kuliah konvensional melalui sejumlah pilihan mata kuliah khusus, guna memberikan keahlian tertentu kepada para pesertanya. 

Manfaat Mengikuti Enrichment Track Further Study

Tentu saja setiap jalur (track) dalam Enrichment Program memiliki keunggulannya masing-masing. Namun bagi peserta Further Studies Track, ada manfaat spesifik yang bisa diperoleh, di antaranya:

1. Belajar Hal Baru

Bagi mahasiswa yang ingin mendalami ilmu-ilmu penting yang dibutuhkan di dunia bisnis dan profesional, maka jalur ini merupakan pilihan tepat. Pasalnya lima mata kuliah yang disajikan di Further Studies Track tidak tersedia di semua jurusan, kecuali jika mahasiswa memilih jalur tersebut. 

Terdapat lima mata kuliah yang akan diberikan, antara lain Design Thinking for Innovation, Business Negotiation, Marketing Strategy, Applied Statistics, dan Human Resources Management Strategy

Design Thinking for Innovation mempelajari soal kemampuan berpikir secara bertahap  untuk menghasilkan solusi ideal. Business Negotiation mengenai cara bernegosiasi dengan pihak-pihak terkait dunia profesional. 

Lalu ada Marketing Strategy yang tentu saja mengetengahkan topik tentang strategi pemasaran produk bisnis. Sementara Applied Statistics mempelajari cara menerapkan data-data statistik untuk berbagai hal di dunia nyata. Sedang Human Resources Management Strategy merupakan mata kuliah tentang strategi mengelola sumber daya manusia. 

2. Siap Kerja Profesional

Lima mata kuliah membahas topik berbeda-beda. Semuanya bertujuan mempersiapkan mahasiswa agar siap berkecimpung di dunia profesional setelah lulus. Baik mahasiswa yang kelak ingin menjajaki karir di perusahaan, maupun bagi mereka yang berminat mengembangkan usaha mandiri. 

Lulusan BINUS University memiliki kelebihan karena telah dibekali beragam ilmu dan wawasan yang dibutuhkan di dunia kerja. Sehingga peluang untuk langsung diterima kerja juga lebih tinggi.  

3. Kesempatan Kuliah S2 di Luar Negeri

Further Studies Track kerap menggelar acara seminar, baik yang digagas alumni maupun divisi pengelola Enrichment Program. Acara tersebut tidak jarang mengundang narasumber perwakilan dari perguruan tinggi luar negeri. 

Dalam acara tersebut dipaparkan mengenai program-program dari kampus asal narasumber. Di sini mahasiswa bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai kampus-kampus pilihan di mancanegara. Demi menjajaki peluang untuk dapat melanjutkan kuliah jenjang S2 di berbagai belahan dunia. 

Persyaratan Enrichment Track Further Studies

Enrichment Track Further Studies tergolong baru dibandingkan jalur lainnya. Sampai kini masih tersedia untuk mahasiswa Fakultas Bisnis (Binus Business School) jenjang sarjana muda (S1), kecuali program studi Business Creation. Program pengayaan Further Studies dimulai sejak semester 7 di fakultas tersebut. 

Further Studies merupakan jalur yang khusus dan cukup ketat, sehingga tidak sembarang mahasiswa dapat langsung mengikutinya. Setidaknya peserta harus memiliki IPK minimal 3,25 tanpa cacat. Artinya, tidak pernah mengalami kegagalan mata kuliah selama semester 1 – 6. 

Demikian pula dalam urusan masa studi. Batas durasi perkuliahan yang bisa ditempuh mahasiswa peserta Enrichment Track Further Studies secara keseluruhan adalah 12 semester atau enam tahun. Jika lebih dari itu, maka mahasiswa akan memasuki masa evaluasi drop out, sehingga status kemahasiswaannya terancam dicabut. Jadi, hanya mahasiswa terbaik yang bisa mengikuti program pengayaan yang satu ini.