Gelar master bukanlah sesuatu yang sulit dicapai. Apalagi kini BINUS University menyediakan pilihan program Enrichment Track Further Studies yang membuat kans menapaki jenjang tersebut kian besar. 

Further Studies bahkan memungkinkan mahasiswa dapat mengikuti program master di luar negeri. Pasalnya BINUS University kerap mengundang perguruan tinggi mancanegara untuk menyampaikan informasi program-program kuliah di kampus mereka. Sehingga mahasiswa yang berminat dapat langsung mengetahui sistem perkuliahan, informasi registrasi dan beasiswa, serta berbagai program lain di kampus Negara tujuan. 

Kemudahan dan kesempatan sebesar itu mustahil jika tanpa disertai dengan persyaratan ketat. Benar, ada sejumlah tahapan prosedural yang wajib dipenuhi calon peserta Further Studies Track. Namun sebelum membahasnya lebih jauh, mari kita simak uraian singkat mengenai program kuliah di BINUS University, termasuk di dalamnya Further Studies

Enrichment Track
Sumber : Binus

Program (2 + 1) + 1

Program unik dan mungkin satu-satunya yang ada di Indonesia. BINUS University memiliki program kuliah (2 + 1) + 1 yang terbagi menjadi tiga bagian. Pada dua tahun pertama mahasiswa menjalani kuliah biasa di kampus asal tempat dirinya mendaftar pertama kali. 

Mulai semester lima atau tahun ketiga, mahasiswa bisa mengikuti Mobility Program. Dalam Mobility Program, mahasiswa menjalani kuliah di kampus BINUS di kota lain untuk program studi yang sama. 

Selain Mobility Program, ada pula Minor Program, Streaming, dan Free Elective yang sifatnya opsional. 

Minor Program adalah mengikuti mata kuliah lintas disiplin di prodi lain dengan porsi lebih sedikit. Sementara Streaming adalah aktivitas pembelajaran untuk bidang-bidang spesifik sesuai jurusan, yang relevan dengan kondisi paling aktual. Sedangkan Free Elective adalah pilihan mata kuliah bebas di luar prodi untuk mencari keterampilan baru.

Enrichment Program

Setahun Mobility Program, dilanjutkan dengan Enrichment Program mulai semester 7. Program pengayaan ini terbagi menjadi tujuh jalur, mahasiswa bisa memilih salah satu di antaranya.

  • Research
    Kegiatan riset atau penelitian ilmiah sesuai program studi masing-masing. 
  • Community Development

Program pengabdian masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sosial, contohnya Teach of Indonesia

  • Start-up Business

Mulai merintis usaha dari nol sampai beroperasi, dengan bimbingan praktisi berpengalaman serta peluang untuk mendapatkan dukungan permodalan. 

  • Study Abroad

Berkuliah di kampus lain di luar negeri untuk merasakan pengalaman pendidikan yang berbeda. 

  • Internship

Istilah lainnya magang, mempraktikkan teori-teori bangku kuliah di dunia kerja guna  mendapatkan pengalaman nyata.  

  • Micro Credential

Pembelajaran mikro bersertifikat layaknya kursus, sesuai bidang-bidang yang paling dibutuhkan di dunia industri terkini.  

Further Studies

Jalur pengayaan yang satu ini cukup berbeda dengan lainnya. Mahasiswa peserta mendapatkan pendalaman ilmu melalui kelas kuliah konvensional dengan subjek-subjek tertentu yang tidak diperoleh pada semester-semester sebelumnya. 

Setiap mata kuliah ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswa selepas lulus dari kampus dan terjun ke dunia profesional, baik sebagai karyawan maupun berwirausaha. 

Mata kuliah yang diajarkan dalam Enrichment Track Further Studies, meliputi Design Thinking for Innovation, Business Negotiation, Marketing Strategy, Applied Statistics, dan Human Resources Management Strategy

Selain itu, program pengayaan jalur Further Study juga merupakan pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang berorientasi melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Terutama mereka para pemburu beasiswa kuliah di luar negeri. 

Program Enrichment Further Study sering mengadakan berbagai seminar dengan narasumber dari kampus-kampus ternama mancanegara. Tentunya selain memaparkan gambaran seputar kehidupan kampus dan sistem pembelajaran. Diselipkan pula informasi mengenai peluang penerimaan dan tata cara registrasi bagi mahasiswa BINUS University yang tertarik berkuliah di sana. 

Siapa yang Cocok Memilih Enrichment Track Further Studies?

Lalu, siapa yang cocok memilih program Enrichment Track Further Studies? Program ini merupakan pilihan tepat buat mahasiswa yang ingin memiliki wawasan komprehensif sebelum terjun ke dunia kerja. 

Setelah mendalami bidang spesifik selama enam semester. Kemudian dilanjutkan dengan pengayaan lebih luas untuk mengetahui hal-hal paling esensial di dunia bisnis, melalui lima mata kuliah strategis dan aplikatif yang diajarkan selama program Further Studies.  

Di samping itu, program ini juga memberikan pilihan kedua, yaitu kesempatan untuk melanjutkan program S2 di kampus mancanegara. Bukan mustahil, kamu bisa memperoleh beasiswa penuh, tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mengenyam pendidikan tinggi di luar negeri. 

Jadi, kalau kamu memiliki perhatian khusus terhadap dunia usaha, sekaligus berminat untuk meraih master degree di kampus bergengsi mancanegara, Enrichment Track Further Studies adalah pilihan yang paling tepat.