Menjadi universitas unggulan di Indonesia sama sekali bukan sebuah langkah mudah bagi BINUS UNIVERSITY. Selama lebih dari 40 tahun, semua komponen di dalam kampus mulai dari dosen, staf hingga mahasiswa bekerja sama membentuk BINUS sebagai “A World Class University”. Dari perjuangan inilah BINUS memperoleh banyak penghargaan dan akreditasi bergengsi. Salah satunya akreditasi ABET yang diperoleh pertama kali pada tahun 2013 silam.

Apa itu akreditasi ABET? Kriteria apa saja yang harus dipenuhi oleh sebuah kampus untuk bisa meraih akreditasi ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Binus

Apa Itu ABET?

ABET merupakan singkatan dari Accreditation Board for Engineering and Technology. ABET sendiri adalah sebuah lembaga nirlaba non-pemerintah yang memberikan akreditasi pada kampus-kampus yang membuka prodi ilmu terapan dan alam, komputasi, teknik dan teknologi rekayasa.

Akreditasi ABET memberikan jaminan bahwa program studi yang dibuka oleh kampus penerima sudah memenuhi standar kualitas profesi. Artinya, lulusannya sudah siap kerja dengan kemampuan yang sesuai dengan jurusannya. ABET hanya memberikan akreditasi kepada program studi, bukan institusi pendidikannya.

Akreditasi ABET sifatnya sukarela. Sampai saat ini ada 4.369 program studi yang ada di 850 perguruan tinggi dan universitas di 41 negara yang sudah menerima akreditasi ABET, termasuk BINUS UNIVERSITY. Lebih dari 175.000 alumni lahir dari program akreditasi ABET setiap tahunnya dan jutaan lulusan sudah menerima gelar program terakreditasi ABET sejak 1932.

Jurusan di BINUS UNIVERSITY yang Berhasil Memperoleh Akreditasi ABET

Akreditasi ABET diperoleh BINUS pertama kali pada tahun 2013 lewat program studi Teknik Industri. Pencapaian ini berhasil mengukuhkan posisi BINUS UNIVERSITY sebagai universitas swasta pertama yang terakreditasi ABET. 

Selain jurusan Teknik Industri, dua jurusan lain juga menyusul mendapatkan akreditasi bergengsi ini yaitu jurusan Teknik Komputer dan Teknik Sipil. Untuk kedua jurusan ini, BINUS bahkan berhasil menjadi kampus pertama di tanah air yang mendapatkannya.

Mengapa Akreditasi ABET Itu Penting untuk Diperhitungkan?

Akreditasi ABET memberikan jaminan bahwa jurusan yang mendapatkannya sudah memenuhi standar penting untuk menghasilkan lulusan yang siap masuk ke bidang STEM kritis dalam angkatan kerja global. Alumni dari prodi terakreditasi juga memiliki dasar pendidikan yang mumpuni serta mampu menjadi pemimpin yang menggerakkan inovasi, menghasilkan teknologi baru serta mengantisipasi kesejahteraan dan keamanan masyarakat.

Bagi para mahasiswa, berkuliah di prodi dengan akreditasi ABET adalah pencapaian yang signifikan serta investasi yang besar untuk masa depan. Kualitas pendidikan yang kamu terima akan menjadikanmu unggul dibanding lulusan perguruan tinggi lain. Beberapa keuntungan lulus dari jurusan dengan akreditasi ABET adalah:

  • Memverifikasi bahwa pengalaman pendidikanmu sudah memenuhi standar global untuk pendidikan teknis dalam profesi terkait
  • Meningkatkan peluang kerja, tidak hanya di perusahaan lokal tapi perusahaan multinasional
  • Memberikan dukungan bagi kamu untuk masuk ke profesi teknis lewat jalur lisensi, pendaftaran dan sertifikasi. Semuanya seringkali membutuhkan lulusan dari program terakreditasi ABET sebagai kualifikasi minimum
  • Menetapkan kelayakan Anda untuk memperoleh beasiswa atau dana hibah untuk penelitian
  • Membuka jalan secara global bagi para alumni program terkait karena akreditasi ABET diakui di seluruh dunia lewat perjanjian internasional. Beberapa sistem akreditasi nasional di negara-negara lain di dunia juga menggunakan ABET sebagai model.

Bagi BINUS UNIVERSITY, akreditasi ini adalah bukti bahwa 3 program studi teknik yang ada sudah memperoleh pengakuan internasional karena kualitasnya. Ini juga menunjukkan upaya terbaik dari sivitas akademika yang ada untuk menjadi kampus unggul di Indonesia.

Tertarik menjadi bagian dari BINUS UNIVERSITY dan 3 prodi yang meraih akreditasi ABET? Daftarkan dirimu sekarang juga untuk bergabung bersama BINUS!