Memasuki tingkat III perkuliahan, kamu harus mulai berpikir tentang “where next” atau apa yang hendak dilakukan selanjutnya. Ada begitu banyak peluang menantimu setelah melewati gerbang kelulusan. Mempertimbangkan berbagai kemungkinan sejak saat ini akan membantu mengambil jalan terbaik bagi masa depan kamu. kamu bisa memulainya dengan mengikuti Enrichment Track Further Study.

BINUS UNIVERSITY menyadari situasi yang dihadapi mahasiswa dengan membuka program Enrichment Track untuk memperkuat kompetensi diri. Dari tujuh program Enrichment yang ditawarkan, track Further Study bisa jadi pilihan untuk kamu yang tengah mempertimbangkan melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana. 

Apa alasan kuat untuk memilih Enrichment Track Further Study?

Enrichment Track Further Study
Sumber : Binus

Memperbesar Kesempatan Melanjutkan Studi S2

Setiap mata kuliah yang ditawarkan dalam program Further Study berkaitan erat dengan keberlangsungan jurusan kamu saat ini di jenjang pascasarjana. Sebanyak 20 SKS harus kamu penuhi agar berhasil menyelesaikan Further Study.

Namun, keuntungan memilih program Enrichment Track ini terletak pada berbagai informasi serta mata kuliah yang akan ditawarkan ketika kamu melanjutkan studi pascasarjana, baik di BINUS UNIVERSITY maupun universitas lain. Beberapa mata kuliah tersebut serupa dengan mata kuliah pengantar di jenjang S2 sehingga kamu punya gambaran seperti apa perkuliahan S2 kelak. 

Keinginan Mendalami Suatu Bidang 

Disadari atau tidak, dunia kerja tidak selalu memfasilitasi lulusan baru untuk bekerja sesuai bidang yang ditekuni sebelumnya. Bahkan, bisa saja apa yang kamu kerjakan di kantor nantinya berbeda 180 derajat dengan apa yang dipelajari di bangku kuliah. Meski begitu, sebagian besar fresh graduate bisa merasa nyaman dengan hal itu dan menganggapnya sebagai ajang belajar. 

Namun, jika situasi tersebut justru membuatmu merasa tidak nyaman dan khawatir,  meneruskan studi ke jenjang S2 dapat jadi alternatif tepat. Program Further Study akan memperluas wawasan sambil membangun kesiapan diri untuk melanjutkan studi ke tingkat lebih tinggi. Plus, kamu juga punya kesempatan untuk mendalami suatu bidang yang benar-benar kamu sukai alih-alih mengerjakan pekerjaan yang kurang kamu minati. 

Menambah Pengetahuanmu di Luar Bidang Akademis

Seiring meningkatnya mutu pendidikan tinggi, kesempatan mengenyam pendidikan sarjana pun semakin besar. Otomatis jumlah lulusan sarjana meningkat. Alhasil, gelar S1 saja sering dirasa belum cukup untuk membuatmu unggul dari sesama pencari kerja. Bahkan, beberapa jenis pekerjaan menuntut minimal gelar S2 atau S3 bagi para pelamarnya. 

Menyadari hal tersebut, program Further Study akan memberimu wawasan tentang perlunya studi lanjutan ke jenjang lebih tinggi terkait keilmuan yang kamu tekuni saat ini. Apalagi, jika kamu ingin menekuni dunia penelitian, baik sains maupun sosial. Beberapa bidang keilmuan mensyaratkan gelar master atau PhD agar dapat menggarap penelitian bidang tertentu. 

Kesempatan itu tentu menarik bagi kamu yang ingin mendedikasikan diri dalam dunia ilmu pengetahuan. Namun, untuk sampai ke titik tersebut, butuh jam terbang tinggi dalam berbagai hal. Mengikuti Further Study bisa memberimu pemahaman sekaligus mempertajam keterampilan yang dibutuhkan sebagai modal studi lanjut nantinya.

Mengasah Keterampilan Penting Sebagai Modal Studi S2 

Kuliah S2 itu jauh lebih susah daripada kuliah S1, walaupun masa studinya terbilang lebih singkat. Selain membutuhkan niat dan tekad kuat, kamu juga harus bersikap adaptif, aktif, dan responsif selama mengikuti perkuliahan. Plus, terbiasa untuk mandiri dalam berbagai hal, terutama mengerjakan tugas, project, serta praktik kerja nantinya.

Melalui mata kuliah dan tugas yang diberikan dalam program Further Study, kamu akan mendalami lagi ilmu yang ditekuni sekaligus mengasah berbagai keterampilan penting sebagai modal studi S2. Misalnya, kemampuan berpikir kritis dan problem solving, mempertajam analisis, hingga mempertajam keterampilan berkomunikasi. 

Sarana Proyeksi Karier Masa Depan

Program Further Study memberimu gambaran seperti apa sih proyeksi karier di masa depan. Mempelajari apa yang dilakukan mahasiswa pascasarjana di program ini membuka perspektif kamu tentang opsi lain setelah lulus kuliah. 

Jika belum mau bekerja, lanjut S2 dapat memberimu beberapa keuntungan dalam karier. Mulai dari potensi memperoleh pekerjaan dengan level lebih tinggi, peluang mendapatkan gaji kompetitif, serta membuat dirimu lebih stand out dan siap bersaing dengan para pelamar kerja lainnya.   

 

Saat ini BINUS UNIVERSITY telah membuka Enrichment Track Further Study untuk beberapa program studi, antara lain Computer Science, Management, Information System, Industrial Engineering, dan Accounting. Jangan ragu untuk bertanya pada dosen pembimbing akademik atau pihak lain yang terkait mengenai program ini ya. 

Ayo, manfaatkan sebaik-baiknya program Enrichment Track Further Study dalam penentuan masa depan kamu!