Kuliah di luar negeri atau Study Abroad menawarkan banyak kesempatan untuk mengembangkan diri baik dari segi hard skill maupun soft skill. Perbedaan gaya pendidikan hingga cara berkomunikasi dan budaya akan membuka wawasan lebih lebar. Pengalaman ini pun membuka pintu berkarier yang lebih luas. 

Pilihan negara dan universitas yang menerima mahasiswa internasional pun sangat terbuka luas. Berdasarkan data terbaru UNESCO, berikut adalah beberapa negara yang paling populer menjadi destinasi Study Abroad mahasiswa internasional dari berbagai belahan dunia.

Study Abroad
Sumber : Scholars Official

Amerika Serikat (US)

Sebanyak sekitar 740 ribu mahasiswa internasional memilih Amerika Serikat sebagai negara tujuan untuk menempuh perkuliahan. Hal ini tak mengherankan mengingat sangat banyak perguruan tinggi tingkat dunia yang berada di Amerika Serikat. Pilihan studi yang ditawarkan pun beragam, mulai dari ilmu sosial, sains, hingga seni dan multimedia sekalipun.

Harvard, Columbia, Stanford, dan Yale adalah empat kampus yang paling banyak diincar. Selama bertahun-tahun, keempatnya berhasil mengukuhkan reputasi sebagai perguruan tinggi terbaik dalam tingkat global. Walau begitu, berbagai perguruan tinggi lain yang tersebar di beragam negara bagian juga tak kalah saing, seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT), Georgia Institute of Technology, Carnegie Mellon University,  dan lain-lain.

Britania Raya (UK)

Britania Raya menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah mahasiswa internasional terbanyak. Total, jumlah mahasiswa dari berbagai negara yang menempuh pendidikan di Britania Raya adalah sebanyak 427 ribu orang. Kampus yang dipilih pun tersebar di berbagai negara dalam kawasan Britania Raya.

University of Oxford, University of  Cambridge, University of  Glasgow, Imperial College London, London School of Economics and Political, dan University of  Manchester adalah beberapa kampus yang paling banyak diminati. Masing-masing kampus pun menawarkan berbagai program yang unik untuk tiap program studi yang ditawarkan.

Perancis

Negara yang kerap menjadi destinasi wisata karena dinilai cantik dan romantis ini ternyata juga jadi pilihan populer untuk bersekolah. Negara ini memiliki sejarah yang panjang dan masih terjaga dengan baik melalui berbagai warisan budayanya. Tak dapat dimungkiri, hal ini menjadi daya tarik tersendiri mengapa mahasiswa ingin menghabiskan beberapa tahun untuk mencicipi kehidupan di Perancis.

Pilihan kampusnya pun sangat beragam. Selain University of Sorbonne yang masyhur, beberapa lainnya yang cukup diminati antara lain EDC Paris Business School, Toulouse Business School,  University of Burgundy, University of Technology of Troyes, Universite de Pau Et Des Pays De, dan masih banyak lagi.

Australia

Australia menempati posisi pertama di Indonesia sebagai negara dengan tujuan studi paling banyak. Adapun jumlah mahasiswa internasional dari seluruh negara yang berada di Australia adalah sekitar 240 ribu.

Melbourne University adalah kampus paling populer. Namun, Australia tidak cuma memiliki perguruan tinggi ini. Queensland University of Technology, Deakin University, Macquarie University,  dan masih banyak lainnya juga banyak dibidik sebagai tujuan studi. Tentunya, hal ini disesuaikan dengan program studi dan program pendukung yang ditawarkan oleh tiap kampus.

Setelah empat negara di atas, berturut-turut negara lain yang masuk ke dalam sepuluh negara favorit untuk studi berikutnya adalah Jerman, Rusia, Jepang, Kanada, Tiongkok, dan Italia. 

Nah, untuk kamu yang ingin pula menikmati bagaimana rasanya studi di luar negeri, BINUS UNIVERSITY menghadirkan program yang sayang untuk kamu lewatkan. Program enrichment dari BINUS UNIVERSITY memungkinkanmu untuk melanjutkan studi selama satu tahun terakhir di beberapa kampus yang telah bekerja sama. 

Tenang saja, ada ratusan kampus di puluhan negara di Asia, Afrika, Australia, Amerika, dan Eropa yang telah berafiliasi dengan BINUS UNIVERSITY. Dengan begitu, pilihanmu semakin terbuka lebar untuk menempuh Study Abroad sesuai keinginanmu. Tentunya, kamu pun bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengasah seluruh keterampilanmu sehingga menjadi lebih siap saat terjun ke dunia profesional nantinya.