Pertukaran pelajar alias exchange student merupakan salah satu program yang banyak diminati oleh mahasiswa. Kesempatan ini menawarkan banyak pengalaman dan pembelajaran yang dapat diperoleh. Selain itu, mereka yang mengikuti program pertukaran pelajar juga mendapat nilai plus tersendiri yang dapat menjadi bekal saat memasuki dunia kerja.

Pintu untuk mengikuti program exchange student juga makin banyak tersedia. Kalau kamu juga ingin mengikuti kegiatan yang umumnya berlangsung selama satu semester ini, berikut beberapa “pintu” yang bisa kamu coba.

Pertukarang Pelajar
Sumber : Rencanamu

Lembaga Khusus

Beberapa lembaga internasional membuka kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai negara untuk mengikuti pertukaran pelajar di berbagai perguruan tinggi negara mereka. Tentunya, syarat yang ditetapkan tiap lembaga untuk calon pendaftar berbeda-beda.

Secara umum, kamu perlu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai. Biasanya mereka tidak menetapkan level yang terlalu tinggi seperti saat kamu harus mendaftar beasiswa atau kuliah full. Namun, setidaknya, kemampuan bahasa Inggris yang diperlukan cukup “standar” untuk dapat membantumu berkomunikasi dengan baik selama exchange student berlangsung.

Adapun beberapa lembaga yang menyediakan program pertukaran pelajar (termasuk menerima dari Indonesia) antara lain sebagai berikut.

  • Youth for Understanding (YFU) Indonesia

YFU adalah organisasi nonprofit internasional yang bergerak di bidang pendidikan. Ada beberapa program pertukaran pelajar yang diselenggarakan di 64 negara melalui YFU dengan target kelompok usia 15-23 tahun.

  • Rotary International

Organisasi ini mengadakan program exchange student yang berfokus pada bidang kemanusiaan, perdamaian, dan lingkungan. Kamu yang berusia 16-19 tahun dapat mengikuti program ini.

AIESEC adalah organisasi yang berada di 124 negara dengan target kelompok 17 hingga 30 tahun. Di samping pertukaran pelajar global, AIESEC juga membuka kesempatan program Global Volunteer.

Selain tiga lembaga di atas, masih ada beberapa lembaga lainnya seperti AFS Bina Antar Budaya, Kemenpora RI, Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (MEP), Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP), dan lain-lain. Adapun durasinya bermacam-macam, mulai dari sekitar dua minggu hingga satu tahun.

Universitas Luar Negeri Tujuan

Jika kampusmu tidak memiliki kerja sama dengan universitas lainnya di luar negeri maupun lembaga sejenis untuk program pertukaran pelajar, kamu bisa mencoba secara mandiri. Carilah informasi mengenai program seperti summer course yang sangat banyak dibuka oleh berbagai perguruan tinggi di berbagai negara lain.

Sesuai namanya, program ini memang relatif singkat (hingga dua atau tiga bulan). Walau begitu, pengalaman yang akan kamu peroleh tak akan kalah berkesan dengan program exchange student yang lebih lama hingga satu atau dua semester.

Pilih Universitas dengan Program Exchange Student

Jika sedari awal kamu sudah memahami besarnya benefit program pertukaran pelajar dan ingin mengikutinya, maka memilih universitas yang pas sedari awal adalah langkah paling bijak. Informasi semacam ini setidaknya bisa kamu peroleh melalui situs web resmi perguruan tinggi yang dimaksud.

BINUS UNIVERSITY telah menghadirkan program enrichment selama beberapa tahun. Program ini ditujukan bagi individu yang ingin mengoptimalkan kesempatan mereka untuk belajar baik hard skill maupun soft skill.

Program enrichment adalah program yang memungkinkanmu untuk berkuliah seperti biasa selama dua tahun pertama. Pada tahun ketiga, kamu bebas memilih untuk menempuh studi di kampus BINUS UNIVERSITY lainnya. Terakhir, pada tahun keempat, kamu bisa memilih satu dari beberapa pilihan program enrichment berikut:

  • Penelitian
  • Pengabdian Sosial
  • Start Up Business
  • Kredensial Mikro
  • Magang Kerja di Perusahaan
  • Studi Lanjut
  • Studi ke Luar Negeri

Universitas yang telah bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY untuk program enrichment studi ke luar negeri pun sangat banyak. Kamu bisa memilih perguruan tinggi yang telah berafiliasi dan tersebar di 38 negara, baik di Asia, Australia, Afrika, Eropa, maupun Amerika.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kuliah di BINUS UNIVERSITY untuk kesempatan studi yang lebih luas dan komprehensif!