BINUS UNIVERSITY

    Tren Website Terbaru untuk Dukung Bisnis Online Kamu

    Pelaku usaha dapat memperkenalkan dan menjual produk dan jasa ke seluruh dunia tanpa batas jarak dan waktu melalui media baru (new media) yang dikenal sebagai internet. Dari segi efektivitas, new media melampaui media konvensional karena didukung oleh teknologi. New media bersifat langsung, interaktif, dan informatif. 

    Ada berbagai sarana yang bisa digunakan di internet, salah satunya website. Memiliki website sendiri tentu merupakan mimpi dari semua pelaku usaha. Keberadaan website secara tidak langsung menandai eksistensi produk di dunia maya. Berbekal website, calon pelanggan dari berbagai penjuru bisa melihat, mengenal, dan bahkan membeli produk dengan mudah.

    Desain New Media
    Sumber : Dotnext Digital

    Karakteristik New Media

    Website sebagai salah satu wadah dalam konteks new media memiliki sejumlah karakteristik atau ciri khusus. Pertama, new media erat kaitannya dengan digitalisasi. Wadah yang digunakan untuk berkomunikasi maupun membagikan informasi lebih mengutamakan bentuk digital.

    Kedua, new media mengusung konvergensi atau perpaduan komunikasi, yaitu antara media cetak, televisi, radio, hingga internet dalam suatu platform yang interaktif. Adanya konvergensi ini ingin memberikan pengalaman yang lebih dinamis kepada pengguna media atau audiens.

    Selanjutnya, new media juga bersifat interaktif sehingga memungkinkan pengguna melakukan komunikasi melalui platform tertentu. Adanya pertukaran informasi membuat pengguna lebih yakin dengan data yang didapatkannya. Jika ini berkaitan dengan penjualan produk, calon pembeli akan lebih mudah tertarik karena adanya testimoni dari pembeli lain.

    Menariknya, new media juga bersifat personal atau bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan dan keinginan pengelolanya. New media pun bersifat lebih bebas sehingga informasi yang dihadirkan lebih jujur dan sesuai kenyataan.

    Website Untuk Bisnis Online

    Sebagai bagian dari new media, website memiliki potensi yang sangat besar dalam mendukung perkembangan bisnis secara online. Situs web memungkinkan pelaku usaha menjangkau berbagai kalangan atau spesifik pada sasaran yang dituju. Namun, untuk mewujudkan ini tentu dibutuhkan persiapan dan pengelolaan yang tepat. 

    Salah satu hal yang mempengaruhi efektivitas website dalam mendukung bisnis online adalah desain web tersebut. Pengguna internet cenderung lebih memilih desain yang simpel, mudah dipahami, dan memuat informasi yang dibutuhkan. Nah, sebagai rekomendasi, pelaku usaha bisa menerapkan ide tren desain web terbaru seperti berikut.

    Desain web sebisa mungkin memiliki border yang jelas demi memudahkan navigasi dari para pengunjung website. Adanya border akan menghemat waktu pengunjung karena mereka langsung mendapatkan informasi yang dicari.

    Pengunjung juga akan semakin tertarik pada website yang didukung dengan animasi yang unik. Pengalaman scrolling yang memukau akan membuat pengunjung lebih lama dan memancing engagement positif. 

    Ke depan, fitur untuk mendukung aksesibilitas pengguna internet akan lebih nyata lagi. Salah satu contohnya, ketersediaan fitur dark mode, memperbesar ukuran font, dan menyesuaikan kontras. Website yang memiliki fitur ini akan membuat pengguna merasa lebih nyaman.

    Selain hal tersebut, tren lain yang diprediksi akan semakin ramai digunakan adalah penggunaan desain 3D, desain yang memungkinkan split screen, dan sebagainya. Dengan mengadopsi desain seperti ini, website akan lebih banyak dikunjungi dan secara tidak langsung berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis online. 

    Belajar Desain New Media di BINUS UNIVERSITY

    Untuk mendesain website yang sesuai dengan kebutuhan pemilik usaha maupun tren terkini, dibutuhkan sumber daya yang mumpuni. Di sini, peran lulusan Visual Communication Design – New Media menjadi sangat penting. Mahasiswa yang berkuliah di program studi ini telah dibekali ilmu desain yang memadai, termasuk membuat website.

    Nah, bagi kamu yang tertarik mendalami New Media dan pengaplikasiannya, terutama dalam mendukung bisnis online, pilihlah jurusan Visual Communication Design – New Media di BINUS UNIVERSITY. Setelah menjadi alumni, kamu akan menguasai konsep maupun teknik yang tepat untuk merancang dan membangun website yang dibutuhkan.