BINUS UNIVERSITY

    Tren Mobile App Development Tahun 2022, Wajib Tahu!

    Pasar mobile app global sedang tumbuh sangat pesat dan akan terus menggurita selama beberapa tahun yang akan datang. Berdasarkan data dari Statista, pendapatan global dari aplikasi seluler diperkirakan akan mencapai $613 miliar pada tahun 2025. Nilai ini meningkat pesat dari tahun 2020 yang ‘hanya’ $318 miliar.

    Dengan pertumbuhan yang pesat ini, peluang bagi para pengembang mobile app akan semakin besar. Ini juga menjadi tantangan bagi mereka untuk bisa meningkatkan kualitas aplikasi yang dibuat agar menjadi yang terbaik di kelasnya. Lalu, tren apa saja yang kira-kira tumbuh semakin besar di tahun 2022 ini? Simak beberapa di antaranya berikut ini!

    Mobile App Development
    Sumber : Apotac

    5G

    Meskipun belum begitu mainstream di beberapa negara, adopsi 5G terus mengalami peningkatan dan menjadi standar baru untuk teknologi mobile. Menurut Statista, pasar teknologi 5G global diperkirakan akan mencapai $620,72 miliar pada tahun 2030. 

    Dengan berbagai keunggulan yang ramah pengguna seperti kecepatan kinerja yang meningkat, transfer data yang lebih cepat serta latensi yang rendah, saatnya pengembang mobile app menciptakan aplikasi seluler yang mampu mendukung jaringan 5G.

    IoT dan Cloud

    Teknologi Internet of Things (IoT) dan smart objects yang terhubung ke perangkat seluler sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Tapi pasarnya akan terus berkembang dan nilai IoT diproyeksi akan tumbuh mencapai $1,1 triliun pada tahun 2023.

    Penggerak utama di balik adopsi teknologi cloud dan IoT adalah keamanan yang semakin banyak mengkhawatirkan pelaku bisnis. Dengan lebih dari $120 miliar dana yang dihabiskan untuk keamanan IT pada tahun 2019 di seluruh dunia, wajar jika banyak perusahaan yang berusaha mencari solusi lain untuk memangkas biaya. IoT dan cloud menawarkan berbagai manfaat lain termasuk pengurangan biaya operasional, peningkatan efisiensi serta peningkatan koneksi ke platform lain lewat API.

    AI dan Machine Learning

    Sebagai upaya untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih dipersonalisasi lewat mobile app, AI yang menggunakan analitik prediktif dan algoritma dengan machine learning akan menjadi teknologi utama yang digabungkan.

    AI atau artificial intelligence sangat penting untuk navigasi, pengenalan suara dan pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing/NLP). Algoritma perilaku juga dapat meningkatkan keamanan dengan menganalisis perilaku pengguna untuk mendeteksi kemungkinan penipuan, aktivitas mencurigakan dan potensi pelanggaran informasi.

    Mobile Commerce

    Karena semakin banyak pembeli yang memilih berbelanja secara online, semakin banyak peritel yang membuat aplikasi untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih mudah bagi pelanggannya. Tidak seperti e-commerce, mobile commerce atau m-commerce melibatkan pembelian online lewat aplikasi seluler, bukan halaman web seluler. 

    Pasar perdagangan seluler diperkirakan akan bernilai $22 miliar pada tahun 2022 kemungkinan karena banyak perusahaan B2B dan B2C yang mengalami peningkatan engagement, tingkat konversi dan pertumbuhan pendapatan setelah mereka membuat aplikasi mobile untuk bisnis mereka sendiri.

    Beacon Technology

    Beacon diperkenalkan pertama kali pada tahun 2023, tapi belakangan menjadi semakin populer terutama di kalangan pelaku bisnis ritel. Bagi konsumen, manfaat beacon antara lain adalah penawaran dan notifikasi khusus lokasi secara real-time dan kenyamanan pembayaran seluler (yang merupakan elemen penting dalam m-commerce). Untuk pelaku bisnis, beacon memungkinkan mereka memahami preferensi dan pola belanja pelanggan mereka dan mengubah data ini menjadi pengalaman belanja yang yang personal.

    Selain beberapa tren di atas, AR/VR serta wearables device juga menjadi tren yang semakin populer di tahun 2022 ini. Mau tahu lebih jauh soal tren termasuk bagaimana cara mengaplikasikan tren tersebut dalam bentuk nyata? Jurusan Mobile Application and Technology BINUS UNIVERSITY adalah tempat yang tepat bagi kamu untuk belajar.

    Berada di bawah naungan School of Computer Science, prodi Mobile Application and Technology siap membimbingmu menjadi seorang pakar yang berspesialisasi dalam mengembangkan solusi perangkat lunak seluler yang kreatif untuk bisnis dengan kualifikasi internasional. Ayo, daftarkan dirimu segera!