BINUS UNIVERSITY

    Tren Interior Design 2022, Kembali ke Era 70-an Dengan Sentuhan Modern

    Setiap tahun tren selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Di tahun 2022, tren interior design kembali ke era 70-an dengan sentuhan modern. Pada dasarnya, tema keseluruhan dalam tren interior design 2022 adalah alam. Selain tampak dari pilihan warna, cara mendekorasi rumah dengan tanaman juga menjadi bukti bahwa bahan dari alam mampu menciptakan kesan estetis sekaligus asri.

    Interior Design Biofilik, Menghubungkan Manusia Dengan Alam

    Interior Design
    Sumber : Artha Gilberte

    Keinginan manusia terhubung dengan alam atau biophilia mendorong konsep desain interior yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia baik fisik maupun mental. Penerapan interior design biofilik dipercaya mampu memberikan kenyamanan. Selain itu, desain biofilik juga dapat meminimalisasi kemunculan penyakit akibat stres, sirkulasi udara yang kurang baik, dan pencahayaan minim.

    Untuk menciptakan rumah bernuansa alam, kamu dapat memulainya dengan menambahkan tanaman dan gambar lukisan alam di sejumlah sudut rumah. Tak hanya mempercantik tampilan ruang, tanaman dan gambar lukisan juga membuat rumah tampak makin indah dan asri. Kamu bisa menyesuaikan ukuran tanaman dengan lokasi penempatan. Pada ruang 4×5 meter, jumlah tanaman yang bisa ditempatkan sekitar lima buah. Menariknya, keberadaan tanaman ini mampu meningkatkan kesehatan mental dan mengembalikan kemurnian udara hingga 75%. 

    Dekorasi Organik dan Bentuk Jendela Besar 

    Kecintaan pada alam tidak hanya sebatas tanaman dan warna, tetapi juga dekorasi dan perabotan. Untuk menciptakan kesan hunian dengan tampilan lebih lembut dan alami, kamu bisa menambahkan dekorasi dan sofa melengkung bertepi bulat. Kamu juga bisa memanfaatkan dekorasi organik dari bahan daur ulang untuk memberikan sentuhan baru pada hunian. Contohnya, tirai dari kain bekas, pot dari ban bekas, atau permadani dari kain perca.

    Penggunaan jendela besar di ruang tamu atau dapur sudah umum dilakukan. Namun, masih jarang digunakan di ruang santai maupun kamar mandi. Jendela kaca mampu menjaga nuansa ruang tetap dalam keadaan terang dan memperluas jangkauan pandang. Pada rumah berukuran kecil dan sempit, jendela kaca efektif menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan efisien.

    Material dan Unsur Alam Untuk Memperindah Tampilan Rumah

    Alam dapat kamu rasakan melalui indera perasa, peraba, pendengar, dan pencium. Material rumput imitasi atau tanaman bunga segar bisa menghasilkan suasana alam yang kental. Unsur air, seperti dekorasi air mancur atau air terjun mini menghasilkan kesan alami dan menciptakan suasana yang menenangkan. Taman dengan material kayu lapuk juga dapat memperkuat keterikatan hunian dengan alam. 

    Kombinasi Warna dan Pola

    Kalau kamu menyukai keceriaan, hadirkan hal tersebut dengan memadukan warna hijau zamrud dengan merah lembut atau pink pucat. Kombinasi warna hijau dan kuning juga dapat menciptakan kesan ruang yang segar dan bersemangat. Agar tidak mencolok, disarankan menggunakan salah satu warna sebagai aksen saja. Misalnya, bed cover hijau dengan bantal kuning,  atau karpet hijau dengan sofa pink pucat. Bisa juga memadukan hijau pastel dengan warna biru pastel sehingga menciptakan kesan yang lembut. Selain warna, pola simetri dan geometri juga dapat menciptakan kesan ruang lebih luas dan nyaman. 

    Demikianlah informasi mengenai tren interior design tahun 2022 yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu tertarik untuk memperdalam ilmu mengenai interior design, jangan ragu berkuliah di BINUS UNIVERSITY. Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia BINUS UNIVERSITY menyediakan jurusan interior design dengan kurikulum yang dirancang untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan siap bersaing di era global. Didukung tenaga pengajar kompeten dan ahli di bidangnya, kamu akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang dapat dimanfaatkan untuk membantu meraih impian. 

    Mengingat kenyamanan merupakan salah satu faktor penting untuk menghasilkan lulusan berkualitas, kampus BINUS UNIVERSITY dilengkapi fasilitas mumpuni yang mendukung kegiatan belajar. Tunggu apa lagi? Yuk, rancang masa depan cemerlang bersama BINUS UNIVERSITY!