BINUS UNIVERSITY

    Prospek Visual Communication Design dan Tren Desain Grafis 2022

    Kreativitas sangat dibutuhkan untuk memenangkan persaingan di era global. Baik perusahaan swasta maupun pemerintahan membutuhkan sesuatu dengan sentuhan kreatif untuk memudahkan penyampaian pesan atau menarik perhatian publik. Inilah salah satu alasan mengapa lulusan Visual Communication Design BINUS UNIVERSITY banyak dicari. Lulusan di bidang ini dianggap mampu memberikan kontribusi untuk merealisasikan ide kreatif menjadi hal unik dan menarik.

    Jangan Ragu Kuliah Visual Communication Design di BINUS UNIVERSITY

    Visual Communication Design
    Sumber : Pinterest

    Tak heran apabila prospek lulusan Visual Communication Design diproyeksikan makin cerah di masa mendatang. Adanya peralihan tren digitalisasi memperluas pangsa pasar Visual Communication Design untuk terus mengolah ide kreatif menjadi suatu karya. Sentuhan visual warna, bentuk, bidang, garis, ilustrasi, tipografi, bagan, infografis, layout, dan fotografi menjadi sarana komunikasi efektif yang dapat menarik minat konsumen. 

    Melalui komunikasi visual, pesan dari sebuah produk atau merek lebih mudah tersampaikan. Hal ini bukan hanya menghemat tenaga dan waktu, melainkan juga mempercepat proses kesadaran merek pada konsumen. Alhasil, masyarakat lebih mudah menangkap dan mengingat inti dari pesan tersebut. 

    Visual Communication Design disebut berpotensi besar dalam mendorong dan memajukan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Pasalnya, Visual Communication Design berperan besar mempromosikan program yang dirancang oleh pemerintah. Bahkan, secara tidak langsung Visual Communication Design turut mengembangkan sektor ekonomi kreatif lainnya, seperti desain produk, TV dan radio, kuliner, arsitektur, fesyen, kriya, penerbitan, musik, dan periklanan. 

    Tren Grafis 2022, Anak Visual Communication Design Wajib Tahu!

    Visual Communication Design
    Sumber : Kinaja

    Serupa dengan bidang lainnya, Visual Communication Design juga mengalami perkembangan setiap tahun. Sebagai BINUSIAN jurusan Visual Communication Design, kamu harus mengetahui tren terbaru agar karyamu makin menarik dan kekinian. Memahami tren juga akan mempermudah kamu mengembangkan kemampuan agar bisa bersaing dengan kandidat lainnya di era global. 

    Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2022 tren grafis kembali ke era 90-an. Ciri paling utama dari tren ini adalah pemilihan warna yang mencolok, seperti kuning, hijau, merah muda cerah, dan ungu. Warna lain yang juga dipakai dalam tren grafis 2022 adalah muted, yakni warna dengan kontras dan saturasi rendah. Warna muted menghadirkan nuansa keputihan, keabu-abuan, atau kehitaman. Warna ini cocok untuk merek yang ingin terlihat lebih profesional.

    Bentuk dan pola yang mencirikan era 90-an, yakni abstrak geometris dan polkadot kembali digunakan. Tipografi tren 2022 menggunakan huruf yang terkesan santai, menyenangkan, dan jauh dari kata serius sehingga tampak fleksibel, tidak kaku. Contohnya, Comic Sans MS yang populer sejak tahun 1994 silam. Jika dulu kata-kata hanya disajikan lewat huruf, tren grafis 2022 juga menonjolkan teknik lettering ekspresif serta eksperimental. Artinya, kamu bebas berkreasi tanpa terpaku desain huruf tertentu. 

    Tren grafis 2022 lebih banyak mengeksplorasi gaya visual escapism yang terinspirasi dunia nyata, terutama alam. Kamu juga bebas membuat karya tanpa batasan prinsip desain tradisional. Misalnya, berkreasi dengan warna saling bertabrakan, elemen ramai, atau unsur tidak simetris lainnya. Gaya yang disebut antidesign ini akan membuat kreativitas kamu lebih terasah. Namun, apabila kamu tertarik mendalami hal yang berkaitan dengan desain, jangan ragu memilih jurusan Visual Communication Design BINUS UNIVERSITY.

    Di BINUS UNIVERSITY, kamu bisa menimba ilmu sekaligus mengasah bakat dan memperluas lingkup pertemanan. Didukung tenaga pengajar kompeten, kamu bisa meraih karier gemilang setelah menyelesaikan pendidikan di BINUS @Semarang jurusan Visual Communication Design. Tak hanya itu saja, sebagai Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia BINUS UNIVERSITY juga memberikan fasilitas terbaik bagi BINUSIAN. Tujuannya agar kamu merasakan kenyamanan selama proses belajar. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, jadi bagian dari keluarga besar BINUS UNIVERSITY dan raih peluang terbaik di masa depan!