BINUS UNIVERSITY

    Promosi Bisnis di TikTok, Seberapa Efektif dan Maksimal?

    TikTok merupakan sebuah platform yang sangat populer akhir-akhir ini. Platform ini sempat dicap negatif khususnya di Indonesia karena para penggunanya dinilai bersikap alay dan terkesan ingin mengundang perhatian berlebihan. Seiring waktu, TikTok justru semakin banyak digunakan. Konten dengan konsep yang fun menjadi nilai tambah tersendiri dari platform ini.

    Salah satu hal yang unik di TikTok adalah konten-konten viral yang bertebaran. Penggunanya berasal dari segala kalangan sehingga konten yang dibuat juga sangat variatif. Mulai dari video yang menghibur, menginspirasi, mengharukan, hingga membuat penasaran, bisa ditemukan di sini. 

    TikTok untuk Promosi Bisnis

    Promosi Bisnis
    Sumber : Amartha

    Selain untuk hiburan, TikTok kerap dimanfaatkan sebagai wadah untuk promosi bisnis. Sejumlah brand berlomba-lomba untuk menciptakan konten unik sehingga bisa menarik perhatian sekaligus meningkatkan penjualan. Jika konten tersebut berhasil masuk ke FYP (For You Page), dampaknya akan makin besar. 

    Ada beragam ide konten promosi produk yang bisa diwujudkan di TikTok. Beberapa di antaranya adalah menyiarkan launching produk tertentu, membuat katalog yang lengkap dan indah, menyiarkan behind the scene pembuatan produk, tutorial menggunakan produk, membuat konten edukasi terkait produk, dan sebagainya.

    Tujuan konten promosi produk, baik di TikTok maupun di media lain, adalah untuk menyampaikan pesan positif terkait produk yang diusung. Dengan demikian, calon konsumen aware terhadap keunggulan produk sehingga mau melakukan pembelian.

    Akan tetapi, untuk membuat konten TikTok yang disukai butuh proses kreatif. Apabila konten sejenis sudah ada, audiens kemungkinan besar akan bosan. Karena itu, kreativitas dalam membuat konten sangat penting supaya hasilnya tidak terkesan hard selling. Iklan yang bersifat soft selling biasanya lebih disukai. 

    Membuat Iklan Viral di TikTok

    Promosi Bisnis
    Sumber : Markey

    Membuat konten viral merupakan strategi periklanan, khususnya pada era digital ini. Konten viral dinilai memberi dampak yang lebih signifikan terhadap skala popularitas produk dan kemudian berpengaruh terhadap tingkat penjualan. 

    Karena itu, pembuat iklan harus bisa menciptakan iklan produk yang kreatif dan menggugah sasaran konsumen tanpa melupakan pesan utamanya. Semakin kreatif cara yang digunakan, semakin banyak yang akan tertarik.

    Iklan yang viral bukan hanya akan selalu diingat, tetapi juga berpotensi dibagikan oleh penonton. Mudahnya berbagi informasi dengan sekali klik pada era digital merupakan peluang yang amat besar dalam mengembangkan pemasaran produk.

    Pertanyaannya, bagaimana cara membuat konten iklan menjadi viral? Hal pertama yang harus dilakukan adalah meriset data yang dibutuhkan. Mulai dari tren konten yang sedang disukai di TikTok hingga data konsumen potensial atas produk tersebut. 

    Setelah memiliki informasi yang memadai, langkah selanjutnya adalah membuat konsep yang menarik dan kreatif. Iklan yang dapat menggugah emosi penonton, dengan memancing tawa, haru, atau kekaguman, adalah iklan yang paling disukai. Konten yang menjawab masalah penonton juga cukup populer di kalangan pengguna internet.

    Belajar Creative Advertising di BINUS UNIVERSITY

    Promosi Bisnis
    Sumber : Binus

    Nah, konten video akan makin bagus jika didukung dengan penggunaan tools maupun keahlian videografi. Kamu bisa mempelajari keahlian ini secara otodidak atau belajar lewat kursus online

    Jika kamu ingin mendalami periklanan kreatif di sekolah formal, pilihannya adalah berkuliah di program studi Visual Communication Design – Creative Advertising BINUS UNIVERSITY. Lulusan program studi ini diharapkan dapat membuat desain komunikasi visual yang penuh nilai dan estetik.

    Mahasiswa juga akan diarahkan untuk melakukan riset dan eksplorasi ide sehingga bisa sesuai dengan target. Bahkan, jika ingin membangun bisnis sendiri di bidang creative advertising, lulusannya memiliki bekal yang cukup. 

    Jadi, belajar di program studi Visual Communication Design – Creative Advertising merupakan langkah pertama sebelum berkecimpung di dunia periklanan yang dinamis. Karena itu, bagi kamu yang tertarik, mulailah mencari tahu tentang program studi ini dan persiapkan diri untuk belajar. Semoga bermanfaat!