BINUS UNIVERSITY

    Pentingnya Belajar Data Science dan Peluang Karier Cemerlang di Era Kini

    Data science merupakan bagian yang tak terpisahkan dari semua teknologi yang kita pakai. Jika kamu menggunakan media sosial, algoritma-lah yang memutuskan postingan dan komentar mana yang akan berakhir di feed-mu. Kalau kamu tersesat dan mengandalkan Google Maps, GPS-lah yang sibuk memetakan lingkungan di sekelilingmu dan menentukan di mana lokasimu. Ini semua adalah bagian dari data science.

    Data science merupakan bidang teknologi yang sangat luas dan mencakup berbagai disiplin ilmu dan industri. Tak heran jika ilmu ini dengan cepat menjadi salah satu bidang yang paling diminati di pasaran. Perusahaan multinasional hingga bisnis kecil membutuhkan seorang data science untuk menjalankan berbagai fungsi di dalamnya.

    Kalau kamu sedang bingung memutuskan jurusan apa yang ingin diambil saat kuliah tetapi kamu punya ketertarikan pada matematika, sains dan teknologi, jurusan Data Science di BINUS UNIVERSITY mungkin cocok untukmu!

    Mengapa Data Science Itu Penting?

    Data Science
    Sumber : Binus

    Saat ini, hampir semua orang berinteraksi dengan teknologi sampai taraf tertentu. Seorang data scientist sangat dibutuhkan karena bisa membantu bisnis menjalankan proses teknologi mereka dengan lebih baik. Beberapa contoh pentingnya data science antara lain:

    • Di internet, data science menyaring informasi yang kamu dapatkan berdasarkan pencarianmu yang sebelumnya. Data science juga memungkinkan iklan yang tampil di layarmu sesuai dengan minatmu
    • Bagi para gamer, adanya data science memungkinkan mereka mendapatkan pengalaman bermain yang lebih dipersonalisasi. Data science juga memungkinkan kamu memainkan game menangkap Pokemon dengan cara yang lebih realistis di dunia nyata
    • Industri penerbangan menggunakan data science untuk memprediksi penundaan penerbangan, mengarahkan pesawat hingga mendorong program loyalitas pelanggan.

    Data science sangat sangat penting dalam semua situasi yang melibatkan penggunaan teknologi dan data. Adanya seorang data scientist yang andal sangat krusial demi memaksimalkan waktu, sumber dana dan tenaga kerja yang ada agar semua berlangsung dengan efisien.

    Apa yang Dilakukan oleh Seorang Data Scientist?

    Data Science
    Sumber : Binus

    Dengan menempuh pendidikan di Jurusan Data Science, kamu akan dibekali berbagai pengetahuan untuk menjadi seorang data scientist. Seorang data scientist bisa ditemukan di berbagai jenis industri dan berkolaborasi dengan profesional lain untuk membangun algoritma yang mengatur dan mengekstrak sejumlah besar informasi. Informasi ini nantinya akan digunakan untuk membantu perusahaan menganalisis pergerakan di masa lalu, mengembangkan strategi serta merencanakan masa depan.

    Selain itu, data scientist juga berkolaborasi dengan stakeholders di dalam organisasi atau bisnis untuk memberikan saran terkait tindakan apa yang bisa mereka lakukan berdasarkan data yang ada. Mereka juga bertanggung jawab untuk menerjemahkan berbagai istilah teknologi yang kompleks dari machine learning, big data dan pemodelan matematika ke dalam istilah awam yang bisa lebih dipahami oleh profesional non-teknologi.

    Karier dan Penghasilan di Bidang Data Science

    Pekerjaan menjadi seorang data scientist memang sangat kompleks dan menantang. Untungnya, penghasilan yang ditawarkan juga cukup tinggi. Menurut Glassdoor.com, data scientist adalah pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia dengan upah pokok sebesar $113.736 per tahun. 

    Di Indonesia, profesi data scientist juga banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Adapun gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp10.000.000 – Rp20.000.000. Penghasilan ini tentu akan terus bertambah seiring dengan perjalanan kariermu kelak. 

    Bagi kamu yang tertarik meniti karier di bidang data science, Prodi Data Science di bawah School of Computer Science, BINUS UNIVERSITY siap menjadi tempatmu belajar. Menyediakan program kelas dunia di bidang data science, BINUS UNIVERSITY siap berkontribusi pada komunitas global untuk melahirkan data scientist dengan pengetahuan yang mumpuni di bidangnya.