Film animasi yang bagus selalu meninggalkan kesan tak terlupakan, beberapa di antaranya seperti Frozen, Toy Story, Cars, Ratatouille, Shrek, The Incredibles, dan masih banyak lagi. Film ini hidup sepanjang masa, bahkan menjadi kenangan masa kecil yang indah bagi seseorang. 

Bukan hanya menghibur, ada banyak nilai penting yang diangkat dalam film animasi. Tujuannya untuk mendidik dengan cara yang mudah diterima dan dipahami. Bukan hanya anak, orang tua juga perlu menonton film animasi untuk mengenal karakter anak di dunia nyata.

Profesi Animator
Sumber : Tempo

Film Animasi Paling Terkenal

Berbicara mengenai film animasi, ada sejumlah nama yang sangat berperan dan dikenal memproduksi tayangan animasi terbaik, yaitu Pixar Animation Studio, Walt Disney Animation Studio, Dreamworks Animation, dan Warner Bros. Dari studio produksi itu telah dihasilkan berbagai film animasi populer yang digemari anak-anak di seluruh dunia.

Salah satu film yang meninggalkan kesan terbaik, bahkan hingga saat ini adalah Toy Story dari Pixar Animation Studio. Karya tersebut pertama kali diproduksi pada 1995 bekerja sama dengan Walt Disney Pictures. Film tersebut bercerita tentang mainan yang menjadi hidup dan berpetualang ketika pemiliknya tidak ada. 

Animasi Pixar setidaknya telah memenangkan 19 Academy Awards serta meraup keuntungan hingga 3 miliar dolar AS melalui animasinya di box office. Pada 2006, Pixar bergabung dengan Disney. 

Walt Disney Animation Studio adalah rumah produksi animasi yang penuh sejarah. Dimulai pada 1923, tokoh pertama yang menandai kehadiran Disney di dunia entertainment adalah Mickey Mouse. Setelah itu, anak-anak masa kini terbius dengan karakter Anna dan Elsa dari Frozen.

Film animasi bersejarah lainnya yang memberi inspirasi kepada banyak orang adalah Shrek. Dibuat berdasarkan cerita dongeng, Shrek dengan tampilan yang tidak menarik itu justru menjadi tokoh favorit. Untuk memuaskan para penonton, Shrek hadir dalam tiga sekuel berikutnya.

Film Animasi Terbaru

Film animasi masih memiliki tempat istimewa di hati para penggemar film. Banyak orang yang menunggu karya film terbaru dengan gebrakan yang lebih dahsyat. Nah, untuk 2022 ini, ada sejumlah film yang direncanakan akan dirilis.

Salah satunya, Turning Red yang dijadwalkan tayang pada 11 Maret 2022. Film ini bercerita tentang seorang gadis yang berjuang mematuhi orang tua selama masa remajanya. Ini merupakan film animasi dari sutradara pemenang Oscar. 

Pada pertengahan tahun, ada film animasi Lightyear yang terinspirasi dari Buzz Lightyear, salah satu tokoh Toy Story. Kabarnya, film ini akan menggali latar belakang seorang astronaut.

Selain itu, ada sejumlah film lain yang telah direncanakan akan tayang pada 2022, antara lain Artemis, Bob’s Burger: The Movie, Diary of a Wimpy Kid, dan sejumlah proyek lain yang masih dirahasiakan. Para pecinta film, khususnya animasi, tentu tidak akan melewatkan kehadiran karya-karya tersebut.

Belajar Animasi di BINUS UNIVERSITY

Jelas sekali bahwa film animasi merupakan sarana hiburan sekaligus edukasi yang bisa diterima oleh masyarakat. Karena itu, saat ini dibutuhkan sumber daya manusia yang dapat membuat film animasi dengan kualitas tinggi. 

BINUS UNIVERSITY hadir melalui program studi Visual Communication Design – Animation untuk menjadi solusi. Melalui program studi tersebut, perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia ini berusaha mempersiapkan generasi baru sebagai animator kreatif dengan ide-ide spektakuler.

Bukan hanya terbuka pada prospek karier sebagai animator film, lulusan Visual Communication Design – Animation diharapkan juga bisa terjun ke bidang, game, seni, desain interior, bisnis, dan sebagainya. Kehadiran para animator baru ini pun akan mewarnai dunia animasi di Indonesia, bahkan dunia. 

Nah, inilah hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang animator. Karena itu, jangan tunda lagi, segera persiapkan diri untuk berkuliah di BINUS UNIVERSITY dan mulai perjalanan sebagai animator sungguhan.