Biofilik merupakan konsep interior design yang berkaitan erat antara manusia, alam, dan arsitektur. Desain biofilik akan menciptakan sebuah hunian yang dikelilingi atau menyatu dengan alam untuk memberikan penghuninya kenyamanan dan ketenangan. Hal ini sesuai tujuannya, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia dari segi fisik maupun mental. Melalui desain biofilik, manusia dapat mengembalikan gaya hidup seimbang dan diberi kebebasan untuk terhubung dengan alam secara alamiah. 

Interior Design
Sumber : Jendela 360

Prinsip Interior Design Biofilik

Biofilik bukan insting tunggal, melainkan kompleks aturan pembelajaran yang bisa dipisah dan dianalisis. Perasaan yang terbentuk oleh aturan terbagi dalam sejumlah spektrum emosional, seperti dari benci menjadi cinta, ketidakpedulian menjadi kekaguman, atau kecemasan menjadi kedamaian. Dari hal tersebut teridentifikasi enam prinsip interior design biofilik yang berguna untuk membantu menciptakan ruang lebih dekat dengan alam.

Lingkungan

Prinsip lingkungan merupakan interaksi multisensor dengan ruang yang ada di sekitar. Pengenalan ruang hijau dapat menambah warna, tekstur, dan ketenangan visual. Contohnya, kehadiran elemen air mancur atau kolam dapat meningkatkan pengalaman kamu dalam melihat, mendengar, atau menyentuh. Prinsip lingkungan sangat mendukung keberlanjutan dengan alam. 

Pola dan Proses Alami

Prinsip ini fokus pada pengalaman indrawi dengan transisi serta kontras yang saling melengkapi. Setiap ruang baru dianggap berhasil dan berkelanjutan apabila mampu memberikan pengalaman sensorik yang dapat memperbaiki suasana hati seseorang, meningkatkan kesehatan, atau menurunkan tingkat stres. Penggunaan warna, bahan, dan tekstur berbeda dapat memengaruhi pikiran dan membangkitkan perasaan yang berbeda pula. Contohnya, warna hijau dapat memunculkan perasaan tenang, warna merah membuat kamu lebih bersemangat, dan warna kuning dapat meredakan stres. Secara tidak disadari, kontras tersebut efektif meningkatkan produktivitas.

Cahaya dan Ruang

Penerapan prinsip cahaya dan ruang dilakukan untuk membangkitkan reaksi alamiah. Intensitas cahaya pada suatu ruangan bisa menciptakan suasana yang dingin atau hangat. Cahaya bulan, bintang, atau bioluminesensi merupakan cahaya alam, sedangkan pencahayaan aksen atau warna sirkadian merupakan cahaya buatan manusia. Keduanya dapat digunakan untuk menciptakan kesan ruangan yang diinginkan.  

Hubungan Berbasis Tempat

Prinsip interior design ini mempertimbangkan hubungan antara budaya, ekologi, spiritual, atau sejarah sebagai komponen penting dalam fase kehidupan seseorang. Melalui prinsip ini, kamu bisa merancang sebuah ruang yang akan membangkitkan energi positif dalam jiwa. 

Hubungan Manusia Dengan Alam

Prinsip dasar yang disebut sebagai environmentalisme ini didefinisikan sebagai suatu ideologi yang berfokus pada masalah lingkungan. Dalam desain interior biofilik, hubungan antara manusia dengan alam telah dieksplorasi melalui sejumlah cara. Salah satunya melakukan restorasi habitat dan memanfaatkan sumber daya alam dengan tepat untuk mencegah kerusakan lingkungan. Artinya, baik arsitektur maupun desain interior haruslah mempertimbangkan lingkungan serta menempatkan hubungan manusia dengan alam sebagai fokus utama.

Bentuk

Bentuk dan pola biomorfik merupakan bentuk simbolis dari alam yang sangat tepat diterapkan pada interior design biofilik. Bentuk, pola, tekstur, dan elemen alami dapat menciptakan kesan ruang yang unik serta mengajak kamu untuk lebih menyatu dengan alam.

Demikianlah informasi singkat mengenai prinsip interior design biofilik yang perlu kamu ketahui. Mempelajari desain interior memang sangat seru dan menyenangkan. Terlebih kalau kamu mempelajarinya di kampus terbaik yang didukung oleh tenaga pengajar berpengalaman dan ahli di bidangnya. Sebagai Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia, BINUS UNIVERSITY memiliki tujuan untuk memajukan pendidikan. 

Tak hanya menyediakan fasilitas lengkap, BINUS UNIVERSITY juga memberikan BINUSIAN kesempatan untuk menggali dan mengembangkan potensinya. Kurikulum yang dirancang khusus oleh BINUS UNIVERSITY memberi kamu bekal untuk bersaing di era global. Kini, tak perlu ragu untuk memperdalam ilmu mengenai interior design karena kamu bisa berkuliah di BINUS@Bandung. Ayo, rancang masa depan terbaik bersama BINUS UNIVERSITY!