Menurut Forbes, machine learning adalah salah satu tren teknologi masa kini yang bakal terus berkembang selama setidaknya satu dasawarsa ke depan. Kendati begitu, konsep machine learning sebenarnya sudah mulai dipikirkan sejak kali pertama komputer diciptakan. 

Hal tersebut dibuktikan ketika Arthur Samuel menciptakan game of checkers  pada 1952 silam. Program tersebut menerapkan konsep agar komputer dapat belajar dari pengalaman, yakni konsep yang kini disebut dengan machine learning. Program game of checkers didesain untuk memenangkan permainan dan menyimpan gerakan tersebut ke dalam memorinya.

Apa Itu Machine Learning?

Machine Learning
Sumber : Medium

Secara sederhana, machine learning dapat didefinisikan sebagai mesin atau program yang sengaja dikembangkan dapat belajar dengan sendirinya tanpa diarahkan oleh penggunanya. 

Adapun machine learning sendiri merupakan cabang artificial intelligence (AI) dan computer science yang memiliki fokus pada penggunaan data serta algoritma untuk meniru bagaimana cara manusia belajar. Tak hanya itu, machine learning juga didesain untuk dapat secara bertahap meningkatkan akurasinya.

Implementasi machine learning pun telah cukup banyak. Salah satu contohnya adalah saat kamu menggunakan fitur membuka kunci ponsel dengan menggunakan wajah (face unlock). Contoh lainnya adalah ketika kamu membuka sebuah iklan produk di mesin penjelajah (browser), lalu mendapatkan iklan tersebut dan serupa lainnya saat membuka aplikasi lain seperti media sosial.

Perbedaan Artificial Intelligence dan Machine Learning

Machine Learning
Sumber : Sphinx World Biz

Machine learning adalah bagian dari artificial intelligence. Adapun beberapa perbedaan utama dari keduanya antara lain sebagai berikut.

  • Tujuan Desain

Artificial intelligence secara umum dibuat untuk meningkatkan peluang keberhasilan. Sementara itu, machine learning secara khusus didesain untuk meningkatkan efisiensi.

  • Algoritma

Artificial intelligence dibuat untuk meniru kemampuan manusia dalam ranah memberi respon dan perilaku sistem. Sementara itu, machine learning didesain agar mampu membuat algoritma sendiri untuk dapat mempelajari pola yang diberikan.

  • Pembuatan Keputusan

Artificial intelligence bekerja secara sederhana untuk membuat keputusan. Sementara itu, machine learning berfokus dalam mempelajari masukan data yang diperoleh.

Metode yang Digunakan dalam Machine Learning

Machine Learning
Sumber : Medium

Ada tiga metode utama yang digunakan dalam menjalankan machine learning, yakni supervised learning, semi-supervised learning (unsupervised), dan reinforcement learning.

  • Supervised Learning

Metode ini menggunakan pemberian label pada dataset yang digunakan oleh machine learning dan diklasifikasikan oleh developer dengan memungkinkan algoritma melihat keakuratan kinerjanya. Pengawasan machine learning metode ini dilakukan oleh data berlabel yang akan membuat machine learning mempelajari hubungan antardata.

  • Semi-Supervised Learning (Unsupervised)

Machine learning yang menggunakan metode ini akan memproses dataset mentah yang tidak berlabel. Algoritma machine learning pun akan mencoba melakukan identifikasi pola dan hubungan antardata tanpa adanya bantuan dari developer. Metode ini dapat mendeteksi anomali dan mengungkapkan aktivitas yang curang. 

  • Reinforcement Learning

Reinforcement learning dijalankan menggunakan dataset bersistem reward-punishment serta menawarkan umpan balik ke algoritma sehingga mampu belajar dari “pengalaman coba-coba” yang dilakukan. Dengan demikian, algoritma akan terus-menerus belajar dari lingkungan atau kebiasaan interaksi yang diterapkan. 

Penerapan machine learning akan terus berkembang dan menjadi teknologi yang makin tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Oleh sebab itu, memiliki keterampilan dalam bidang ini menjadi bekal yang cukup menjanjikan karena peluang karier yang sangat luas.

Computer Science di BINUS UNIVERSITY Semarang

Machine Learning
Sumber : Binus

Mengambil jurusan studi computer science adalah salah satu cara tepat untuk menyiapkannya. Di BINUS UNIVERSITY Semarang, kamu bisa mengikuti perkuliahan computer science dengan kurikulum dan pengalaman studi yang didesain untuk menyiapkanmu sebagai lulusan profesional dan berdaya saing tinggi dalam kelas global.

Program Computer Science BINUS UNIVERSITY Semarang menerapkan pendidikan pembelajaran jarak jauh yang diselenggarakan secara online untuk program S1 maupun ekstensi dari jenjang D3 ke S1. Meski dirancang dengan mengutamakan fleksibilitas, program ini tetap mengedepankan kualitas.

Sebagai salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut, study computer science di BINUS @SEMARANG dilengkapi berbagai program dan metode bermutu. Salah satunya adalah program (2+1)+1.

Program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa computer science BINUS @SEMARANG untuk mengikuti perkuliahan selama dua tahun di BINUS @SEMARANG, satu tahun di BINUS UNIVERSITY yang berada di kota lain, dan 1 tahun untuk Enrichment Program. 

Enrichment Program sendiri terdiri dari beberapa aktivitas yang dapat dipilih sendiri oleh mahasiswa begitu memasuki awal tahun keempat atau semester tujuh. Aktivitas yang dimaksud adalah penelitian, pengabdian sosial, entrepreneurship, studi di luar negeri, magang kerja, dan further study, dan specific independent study.