BINUS UNIVERSITY

    Desain Logo dan Peran Penting dalam Mengembangkan Bisnis

    Apa itu logo? Masih ada orang yang menganggap bahwa logo hanya sekadar tulisan atau gambar yang menunjukkan nama atau merek suatu produk. Padahal, logo memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan suatu bisnis. Karena itu, membuat logo pun seharusnya tidak asal-asalan.

    Ada sejumlah logo yang sangat berkesan hingga saat ini, sebut saja Nike, KFC, Coca-Cola, Apple, Adidas, Starbucks, dan sebagainya. Saat melihat ilustrasi logo itu secara sekilas, orang bisa langsung mengenalinya. Warna dan desain font logo juga bisa dengan mudah diingat dan selalu diasosiasikan dengan produk yang bersangkutan.

    Desain Logo
    Sumber : Oresti Music

    Desain Logo untuk Bisnis 

    Apakah semua merek harus memiliki logo yang unik? Ya, secara sederhana, logo mewakili kehadiran suatu merek, misalnya pada sebuah kemasan atau ketika sedang melakukan promosi produk di media. Ketika melihat logo tersebut, audiens akan langsung mengaitkannya dengan produk yang dijual.

    Bagi pelaku usaha yang masih dalam taraf pemula, pembuatan logo kerap disepelekan. Logo dibuat dengan metode asal jadi, yaitu dengan mencomot desain lain yang tidak diperuntukkan khusus untuk merek produk tersebut.

    Ada beberapa akibat yang mungkin terjadi dalam hal ini. Pertama, desain tersebut ternyata tidak boleh digunakan untuk tujuan komersil. Akibatnya, pemilik desain bisa mengajukan gugatan karena penggunaan secara ilegal. Hal ini akan semakin berisiko ketika perusahaan semakin besar.

    Dampak kedua yang mungkin terjadi adalah tidak adanya eksklusivitas dari desain logo tersebut. Akibatnya, merek yang dimiliki bisa saja disamakan dengan merek lain yang memiliki desain logo serupa. Dari segi pengembangan bisnis, hal ini berpotensi merugikan penjualan produk. Kesan terhadap merek yang diusung pun bisa saja kurang baik. 

    Jika menggunakan logo yang asal buat atau tidak didesain khusus, filosofi yang diinginkan untuk muncul di logo bisa jadi tidak ada. Kamu tidak bisa secara maksimal mentransfer nilai-nilai yang ingin ditonjolkan melalui desain logo, baik dari segi warna, bentuk, dan detail lainnya. 

    Cara Membuat Desain Logo Eksklusif

    Pada masa mendatang, dunia bisnis akan semakin meriah. Banyaknya platform yang menyediakan wadah jual beli secara online memicu bermunculannya sejumlah bisnis baru yang prospektif. Ini berarti kebutuhan akan logo pun akan semakin meningkat. Meskipun saat ini ada aplikasi untuk membuat logo sederhana, pasar logo premium dan berbayar juga makin terbuka lebar.

    Nah, untuk membuat logo yang berdampak positif terhadap pengembangan perusahaan, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pentingnya memiliki filosofi yang kuat sebelum memulai bisnis. Ini merupakan dasar utama, bukan hanya untuk memudahkan dalam membuat desain logo, tetapi juga untuk mengambil langkah strategis selanjutnya.

    Hal kedua yang harus dipersiapkan adalah nama bisnis yang eye catching dan mudah diingat. Nama tersebut tidak perlu terlalu panjang asalkan unik dan belum pernah ada. Selain itu, nama juga harus mencakup keseluruhan bisnis yang akan dibangun. Ketika mendengar nama tersebut dan melihatnya lewat logo, konsumen akan langsung mengenalinya.

    Ketiga, manfaatkan jasa pembuat logo yang berkualitas. Logo dapat disebut sebagai jiwa sebuah bisnis dan akan digunakan dalam jangka panjang. Apabila hasil yang didapatkan kurang sesuai dengan harapan, usaha tersebut bisa terdampak. Karena itu, perlu ada proses yang tidak instan untuk membuat logo perusahaan yang benar-benar tepat. 

    Nah, melihat kebutuhan akan pembuatan logo perusahaan semakin meningkat, BINUS UNIVERSITY menyediakan wadah belajar di program studi Visual Communication Design (@Bandung). Mata kuliah di kampus ini akan membekali mahasiswa untuk menjadi seorang desainer yang mumpuni sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar masa depan. Bagi kamu yang ingin menjadi praktisi di dunia pembuatan logo, jurusan ini sangatlah tepat.