BINUS UNIVERSITY memiliki reputasi besar sebagai perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia. Reputasi tersebut berhasil didapatkan BINUS lewat berbagai pencapaian. Salah satunya adalah fakta terkait kemudahan para lulusan BINUS dalam mencapai kesuksesan karier di dunia kerja. 

Setiap tahun, BINUS meluluskan setidaknya 6.000 wisudawan. Hampir 75% lulusan BINUS UNIVERSITY berhasil mendapatkan pekerjaan sebelum mengikuti prosesi wisuda. Bahkan, 65% lulusan BINUS berkarier di perusahaan multinasional atau menempuh karier sebagai entrepreneur

Fakta-fakta tersebut mencerminkan kualitas lulusan BINUS UNIVERSITY yang memiliki daya saing tinggi di dunia kerja. Kamu tentunya penasaran bagaimana BINUS mampu menciptakan para alumni berkualitas tinggi, kan? Salah satu jawabannya adalah berkat adanya program Internship Track. 

Apa Itu Internship Track BINUS?

Internship Track
Sumber : Binus

Internship Track salah satu pilihan kegiatan yang ada dalam program unggulan BINUS Enrichment Program. Selain Internship Track, ada pula pilihan aktivitas lain yang bisa dijalani oleh para BINUSIAN, di antaranya adalah penelitian, studi ke luar negeri, pengabdian sosial, merintis usaha, kredensial mikro, dan studi lanjut. 

Pelaksanaan Internship Track berlangsung ketika BINUSIAN telah melewati masa pembelajaran (2+1)+1, dua tahun di kampus asal dan satu tahun Mobility Program. Internship atau magang dapat berlangsung dalam waktu antara 6 – 12 bulan. Program magang tersebut pun berlangsung dengan memperhatikan program studi dari para BINUSIAN.

Ada banyak pilihan perusahaan yang bisa menjadi tujuan tempat magang para BINUSIAN. BINUSIAN punya kesempatan untuk magang di perusahaan yang menjadi rekanan BINUS UNIVERSITY atau perusahaan lain. Perusahaan rekanan BINUS di antaranya adalah  MNC, Tokopedia, Four Season Hotel, Pertamina, Astra, BCA, Telkom Indonesia dan Bank Mandiri.

Manfaat Program Internship Track BINUS

Partisipasi BINUSIAN dalam Program Internship Track menawarkan banyak keuntungan, termasuk di antaranya adalah: 

  • 1. Merasakan Pengalaman di Dunia Kerja

Manfaat utama yang bisa dirasakan BINUSIAN dalam Internship Track adalah merasakan pengalaman dunia kerja secara langsung. Kamu dapat mengetahui secara lebih dekat tanggung jawab yang bakal diemban saat bekerja. Selanjutnya, pengetahuan itu dapat kamu pakai sebagai landasan dalam menentukan jenjang karier di masa depan.  

  • 2. Menambah Relasi

Saat magang, kamu akan bertemu dengan banyak orang. Bukan hanya orang-orang yang bekerja di perusahaan, tetapi juga mereka yang sama-sama berstatus sebagai mahasiswa magang. Tak menutup kemungkinan, kamu akan bertemu dengan mahasiswa magang dari perguruan tinggi lain. 

  • 3. Sarana Upgrade Kemampuan

Program magang juga memberi keuntungan dalam upaya meningkatkan kemampuan yang kamu miliki. Kemampuan tersebut tidak hanya hal-hal yang berkaitan dengan aspek teknis. Namun, kamu bakal memiliki kesempatan untuk memperoleh soft skill penting yang wajib dimiliki saat terjun ke dunia kerja.

  • 4. Mempraktikkan Pengetahuan Kuliah

Partisipasi dalam Internship Track dapat membantu para BINUSIAN dalam mempraktikkan keahlian yang mereka dapatkan selama kuliah. Lewat praktik secara langsung di dunia kerja, kamu dapat memahami keahlian tersebut secara lebih efektif dan efisien. Pengetahuan tersebut dapat membantu kamu dalam proses penyelesaian permasalahan yang lebih cepat. 

  • 5. Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan

Manfaat terakhir dan tidak kalah penting dari Internship Track adalah adanya peluang untuk memperoleh kerja sebelum lulus kuliah. Kesempatan ini bisa didapatkan ketika kamu berhasil menunjukkan kualitas hasil pekerjaan yang bagus. Kualitas pekerjaan yang bagus menjadi indikator kalau kamu merupakan talenta yang sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan. 

Lewat berbagai manfaat tersebut, Internship Track menjadi program penting bagi para BINUSIAN dalam melakukan persiapan sebelum terjun ke dunia kerja. Faktanya, banyak perusahaan yang mengaku puas dengan performa para mahasiswa magang dari BINUS UNIVERSITY. Oleh karenanya, tidak heran kalau banyak BINUSIAN yang telah diterima kerja saat berstatus mahasiswa. 

Kamu bisa pula menjadi bagian dari BINUSIAN dan merasakan berbagai manfaat dari deretan program unggulan BINUS. Bersama BINUS UNIVERSITY, kamu bisa menjadi lulusan perguruan tinggi yang berkualitas tinggi dan punya daya saing di tingkat global.