Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan berkelas dunia, banyak inovasi yang bisa kamu temukan saat berkuliah di BINUS UNIVERSITY. Salah satu wujud inovasi tersebut adalah Mobility Program. Lewat program ini, kamu dapat merasakan pengalaman belajar yang lebih seru dibandingkan perguruan tinggi lain. 

Apa Itu Mobility Program BINUS?

Mobility Program BINUS
Sumber : Binus

Mobility Program merupakan bagian dari Program (2+1)+1 dan termasuk program unggulan BINUS UNIVERSITY. Melalui program ini, para BINUSIAN berkesempatan untuk merasakan pengalaman kuliah di kampus BINUS UNIVERSITY yang ada di kota lain. Sederhananya, Mobility Program tak ubahnya seperti program pertukaran pelajar dalam lingkup yang terbatas. 

Program ini sifatnya wajib. Jadi, setiap BINUSIAN harus mengikutinya. Lalu, bagaimana cara pelaksanaannya? Perlu kamu ketahui, Mobility Program berlangsung selama 1 tahun. Para BINUSIAN perlu mengikuti program ini setelah menghabiskan waktu belajar selama 2 tahun di kampus asal. 

Dalam Mobility Program, kamu dapat memilih untuk menghabiskan masa kuliah 1 tahun di beberapa kampus BINUS UNIVERSITY yang ada di kota lain. Pilihan kampus tersebut adalah: 

  • BINUS @Greater Jakarta
  • BINUS @Bandung
  • BINUS @Bekasi
  • BINUS @Malang
  • BINUS @Semarang

Manfaat Mobility Program Bagi Para BINUSIAN

Sebagai bagian dari program unggulan perguruan tinggi berkelas dunia, Mobility Program merupakan upaya BINUS UNIVERSITY dalam mencetak lulusan berdaya saing tinggi. Hal itu dapat BINUSIAN rasakan lewat berbagai manfaat Mobility Program sebagai berikut: 

  • 1. Melatih Kemampuan Beradaptasi

BINUSIAN yang mengikuti Mobility Program akan dituntut untuk beradaptasi pada lingkungan baru. Lingkungan yang ada di BINUS @Greater Jakarta, beda dengan suasana di BINUS @Malang, BINUS @Semarang, atau kota lain. Kalau tak mampu beradaptasi, kamu bakal kesulitan mengikuti aktivitas belajar di kampus. 

  • 2. Mendorong Semangat Belajar Mahasiswa

Belajar di lingkungan yang itu-itu saja dapat memunculkan rasa bosan. Mobility Program menawarkan suasana belajar yang benar-benar beda. Lewat lingkungan belajar yang fresh, kamu dapat memunculkan semangat belajar yang sebelumnya padam akibat kebosanan. 

Hal yang perlu kamu tahu, setiap kota di Indonesia menawarkan pengalaman menariknya masing-masing. Sebagai contoh, Bandung terkenal sebagai kota wisata. Semarang menawarkan suasana kota multietnis yang unik. Sementara itu, Malang punya daya tarik lewat keindahan alam yang dimilikinya. 

  • 3. Menambah Kenalan Baru

Manfaat selanjutnya dari Mobility Program adalah kesempatan untuk memperluas jaringan pertemanan. Kamu akan bertemu dengan banyak orang-orang baru di kampus BINUS UNIVERSITY kota lain. Kenalan yang banyak dapat membantu kamu dalam proses pencarian kerja, menjalin kerja sama, dan lain sebagainya. 

  • 4. Melatih Soft Skill

Ada pula manfaat Mobility Program yang mendorong para BINUSIAN untuk mengasah soft skill-nya masing-masing. Kesempatan belajar di kampus BINUS UNIVERSITY luar kota, membuat kamu jadi lebih mandiri. Selain itu, kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan punya rasa percaya diri tinggi. 

  • 5. Mengenal Budaya Daerah secara Lebih Dekat

Manfaat yang tidak kalah penting adalah kesempatan untuk mengenal budaya daerah secara lebih dekat. Saat berada di Bandung, kamu dapat mencoba pengalaman untuk mengenal budaya Sunda. Selain itu, ada pula kesempatan untuk merasakan kontrasnya budaya Jawa di Kota Semarang dan Malang. 

Lewat berbagai manfaat tersebut, tidak heran kalau BINUS UNIVERSITY mampu menciptakan lulusan yang tidak hanya memiliki daya saing tinggi di tingkat nasional. Banyak pula alumni BINUS yang mampu bersaing dengan para lulusan dari perguruan tinggi dunia. Fakta penting yang tak boleh kamu lewatkan, BINUS UNIVERSITY juga terkenal sebagai kampus pencetak para entrepreneur andal. 

Mobility Program hanya satu dari sekian banyak program unggulan yang membuat BINUS UNIVERSITY beda dengan perguruan tinggi lain di Indonesia. Selain Mobility Program, masih ada banyak program unggulan lain yang ada di BINUS. Penasaran? Makanya, yuk segera daftar jadi mahasiswa BINUS UNIVERSITY!