Semakin banyak hal yang kamu pelajari di perguruan tinggi, wawasan dan pengetahuan yang kamu miliki pun semakin bertambah. Itu berarti kamu memiliki bekal yang semakin lengkap untuk memasuki dunia kerja. Sebagai fresh graduate, kamu membutuhkan banyak amunisi untuk bersaing dengan lulusan lain supaya mendapatkan pekerjaan impian. 

Mahasiswa dan Dunia Kerja

Minor Program
Sumber : Sociolla

Dunia kerja merupakan dunia yang jauh berbeda dengan kehidupan di kampus. Sebagai mahasiswa, tugas yang perlu ditunaikan adalah belajar sebaik mungkin untuk memperoleh ilmu sesuai bidang studi. Sementara itu, tugas utama seorang pekerja adalah menyelesaikan tanggung jawab sesuai dengan yang telah ditentukan.

Untuk melakukan hal tersebut, seorang pekerja harus memiliki ilmu yang memadai. Akan lebih baik lagi jika ia memiliki pengalaman sehingga tidak bingung saat menjalankan tugasnya. Sayangnya, tidak semua mahasiswa menyadari pentingnya meningkatkan kompetensi diri selama kuliah. 

Kondisi ini yang menyebabkan fresh graduate kerap sulit mendapatkan pekerjaan. Meskipun telah menyandang status sarjana, mahasiswa yang baru lulus harus menghadapi persaingan ketat. Untuk menghindari hal semacam itu, mahasiswa seharusnya mempersiapkan diri dengan baik.

Apa saja yang bisa dilakukan? Mahasiswa bisa mengikuti magang untuk mendapatkan pengalaman kerja. Bukan hanya itu, untuk melengkapi kemampuan dan pengetahuan, mahasiswa juga dapat mempelajari ilmu lain yang berkaitan dengan program studi atau justru lintas jurusan.

Keunggulan Minor Program

Minor Program
Sumber : Binus

Khusus mahasiswa BINUS UNIVERSITY, hal itu sangat dimungkinkan. Caranya adalah dengan mengambil mata kuliah pilihan berupa Minor Program ketika telah menginjak Semester 3. Minor Program ditujukan untuk mahasiswa jurusan Accounting, Business Management, Information System, Business Management, dan Computer Science. 

Ada pun program yang disediakan antara lain Human Capital in Digital Workplace, Interactive & User Experience Design, Sustainable Development, Virtual Services, Cross Cultural Communication, Culinary, Digital Business, dan Digital Ecosystem. 

Kehadiran Minor Program dalam rencana perkuliahan mahasiswa BINUS UNIVERSITY sangat bermanfaat. Mata kuliah pilihan ini membantu mahasiswa untuk mengembangkan wawasan di luar bidang studi resmi yang dipelajarinya. Dengan demikian, ilmu yang didapatkan semasa kuliah semakin kompleks. 

Ilmu yang didapatkan tersebut diharapkan membantu mahasiswa untuk beradaptasi dengan mudah saat berada di dunia kerja. Kenyataannya, banyak perusahaan atau tempat kerja yang menuntut sumber daya manusia menguasai bidang lain. Mengikuti Minor Program juga dapat menjadi nilai tambah bagi mahasiswa bersangkutan.

Tips Memilih Minor Program

Minor Program
Sumber : Binus

Dari 8 program yang tersedia di BINUS UNIVERSITY, mahasiswa bebas memilih program yang paling diinginkan. Untuk membantu menentukan pilihan, kamu bisa menyimak beberapa tips berikut:

  • Ketahui hal-hal apa saja yang akan dipelajari di Minor Program pilihan. Akan lebih baik jika kamu juga mengetahui poin-poin penting yang menjadi tujuan pembelajaran di program tersebut.
  • Jangan ragu untuk memilih program yang sama sekali baru atau belum pernah dipelajari. Tujuan Minor Program adalah membuka pandangan mengenai hal yang berbeda dengan yang biasa dipelajari di kampus. 
  • Pertimbangkan pilihan Minor Program berdasarkan pekerjaan impian. Jika kamu ingin terjun ke dunia food and beverage, kamu bisa memilih program Culinary. Jika kamu ingin mendalami psikologi dan pengembangan HRD, kamu bisa memilih Human Capital in Digital Workplace.
  • Kenali minat diri sendiri. Minor Program adalah kesempatan bagi kamu untuk mempelajari hal selain bidang studi utama. Meskipun durasinya singkat, kamu bisa mendapatkan wawasan yang bermanfaat dan kelak bisa digunakan saat bekerja.

Nah, inilah ulasan singkat mengenai keunggulan Minor Program yang disediakan BINUS UNIVERSITY, perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia.