Pada umumnya, mahasiswa membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk menyelesaikan pendidikan di suatu universitas. Selama itu, para mahasiswa akan mempelajari berbagai hal seputar jurusan yang dipilih. Harapannya, ketika menyandang status fresh graduate, mereka telah memiliki bekal ilmu dan keahlian yang cukup untuk terjun ke dunia kerja.

Mobility Program
Sumber : Detik

Kebutuhan Dunia Kerja

Dunia kerja membutuhkan calon pekerja dengan ilmu dan keahlian yang memadai. Tujuannya supaya kegiatan operasional di tempat kerja bisa dilakukan dengan lancar dan produktivitas menjadi lebih tinggi. Itulah sebabnya, tuntutan terhadap fresh graduate semakin kompleks, terutama pada masa sekarang.

Bukan hanya menguasai hal teknis seputar bidang yang dipelajari atau jurusan yang diambil, seorang alumnus yang berencana mencari pekerjaan juga harus memiliki soft skill. Beberapa di antaranya adalah memiliki daya pikir analitis dan inovatif, memiliki daya saing tinggi, merupakan pembelajar yang aktif dan strategis, serta memiliki kepemimpinan dan pengaruh terhadap lingkungan sosial.

Calon pekerja juga dituntut untuk memiliki kecerdasan emosional sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar. Selain itu, ia harus kreatif memikirkan solusi atau penyelesaian atas kendala yang dialami dalam pekerjaan. Dibutuhkan juga kemampuan manajemen, baik personal maupun saat berkomunikasi dengan orang lain. 

Kuliah di Tempat Berbeda

Peduli dengan kebutuhan dunia kerja saat ini, BINUS UNIVERSITY berusaha sebaik mungkin membekali mahasiswa agar lebih siap sebagai calon pekerja. Selain menyediakan berbagai fasilitas yang sangat lengkap dan modern, perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia juga menawarkan program unggulan, yaitu Mobility Program.

Mobility Program merupakan program unggulan BINUS UNIVERSITY karena program ini tidak ada di kampus lain di Indonesia. Sederhananya, dengan Mobility Program, mahasiswa berkesempatan untuk kuliah di dua tempat yang berbeda tanpa pindah universitas. Bagaimana ini bisa dilakukan?

Salah satu hal yang mendukung pelaksanaan program ini adalah kehadiran kampus BINUS UNIVERSITY di beberapa kota yang berbeda. Baru saja, kampus terbaru dibangun di Semarang. Selain itu, mahasiswa juga bisa memilih untuk melaksanakan Mobility Program di kampus BINUS@Malang atau BINUS@Bandung. 

Mobility Program adalah bagian dari Enhancement Program atau dikenal dengan program (2+1)+1 yang artinya 2 tahun berkuliah di kampus asli, 1 tahun berkuliah di kampus lain, dan 1 tahun untuk mengikuti program pengayaan, seperti magang, penelitian, dan aktivitas di tengah masyarakat. 

Keunggulan Mobility Program

Mahasiswa yang mengikuti Mobility Program diharapkan mendapatkan manfaat berupa soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Salah satu di antaranya adalah kemampuan untuk beradaptasi di tempat yang baru. Seperti diketahui, ketika mulai bekerja, seseorang harus siap menghadapi dan mengatasi kendala akibat perbedaan suasana.

Selain itu, mahasiswa juga belajar untuk menjalin relasi dengan orang lain yang sebelumnya tidak dikenal. Di dunia kerja, kemampuan ini dapat memperlancar pekerjaan dan menjadi nilai tambah saat menjadi karyawan. Mahasiswa juga dapat melatih kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi yang baik melalui program ini.

Setelah mengikuti kegiatan Mobility Program, mahasiswa tentu memiliki wawasan dan pengalaman yang lebih kaya. Menjalankan Mobility Program di kota yang berbeda tentu membuat mahasiswa lebih terbuka dari segi pemikiran dan dapat melihat dari sudut pandang yang berbeda. Semua itu merupakan soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Dengan demikian, mahasiswa BINUS UNIVERSITY dapat mempelajari berbagai hal positif saat kuliah di kampus yang berbeda melalui Mobility Program. Hasil akhirnya, mereka dapat menjadi sumber daya manusia cerminan Indonesia, terutama jika diterima bekerja di luar negeri.