Kamu penggemar ilmu Fisika dan Matematika yang masih bingung menentukan jurusan kuliah? Bila ya, Industrial Engineering atau Teknik Industri mungkin cocok untuk kamu. Tidak melulu tentang ilmu teknik, kamu juga dapat mempelajari ilmu lain yang terlibat dalam suatu proses industri, termasuk informasi dan manajemen.

Jadi, salah keuntungan menjadi lulusan Teknik Industri adalah memiliki prospek karier yang lebih luas dan menjanjikan. Agar makin mantap, yuk bahas lebih dalam tentang jurusan ini!

Industrial Engineering Adalah…

Teknik Industri
Sumber : Republika

Sederhananya, Teknik Industri adalah jembatan penghubung kebutuhan manusia dengan perkembangan industri. Bidang ilmu ini fokus pada pembelajaran cara mengevaluasi, mendesain, memodifikasi, mengontrol, menguji, serta meningkatkan kinerja suatu sistem produksi.

Tidak hanya ilmu sains, kamu juga akan mempelajari ilmu sosial dan mendalami cara menganalisis data. Jurusan Teknik Industri membahas industri secara luas sehingga prospek kariernya pun lebih variatif.

Seorang industrial engineer dalam pekerjaannya membutuhkan dukungan mesin, software, serta teknologi atau alat pendukung lainnya. Jadi, Teknik Industri akan mengasah kemampuan mahasiswa dalam mengelola sistem industri 4.0 baik secara internal maupun eksternal.

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari adalah:

  • Electronic Devices
  • Environmental Engineering
  • Electric Circuit Theory
  • Actuators and Sensors
  • Signal and System

Mengapa Memilih Industrial Engineering?

Berikut adalah beberapa manfaat kuliah di jurusan ini yang bisa menjadi pertimbangan kamu:

Skill dan kompetensi beragam

Setelah menyelesaikan prodi Teknik Industri, kamu memiliki peluang memiliki beragam skill dan kompetensi. Di antaranya:

  • Mampu mendesain, bereksperimen, serta menganalisis dan menginterpretasikan data.
  • Mampu melakukan identifikasi, perumusan, dan pemecahan masalah teknik industri.
  • Mampu berkomunikasi dan bekerja efektif dalam tim multidisiplin.
  • Paham etika dan tanggung jawab profesional.
  • Memiliki bekal pendidikan luas terutama memahami dampak teknik industri dalam konteks ekonomi, lingkungan, dan sosial secara global.
  • Pengetahuan yang luas tentang isu-isu kontemporer.
  • Mampu menggunakan keterampilan, teknik, serta alat pendukung modern yang dibutuhkan dalam praktik.

Prospek karier luas

Umumnya, lulusan jurusan ini paham dasar-dasar proses industri, mulai dari manusia, mesin, material, hingga cara efektif menciptakan suatu produk. Dengan demikian, selain industri manufaktur, insinyur industri juga bisa bekerja di bidang jasa.

Berikut beberapa contoh peluang kerja lulusan Teknik Industri dalam beberapa bidang:

  1. Industri Manufaktur: Logistik, Pergudangan, Manajemen Operasi, Produksi Manajemen, dan Manajemen Inventaris.
  2. Penelitian dan Pengembangan: Perlindungan dan Pelestarian Lingkungan, Analisis Data, dan Rekayasa Faktor Manusia.
  3. Industri Jasa: Konsultan SDM, Konsultan Keuangan, Manajemen Klien, , dan Sistem Kesehatan.
  4. Pendidikan: Konsultan, Pengajar/Dosen, dan Peneliti.
  5. Teknologi Informasi: Telekomunikasi, Desain Basis Data, Pengembangan Web, dan Integrasi Komputer.
  6. Bisnis dan Manajemen: Analisis Manajemen, Investasi Perbankan, Pengembangan Bisnis, Strategi Bisnis, dan Manajemen Proyek. 

Entrepreneurship

Setelah lulus, kamu sudah memiliki bekal pengetahuan luas dalam proses industri, termasuk teknik, manajemen produksi, manajemen keuangan, distribusi, hingga pemasaran. Karena itu, lulusan Teknik Industri layaknya SDM paket lengkap yang dibutuhkan setiap perusahaan. Peluang gaji yang bisa kamu dapatkan pun pastinya makin menarik.

Namun, tahukah kamu, BINUS UNIVERSITY membekali mahasiswa Faculty of Engineering, termasuk Industrial Engineering dengan mata kuliah Entrepreneurship? Tentu saja, ini membuka peluang berharga untuk kamu menjadi seorang entrepreneur!

Ditambah lagi, ada juga matkul Leadership & Organizational Behavior yang membantu kamu menyiapkan diri menjadi seorang pemimpin.

Fasilitas Pendukung Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY

Berkontribusi terhadap masyarakat global lewat penyediaan edukasi kelas dunia merupakan misi BINUS UNIVERSITY melalui Departemen Teknik Industri. Untuk itu, BINUS mendidik mahasiswa dari bermacam-macam latar belakang dalam pengetahuan, keterampilan dasar, dan praktik Teknik Industri. Tentunya untuk menyiapkan diri bersaing di industri global ataupun melanjutkan ke gelar lanjutan di disiplin terkait. 

Demi mendukung studi Fakultas Teknik, khususnya Teknik Industri, tersedia berbagai laboratorium di area kampus BINUS. Di antaranya:

  • Manufacturing Process Lab
  • Physics Lab
  • Simulation Lab
  • Ergonomic Lab
  • Work Design
  • Technical Drawing Lab

Ingin tahu lebih jauh tentang jurusan ini? Cek website programnya di tautan ini.

Sebagai tambahan, prodi Industrial Engineering di BINUS telah terakreditasi ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology). Jadi, mengapa masih ragu memilih kuliah di BINUS?