Program studi mass communication atau komunikasi massa merupakan salah satu jurusan yang populer. Apalagi, prospek karier yang bisa kamu dapatkan ketika menguasai keahlian di bidang ini sangat menjanjikan. Kamu punya kesempatan untuk bekerja di perusahaan media dan dikenal masyarakat secara luas. 

Hanya saja, kamu perlu membekali diri dengan keahlian tepat untuk dapat bersaing memperoleh pekerjaan sesuai keinginan. Keahlian seperti apa? Tentunya adalah keahlian yang dibutuhkan oleh para pelaku industri berkaitan dengan bidang komunikasi massa. 

Fenomena Tren Komunikasi Massa saat Ini

Mass Communication
Sumber : Shoolini University

Terkait kebutuhan skill di dunia kerja, kamu perlu terlebih dahulu memahami tren yang tengah terjadi dalam lingkup komunikasi massa saat ini. Ada 3 tren komunikasi massa yang perlu kamu pahami di era digital seperti sekarang, yaitu: 

1. Komunikasi yang Lebih Personal

Kecanggihan teknologi memungkinkan siapa saja untuk berkomunikasi secara lebih personal. Sebagai buktinya, saat ini banyak perusahaan ataupun public figure yang membangun konten via website, media sosial, maupun YouTube. 

2. Tingkat Keberhasilan yang Terukur

Berbeda dengan zaman dulu, saat ini aktivitas komunikasi dapat dinilai secara kuantitatif. Artinya, tingkat keberhasilan dari sebuah proses komunikasi mempunyai indikator keberhasilan yang dapat dilacak. Parameter yang bisa dipakai beragam, seperti jumlah subscriber, penonton, follower, dan lain sebagainya. 

3. Komunikasi Digital

Tren yang terakhir adalah meningkatnya penggunaan metode komunikasi digital. Kecanggihan internet memungkinkan proses komunikasi digital dapat kamu lakukan dengan berbagai cara. Sebagai contoh, melalui aplikasi chat, live streaming, video conference, virtual reality, dan lain sebagainya. 

Skill Penting untuk Memenuhi Kebutuhan Tren Komunikasi Massa Terkini

Dengan mempertimbangkan tren komunikasi tersebut, ada beberapa skill penting yang perlu kamu kuasai. Skillskill tersebut di antaranya adalah: 

1. Menulis

Keahlian pertama yang perlu kamu kuasai adalah menulis. Tak sekadar menulis, tetapi menghasilkan tulisan yang mampu menarik perhatian banyak orang. Oleh karenanya, kamu perlu memahami teknik menulis yang dikenal sebagai copywriting

Copywriting merupakan teknik menulis materi pemasaran serta promosi yang sifatnya persuasif. Dengan begitu, siapa saja yang membaca atau melihatnya akan tertarik untuk melakukan pembelian, mengeklik tautan, ataupun tindakan lain sesuai dengan target pemasaran.

2. Berkolaborasi

Kamu perlu pula memiliki keahlian berupa kerja sama yang baik dengan orang lain. Kemampuan ini penting, karena kamu tidak bisa menjalankan tugas sendiri. Kamu perlu pula melakukan kolaborasi dengan karyawan lain, baik yang berada satu maupun beda divisi. 

Kemampuan kerja sama yang baik, dapat mendorong kamu lebih produktif di tempat kerja. Selain itu, hasil pekerjaan kamu juga memiliki kualitas yang bagus. Bukan sekadar menjalankan rutinitas kantor. 

3. Penguasaan Teknologi

Modal keahlian penting selanjutnya adalah penguasaan teknologi, terutama berbagai hal yang memiliki kaitan dengan komunikasi massa. Alasannya, kecanggihan teknologi memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekali waktu. Kalau tak memiliki kemampuan ini, kamu bakal kalah bersaing dengan talenta lain. 

Lalu, penguasaan teknologi seperti apa yang perlu kamu butuhkan untuk bersaing di bidang mass communication? Teknologi tersebut tidak lain adalah Information and Communication Technologies (ICT) yang merupakan terminologi untuk penyebutan peralatan teknis yang memiliki kaitan dengan pemrosesan dan penyampaian informasi.

Penguasaan ICT memungkinkan kamu untuk mereduksi batasan ruang dan waktu ketika melakukan penyimpanan, penyajian, analisis, pemindahan, serta penyampaian data dalam bentuk sebuah informasi.

4. Komunikasi yang Efektif

Terakhir, kamu perlu memiliki kemampuan dalam melakukan komunikasi secara efektif. Kemampuan ini penting untuk kamu miliki, karena sebagian besar pola komunikasi yang berlangsung pada era digital adalah komunikasi secara tidak langsung. Lewat komunikasi yang efektif, kamu punya kemampuan dalam menyampaikan pesan dengan benar dan tepat.

Kamu bisa memperoleh bekal keahlian seperti yang telah disebutkan dengan memilih kuliah jurusan mass communication secara tepat. Kabar baiknya, saat ini ada BINUS UNIVERSITY yang menjawab solusi atas permasalahan tersebut. 

BINUS hadir dan menawarkan layanan pendidikan tinggi berkelas dunia. Di sini, kamu pun akan memperoleh kurikulum pendidikan yang sesuai dengan tingkat kebutuhan industri. Oleh karenanya, tidak heran kalau BINUS berhasil mencetak banyak lulusan berkualitas tinggi. 

Yuk, pilih berkuliah di Mass Communication BINUS UNIVERSITY!