Pengalaman kerja bisa jadi mata kuliah? Tentu saja bisa! BINUS ONLINE LEARNING menawarkan program RPL yang dapat mengonversi pengalaman kerja kamu menjadi Satuan Kredit Semester (SKS) dalam bentuk mata kuliah online. Ini adalah kesempatan besar bagi kamu yang sudah bekerja dan ingin meraih pendidikan yang lebih tinggi! Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini!

Yuk, Kuliah Sambil Kerja di BINUS ONLINE LEARNING!

Kuliah atau kerja kini bisa kamu dapatkan sekaligus tanpa harus memilih salah satunya. Meskipun sekarang kamu telah bekerja, kamu tetap punya kesempatan untuk meningkatkan kualifikasi diri lewat pembelajaran di perguruan tinggi. Kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING adalah solusi yang mampu memahami kebutuhan kamu sekaligus memfasilitasi lewat program eksklusifnya, yaitu RPL.

Kenalan Lebih Dalam dengan RPL BINUS ONLINE LEARNING

RPL adalah program penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi minimal tiga tahun untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi setara S1. RPL merupakan singkatan dari Rekognisi Pembelajaran Lampau. Program penyetaraan ini dapat ditempuh dengan kuliah S1 online di BINUS ONLINE LEARNING berdasarkan program studi yang ditawarkan.

Total ada lima program studi yang dapat kamu pilih, yaitu teknik informatika, akuntansi, management business, sistem informasi, dan teknik industri. Bagi kamu lulusan SMA/K sederajat yang telah memperoleh konsentrasi ilmu terkait dari sekolah dan pengalaman/pelatihan kerja yang relevan, kamu bisa melanjutkan pendidikan di BINUS hingga mendapat gelar S1.

Pengalaman/pelatihan kerja yang telah kamu miliki dapat dikonversikan hingga maksimal 15 mata kuliah. Sisa SKS mata kuliah lainnya dapat kamu lengkapi dengan mengikuti kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING. Sistem konversi seperti ini memungkinkan kamu bisa lulus lebih cepat sehingga biaya BP3 ikut berkurang.

Sebagai contohnya, jika hasil penyetaraan RPL berhasil memperoleh lima mata kuliah, maka masa studi kamu terhitung hanya tujuh semester saja. Artinya, jika kamu berhasil mendapatkan penyetaraan dengan jumlah maksimal sebanyak 15 mata kuliah, maka kamu hanya perlu berkuliah selama lima semester saja. Masa studi ini jauh lebih singkat daripada program reguler.

Syarat Pendaftaran RPL BINUS ONLINE LEARNING

Selain wajib memiliki pengalaman/pelatihan bersertifikasi selama tiga tahun setelah lulus SMA, kamu juga harus melengkapi syarat-syarat pendaftaran berikut ini agar bisa kuliah online jalur RPL di BINUS.

  1. Formulir aplikasi BINUS ONLINE LEARNING dan pendaftaran secara online di binus.edu/admissions
  2. Pas foto terbaru ukuran 3×4
  3. Scan asli KTP/paspor, akta kelahiran, ijazah, SKHUN SMA/K
  4. Surat keterangan bekerja minimal 3 tahun (terhitung sejak lulus SMA/K)
  5. Form assesment mandiri, Curriculum Vitae (CV), dokumen deskripsi diri (template bisa kamu dapatkan di admisi online)
  6. Surat penunjukan project
  7. Sertifikasi profesi (terhitung 3 tahun setelah lulus SMA/K)
  8. Dokumentasi hasil kerja

Cara Mendaftar Program RPL BINUS ONLINE LEARNING

Bagaimana? Apakah kamu memenuhi kriteria dan memiliki persyaratan lengkap? Jika iya, sekarang saatnya untuk segera mendaftarkan diri kamu agar bisa cepat mengikuti kuliah S1 online jalur RPL di BINUS! Pastikan kamu mengikuti cara mendaftar RPL di BINUS ini dengan runtut, ya! Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendaftar program RPL.

  1. Daftar online di alamat binus.edu/admissions
  2. Pilih kelas S1 online (BINUS ONLINE LEARNING)
  3. Lakukan pembayaran untuk pembelian form, yaitu sebanyak Rp250.000
  4. Pilih Jalur RPL untuk enrollment track
  5. Isi dan lengkapi seluruh form pendaftaran
  6. Lakukan assesment dan interview dengan assesor
  7. Apabila dinyatakan LULUS, maka lakukan daftar ulang
  8. Setelah daftar ulang, maka kamu sudah resmi menjadi mahasiswa di BINUS ONLINE LEARNING dan siap mengikuti kelas karyawan S1 online lewat program RPL

 

Kesempatan emas tidak pernah datang dua kali. Manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya demi mimpi dan meningkatkan kualifikasi diri. Mendapatkan pendidikan tinggi pun untuk kebaikan diri kamu sendiri, bukan? Yuk, segera daftar kuliah online jalur RPL di BINUS ONLINE LEARNING sekarang juga! Kerja sambil kuliah, kapan lagi? Klik di sini untuk info lebih lengkap tentang BINUS ONLINE LEARNING!