Creativepreneur sebenarnya bukan sebuah istilah yang baru. Tapi semenjak pandemi berlangsung dan banyak bisnis gulung tikar, kehadiran para creativepreneur inilah yang sukses mencuri perhatian. Mereka adalah orang-orang dengan segudang ide kreatif dan inspiratif yang mampu membaca peluang dengan beragam ide-ide brilian yang mereka punya. Dengan cara ini, mereka bisa bertahan melewati beragam tantangan yang ada.

Creativepreneurs membangun bisnis mereka dengan sebuah misi, hasrat atau tujuan pribadi kemudian menjalankannya dengan prinsip-prinsip kreatif. Mereka adalah orang-orang yang pandai menggunakan perangkat digital dan teknologi yang ada untuk memperluas pendapatan dan pengaruh mereka di pasaran.

Bagaimana Caranya Menjadi Seorang Creativepreneurs?

Creativepreneur
Sumber : Anteraja

Untuk kamu yang tertarik merintis karier sebagai creativepreneurs, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Simak tipsnya berikut ini!

Pilihlah Jenis Bisnis yang Kamu Sukai

Langkah pertama untuk jadi seorang creativepreneur yang sukses adalah dengan memilih jenis bisnis yang disukai. Pemilihannya tentu tetap berdasarkan kebutuhan pasar dengan mengandalkan riset. Untuk menciptakan bisnis yang solid, kamu butuh lebih dari sekadar rasa suka dan keyakinan saja. Ada data yang perlu dimiliki sebagai landasan.

Lakukan dengan Cara yang Kreatif dan Inovatif

Setelah kamu menentukan jenis bisnis apa yang ingin dijalankan, maka langkah kedua adalah berpikir dan bertindak dengan kreatif. Misalnya, kamu menciptakan produk atau layanan yang belum pernah ada sebelumnya tapi setelah diteliti ternyata adalah kebutuhan pasar. Jadilah yang pertama (pelopor) dan jadilah sesuatu yang berbeda dari bisnis lain yang sudah ada.

Namun, bisnis kreatif tidak harus selalu baru. Ada berbagai bisnis lama yang bisa berinovasi sesuai dengan era atau segmentasi pasar. Bisnis tersebut biasanya adalah bisnis yang memang sudah ada sebelumnya tapi diinovasi dengan pendekatan berbeda dan disesuaikan dengan segment pasarnya. Misalnya saja bisnis kuliner dine-in yang kini mulai merambah ke pendekatan delivery service karena permintaan pasar yang semakin besar.

Miliki Basic Knowledge Soal Bisnis

Sekreatif apapun pemikiran seseorang, tanpa pengetahuan dan kemampuan dasar berbisnis, usaha yang dijalankannya tidak akan sukses. Membuka bisnis juga tidak harus menguasai semua keterampilan sekaligus. Kamu bisa mempelajari satu demi satu kemampuan teknis, manajerial, komunikasi, pemasaran dan penjualan, keterampilan kreatif dan berpikir kritis (mindmapping) serta literasi digital.

Berkuliah di Jurusan yang Tepat

Pengetahuan dasar untuk menjadi seorang creativepreneur tentu bisa didapatkan di bangku kuliah. Creativepreneur yang ada di BINUS @Bandung adalah opsi terbaik yang bisa kamu ambil untuk jadi seorang pebisnis kreatif dan inovatif masa depan.

Jurusan dengan jenjang sarjana ini memadukan antara keterampilan wirausaha dengan skill di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Perpaduan pengetahuan ini diharapkan bisa menghasilkan para pengusaha yang punya kreativitas tinggi serta tidak mudah kalah oleh tantangan. Jurusan ini juga mengutamakan proses belajar mengajar yang menyesuaikan antara student outcome dengan posisi yang dibutuhkan oleh stakeholder. Dengan begitu, kesempatan kerja di berbagai perusahaan juga akan semakin luas.

BINUSIAN yang lulus nantinya akan difokuskan dalam membangun bisnis di industri kreatif dan mengembangkan perusahaan yang bergerak di bidang kreatif. Creativepreneurs mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan dengan komersialisasi teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan ide bisnis baru dalam domain inovasi teknologi yang sedang berkembang saat ini.

Dengan lahirnya para creativepreneurs baru dari jurusan creativepreneurs, BINUS UNIVERSITY berharap akan semakin banyak masyarakat yang bisa diberdayakan. Pada akhirnya ini akan mendukung kemakmuran masyarakat secara luas. Ayo bergabung di BINUS UNIVERSITY dan tunjukkan kontribusimu pada bangsa dengan ide-ide kreatifmu!