Accounting merupakan salah satu jurusan favorit yang diminati calon mahasiswa BINUS UNIVERSITY. Jurusan ini dirancang agar kamu bisa mempelajari hal yang berkaitan erat dengan laporan keuangan dan kinerja perusahaan, laporan pertanggungjawaban ke stakeholder, kebijakan keuangan, serta pengelolaan dan analitik data keuangan. Profesi akuntan banyak dicari oleh perusahaan skala nasional maupun internasional dengan jenjang karier yang cerah. Hal ini dapat kamu jadikan sebagai motivasi untuk kuliah jurusan accounting di BINUS UNIVERSITY.

Prospek Jurusan Accounting di Era Persaingan Global

Jurusan Accounting
Sumber : Kita Lulus

Di era industri 4.0, profesi akuntan masih banyak dibutuhkan untuk mendukung jalannya bisnis perusahaan. Agar ilmu akuntansi tetap relevan dengan zaman, mahasiswa accounting juga dibekali dengan keterampilan interpersonal dan intrapersonal. Selain itu, setiap mahasiswa harus bisa bersahabat dengan perubahan teknologi yang begitu pesat. Pasalnya, kemajuan teknologi secara tidak langsung memberikan peluang baru bagi lulusan accounting untuk bersaing di kancah global. 

Apabila kamu mendalami jurusan accounting, terdapat sejumlah pekerjaan selain akuntan yang dapat kamu coba selepas lulus kuliah. 

  • Auditor – bertugas merancang, mengendalikan, mencatat, dan meninjau hal yang berkaitan dengan keuangan, mendapatkan bukti audit untuk mencapai kesimpulan rasional, melakukan compliance test, serta mengevaluasi pengendalian internal.
  • Management Accountant – bertugas memperkirakan tren pasar di masa depan berdasarkan data, memprediksi arus kas, membantu mengambil keputusan, menganalisis Rate of Return (ROR), dan realisasi kinerja.
  • Business Analyst – bertugas menganalisis data pasar, perilaku konsumen, struktur organisasi, dan kebijakan perusahaan serta mengkaji aspek teknologi dan memberi laporan pada perusahaan.
  • Fraud Investigator – bertugas melakukan investigasi terkait dugaan tindakan pelanggaran atau kecurangan yang terjadi di perusahaan.
  • Tax Accountant – bertugas mempersiapkan perhitungan dan pelaporan pajak perusahaan, memperkirakan pengembalian pajak, membuat laporan bulanan dan tahunan, serta memvalidasi pajak dan transaksi keuangan.
  • Tax Officer – bertugas merancang perencanaan pajak, bertanggung jawab atas pengaturan database pajak perusahaan, menyiapkan dokumen perpajakan, menghitung pajak, melapor dan membayar pajak tepat waktu, serta mendokumentasikan faktur pajak.

Keunggulan Kuliah Jurusan Accounting di BINUS UNIVERSITY

Jurusan Accounting
Sumber : Edukatama

Mengingat prospek lulusan jurusan accounting memiliki peluang luas mendapatkan karier cemerlang, jangan ragu untuk memilih BINUS UNIVERSITY sebagai tempat menimba ilmu. Sebagai Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia, BINUS UNIVERSITY menyediakan fasilitas terbaik yang dapat dinikmati oleh mahasiswanya. Lingkungan kampus yang kondusif sangat mendukung terciptanya suasana belajar yang menyenangkan. 

Berdesain modern, seluruh ruang kelas di BINUS UNIVERSITY dilengkapi pendingin ruangan yang akan membuat kamu merasa nyaman dan fokus terhadap materi. BINUS UNIVERSITY juga memiliki laboratorium, perpustakaan, dan auditorium yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar. Kalau kamu merasa lapar, tersedia kantin yang menawarkan beragam menu lezat. Di kantin kamu juga bisa mengerjakan tugas, berkumpul dengan teman, atau sekadar menunggu kelas selanjutnya. Untuk mendukung minat dan bakat BINUSIAN, kampus BINUS UNIVERSITY juga dilengkapi fasilitas olahraga dan Unit Kegiatan Mahasiswa.

Didukung pengajar profesional dan kompeten di bidangnya, kamu bisa mendapatkan ilmu pengetahuan secara mendalam. Kamu juga bisa bertemu banyak teman baru dari berbagai latar belakang dan daerah. Tersedia banyak program yang akan menambah kompetensi dan pengalaman. Berbekal hal ini, kamu akan menjadi lulusan accounting yang siap bersaing di kancah global. 

Demikianlah sekilas informasi tentang jurusan accounting beserta prospeknya di era global. Kalau kamu ingin berkarier sebagai akuntan atau bekerja di bidang keuangan, mulailah dengan mempelajari ilmu dasar akuntansi di BINUS UNIVERSITY. Berkuliah di jurusan accounting di Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia akan membuka kesempatan bagi kamu untuk memperluas relasi dan mengoptimalkan potensi. Kamu juga bisa mendapatkan pengalaman berharga yang akan berguna di dunia kerja. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, raih masa depan cerah bersama BINUS UNIVERSITY!