Perguruan tinggi memiliki tugas penting dalam mempersiapkan para lulusan yang berkualitas dan punya daya saing tinggi. Tidak hanya mampu bersaing di tingkat nasional, tetapi juga level global. BINUS UNIVERSITY memahami kebutuhan tersebut. Sebagai buktinya, banyak lulusan BINUS yang mampu meraih kesuksesan dalam kariernya masing-masing. 

Mau tahu siapa saja alumni BINUSIAN tersebut? Sebut saja, Peter Lydian (Country Director Facebook Indonesia), Herbet Ang (Presiden Direktur Acer Indonesia), Fifi Virgantria (Direktur PT MNC Securities), dan Tan Wijaya (Presiden Direktur IBM Indonesia). Selain nama-nama tersebut, masih ada banyak lagi deretan alumni BINUSIAN yang memiliki kesuksesan tidak kalah mentereng. 

Lalu, bagaimana cara BINUS UNIVERSITY menghasilkan deretan alumni yang mampu meraih kesuksesan karier di tengah persaingan tinggi dunia kerja? Salah satu jawabannya adalah lewat program yang disebut Enrichment Program. 

Apa Itu Enrichment Program BINUS?

Enrichment Program
Sumber : Binus Center

Enrichment Program merupakan program unggulan dari BINUS UNIVERSITY dalam menciptakan alumni berdaya saing dunia. Partisipasi dalam program ini membuat BINUSIAN punya kesempatan berhadapan secara langsung dengan para pelaku industri atau masyarakat. Dengan begitu, BINUSIAN punya kesiapan matang dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. 

Enrichment Program sifatnya wajib dan berlangsung selama 2 semester (32 SKS). Kebijakan ini berlaku untuk setiap jurusan yang ada di BINUS UNIVERSITY. BINUSIAN dapat mengikuti program ini mulai dari semester 5 sampai semester 7. Para BINUSIAN bisa mengikuti Enrichment Program sesuai dengan minatnya masing-masing.

Pilihan Aktivitas Mahasiswa dalam Enrichment Program BINUS

Enrichment Program
Sumber : Binus

BINUS UNIVERSITY menyediakan 7 pilihan aktivitas yang dapat diikuti oleh para BINUSIAN dalam Enrichment Program. Tujuh opsi kegiatan tersebut adalah: 

1. Riset

Bagi kamu yang punya ketertarikan dalam dunia riset, bisa memilih aktivitas penelitian dalam Enrichment Program. Saat memilih kegiatan ini, kamu akan memperoleh bimbingan secara intensif dari para periset terkemuka dalam dan luar negeri. Dengan begitu, kamu pun akan mempunyai kemampuan dalam menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

2. Business Startup

Selanjutnya adalah pilihan business startup atau merintis usaha. Opsi ini sangat tepat bagi para BINUSIAN yang tertarik menjalani karier sebagai pebisnis. Lewat kegiatan ini, kamu akan memperoleh bimbingan dari tenaga profesional dalam proses perencanaan bisnis yang matang. 

Pembimbingan tersebut berlangsung mulai dari nol sampai kamu berhasil menjalankannya secara stabil. Enrichment Program yang satu ini telah melahirkan banyak BINUSIAN entrepreneur. Oleh karenanya, tidak heran kalau BINUS UNIVERSITY mempunyai reputasi sebagai kampus para entrepreneur. 

3. Pengabdian Sosial

BINUSIAN dapat pula memilih untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara mengajak para BINUSIAN untuk terjun secara langsung ke tengah-tengah masyarakat. Di situ, mereka akan diajak untuk mengenali problem yang dihadapi masyarakat dan menghadirkan solusi untuk mengatasinya. 

4. Studi ke Luar Negeri

Kemampuan BINUS UNIVERSITY dalam menciptakan lulusan berdaya saing tinggi tidak bisa lepas dari pilihan Enrichment Program studi ke luar negeri. Lewat kegiatan ini, BINUSIAN punya kesempatan untuk menggali ilmu selama 1 tahun di kampus internasional dengan bantuan BINUS International Office. 

Ada banyak pilihan kampus di luar negeri yang bisa kamu pilih untuk berpartisipasi dalam program studi ke luar negeri ini. Kamu tidak hanya bisa memilih perguruan tinggi yang ada di kawasan Asia Tenggara. Namun, ada pula opsi untuk berkuliah di Eropa, Asia, Amerika, dan bahkan Afrika. 

5. Magang Kerja

BINUS juga memberi pilihan bagi mahasiswa untuk magang kerja di perusahaan. Kamu akan menjalani magang dengan durasi selama 1 tahun. Di situ, kamu akan memperoleh deskripsi pekerjaan sesuai dengan jurusan masing-masing. Tak menutup kemungkinan, pihak perusahaan akan melakukan perekrutan kalau kamu dianggap memiliki potensi. 

6. Studi Lanjut

Bagi mahasiswa yang punya ketertarikan melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, pilihan Enrichment Program yang satu ini adalah jawabannya. Hanya saja, opsi kegiatan ini hanya berlaku untuk beberapa jurusan tertentu di BINUS.  

7. Kredensial Mikro

Kegiatan kredensial mikro merupakan wujud partisipasi BINUS dalam program Kampus Merdeka yang digagas pemerintah. Dalam kegiatan ini, BINUSIAN akan mendapatkan pengajaran secara langsung dari para praktisi industri. Dengan begitu, para BINUSIAN punya gambaran nyata terkait keterampilan serta keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja.

Nah, itulah sekilas gambaran yang perlu kamu ketahui terkait Enrichment Program BINUS UNIVERSITY. Kalau ingin tahu secara lebih gamblang, kamu bisa mengunjungi booth BINUS di Indonesia International Education & Training Expo (IIETE) pada 3 – 6 Februari 2022 di Jakarta Convention Center.