Metaverse saat ini menjadi topik yang sering diperbincangkan. Banyak perusahaan dan sosok selebriti dunia berbondong-bondong bergabung ke dalam Metaverse ini. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan metaverse? Istilah metaverse sendiri pertama kali diciptakan oleh Neal Stephenson. Neal Stephenson menyebutkan istilah metaverse pada novelnya yang berjudul Snow Crash di tahun 1992. Pada novel tersebut, istilah metaverse merujuk pada avatar manusia hidup yang bertemu di dunia virtual 3D.

Sedangkan, gambaran metaverse yang diungkapkan oleh Perusahaan Media Sosial Facebook, Metaverse adalah realitas digital yang menggabungkan aspek media sosial, game online, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan cryptocurrency untuk memungkinkan pengguna berinteraksi secara virtual. Melalui dunia virtual di metaverse ini, para pengguna dapat bekerja, bermain, dan tetap terhubung dengan teman-teman melalui segala hal mulai dari konser dan konferensi hingga perjalanan virtual keliling dunia.

Melihat fenomena Metaverse yang kini kian ramai di berbagai sektor, sumber daya manusia di era kini pun wajib memiliki keterampilan dan keahlian untuk dapat berinovasi di Era Metaverse kini. Lantas, bagaimana para generasi muda dapat mengasah keahliannya untuk mampu beradaptasi dan berinovasi di era ini?

Memahami akan pentingnya keahlian SDM dalam berinovasi di Era Metaverse, BINUS UNIVERSITY menggandeng Stephen Ng, MIM. MITM. MIR selaku Chief Metaverse Officer WIR Group serta Dr. Indrawan Nugroho selaku CEO & Co-Founder at CIAS, a hands-on corporate innovation consulting firm dalam acara Studium Generale bertajuk “Berinovasi di Era Metaverse”. Kedua narasumber merupakan sosok yang telah berkecimpung dan mendalami Metaverse serta mendalami pembangunan Metaverse di Indonesia. Event ini akan diselenggarakan pada hari Kamis, 7 April 2022 pukul 15.00 – 17.00 WIB Via Zoom Meeting. Pendaftaran event dapat diakses melalui bit.ly/SG-Metaverse dan terbuka untuk umum.

Selain pemaparan dalam Studium Generale, BINUS UNIVERSITY dan WIR Group akan melakukan penandatanganan Mockup of Agreement (MOA) kerjasama untuk bersama melahirkan sumber daya manusia yang unggul di Era Metaverse. Kerjasama serta acara ini diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang mampu menciptakan inovasi dalam Era Metaverse, tidak hanya sebagai user namun juga sebagai creator. Event ini juga diharapkan dapat menambah wawasan kepada para masyarakat terhadap Metaverse dan apa saja yang terkait didalamnya untuk menunjang efektiv penggunaan teknologi digital baru ini.