Revolusi Industri 4.0 membawa penyebaran teknologi serta otomatisasi secara masif di berbagai lini kehidupan masyarakat, bahkan pengaruhnya telah membawa peradaban baru (New Culture) yang mau tidak mau harus diterima oleh masyarakat Indonesia secara luas. New culture yang dimaksud adalah robot pintar, Internet of Things (IoT), mesin pencetak 3D, driverless car, Big Data, pendidikan virtual, hingga Human Machine Communication. 

Dengan adanya peradaban baru di bidang industri, SDM Indonesia  pun seharusnya mulai bertransformasi sehingga dapat mengiringi perubahan dengan optimal. Jika tidak, bangsa ini akan tertinggal jauh dari bangsa lain. Oleh karena itu, pemerintah mendorong semua lapisan pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, untuk segera merespons perubahan dengan segala program unggulan.

Menanggapi kondisi tersebut, BINUS UNIVERSITY menawarkan tiga program andalan buat mahasiswanya, yakni Mobility Program, Minor Program, dan Enrichment Program. Lanjutkan membaca untuk informasi lengkapnya!

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Medium

Program (2+1)+1

Sebelum memahami ketiga program andalan tersebut, ada baiknya untuk mengetahui suatu rangkaian program khas BINUS terlebih dahulu, yakni program (2+1)+1. Pasalnya, semua program di atas memiliki keterkaitan. 

Secara sederhana, rancangan pembelajaran (2+1)+1 ini dapat dipahami sebagai berikut.

  • 2 tahun belajar di kampus asal. 
  • 1 tahun belajar di kampus BINUS lain, disebut Mobility Program.
  • 1 tahun menjalankan satu dari tujuh opsi Enrichment Program.

Program (2+1)+1 pasti dilalui oleh semua BINUSIAN. Pasalnya, setiap program studi di BINUS menyusun kerangka kurikulum dengan mengilhami penerapan (2+1)+1 ini. 

 

Mobility Program

Sesuai dengan penjelasan di atas, Mobility Program merupakan bagian dari program (2+1)+1. Dalam program ini, mahasiswa akan menjalani proses perkuliahan di kampus BINUS lain sesuai pilihan. 

Itu berarti setiap BINUSIAN mendapatkan kesempatan untuk bertemu dosen, teman, staf administrasi, dan lingkungan yang baru. Hal ini tentu sangat menarik karena mahasiswa harus cakap menyesuaikan diri agar proses pembelajaran mereka berjalan optimal tanpa hambatan. 

 

Minor Program 

Tujuan utama dari pelaksanaan Minor Program ini adalah memberikan kesempatan pada BINUSIAN untuk membekali diri dengan keterampilan dan pengetahuan lintas disiplin. Dengan begitu, selepas lulus kuliah, mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang didapat dari Major Program (jurusan utama) dengan lebih optimal karena ditunjang oleh keahlian dari Minor Program. 

Minor Program ditawarkan di lima kampus BINUS dengan pilihan pembelajaran berbeda. Mahasiswa hanya perlu memilih kampus dan mata kuliah yang ingin dipelajari sesuai passion masing-masing. Berikut sepuluh opsi Minor Program yang ada saat ini.

  1. Digital Business – BINUS @Alam Sutera
  2. Cross Cultural Communication – BINUS @ Kemanggisan 
  3. Human Capital & Digital Workplace – BINUS @Kemanggisan 
  4. Culinary – BINUS @Bekasi
  5. Designpreneur – BINUS @Bandung
  6. Interactive & User Experience Design – BINUS @Kemanggisan
  7. Sustainable Development – BINUS @Kemanggisan
  8. Digital Ecosystem – BINUS @Kemanggisan
  9. Virtual Services – BINUS @Bekasi
  10. Digital Technopreneur – BINUS @Malang

Pada prosesnya, mahasiswa dapat memilih Minor Program di kampus asal atau kampus lain. Itu artinya mahasiswa BINUS @Bekasi boleh mengambil pembelajaran minor di kampus Bekasi, Bandung, Alam Sutera, Malang, dan lainnya. Namun, mesti diingat, mahasiswa wajib melaksanakan perkuliahan di kampus yang dipilih. 

 

Enrichment Program

Sama halnya dengan Mobility Program sebelumnya, Enrichment Program juga merupakan bagian dari (2+1)+1. Dalam program ini, BINUSIAN akan diberikan tujuh pilihan jalur untuk dipilih. Harapannya, selepas masa Enrichment Program selama dua semester, mahasiswa BINUS mampu mengembangkan potensi diri secara mandiri, membangun soft skills dengan optimal, dan mendapatkan pengalaman kerja/sosial yang berharga. 

Berikut adalah tujuh jalur yang ditawarkan oleh BINUS UNIVERSITY untuk mahasiswanya.

  1. Internship Track (Jalur Magang)
  2. Community Development Track (Jalur Pemberdayaan Komunitas)
  3. Study Abroad Track (Jalur Belajar di Luar Negeri)
  4. Research Track (Jalur Penelitian)
  5. Entrepreneur Track (Jalur Bisnis)
  6. Further Studies Track (Jalur Studi Lanjut)
  7. Micro Credentials Track (Jalur Kredensial Mikro)

Masing-masing tentu punya target capaian yang berbeda-beda bagi pesertanya. Untuk itu, mahasiswa diharapkan dapat memilih Enrichment Program secara bijak. Jangan hanya karena mengikuti tren saja!

Bila dilaksanakan dan diikuti dengan maksimal, ketiga program di atas tentu bisa mewujudkan cita-cita BINUS UNIVERSITY untuk menciptakan generasi yang cakap akan tuntutan perubahan zaman.