Civil Engineering atau teknik sipil merupakan bagian dari Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY. Program studi ini mempelajari tentang dunia konstruksi, mulai dari perancangan, pembangunan, operasional, hingga pemeliharaan. 

Prodi satu ini telah terakreditasi UNGGUL dari BAN-PT. Selain itu, prodi teknik sipil telah mendapatkan pengakuan dari IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education), dan secara internasional dari ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology). 

Aktivitas belajar berpusat di Kampus Syahdan, Jl. K.H. Syahdan No. 9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat. Kampus ini memiliki sejumlah fasilitas laboratorium, di antaranya Pre-Construction Laboratory, Infrastructure Material, Highway Engineering, dan Traffic Engineering

Kurikulum Pendidikan Civil Engineering BINUS UNIVERSITY

Civil Engineering
Sumber : Binus

Mahasiswa Civil Engineering di salah satu perguruan tinggi kelas dunia ini diharapkan mampu menghasilkan karya-karya konstruksi fungsional—mulai dari yang sederhana sampai paling kompleks, seperti bangunan gedung, jembatan, sistem pemurnian dan distribusi air bersih, perlindungan banjir, jalan tol, infrastruktur transportasi massal, dam, pembangkit listrik, dan sebagainya. 

Guna menunjang visi dan misi tersebut, maka Civil Engineering BINUS UNIVERSITY menerapkan kurikulum Multi Channel Learning. Kurikulum ini menggunakan metode tatap muka dan pembelajaran mandiri, pemaparan teori yang komprehensif, praktik lapangan, serta memaksimalkan penggunaan teknologi informasi. 

Pada masa-masa awal perkuliahan, BINUSIAN akan memperoleh pondasi ilmu teknik, yakni matematika dan fisika. Kemudian, mereka akan mulai berkenalan dengan dasar-dasar teknik sipil, pengetahuan bahasa, pendidikan karakter, dan entrepreneurship

Baru selanjutnya, BINUSIAN beranjak mendalami detail-detail ranah teknik sipil. Sementara itu, pada semester akhir, BINUSIAN dapat memilih salah satu dari enam pilihan konsentrasi yang tersedia. Apa saja program-program tersebut?

  • Structural Engineering

Structural Engineering juga dikenal sebagai Teknik Struktur. BINUSIAN belajar analisis untuk memastikan struktur telah memenuhi standar. Ini akan melibatkan pengetahuan tentang hukum-hukum fisika, geometri, serta karakteristik material yang digunakan. 

Ahli teknik struktur amat banyak dibutuhkan dalam dunia industri. Lulusannya dapat bekerja di bidang-bidang konstruksi, seperti menjadi Project Civil Engineer, Precast Project Engineer, Civil Designer, dan sebagainya. 

  • Hydrological and Environment Engineering

Nama lainnya Teknik Lingkungan dan Hidrologi—merupakan terapan dari ilmu geografi. Program konsentrasi satu ini mempelajari tentang distribusi air, baik di permukaan maupun di dalam bumi, serta permasalahan lingkungan berikut solusi-solusinya. 

Para ahli Hydrological and Environment Engineering akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Mereka dapat berperan besar dalam perancangan sistem distribusi air bersih, drainase pemukiman, hingga memberikan solusi atas permasalahan banjir dan genangan. 

  • Transportation and Traffic Engineering

Teknik Transportasi dan Lalu Lintas fokus mendalami pergerakan barang, moda transportasi, berikut infrastrukturnya. Contohnya jaringan perhubungan darat, seperti jalan raya, trotoar, lajur khusus, dan lampu lalu lintas. Tidak ketinggalan moda transportasi lain, seperti kereta api, pesawat terbang, sampai kapal di pelabuhan.  

Lulusan program konsentrasi Transportation and Traffic Engineering dapat menempuh karir sebagai Transportation Project Manager, Transportation Design Manager, atau Traffic Engineer. Mereka diharapkan mampu memberikan solusi untuk masalah kemacetan dan penyediaan transportasi massa. 

  • Geotechnical Engineering

Mengombinasikan ilmu tanah dan teknik sipil, Geotechnical Engineering mempelajari struktur tanah yang akan menjadi tempat berdirinya sebuah situs konstruksi. Tentunya ini berkaitan erat dengan faktor risiko dan keamanan sebuah bangunan.  

Profesi yang berkaitan dengan Geotechnical Engineering akan banyak menganalisis tentang karakteristik jenis tanah dan batuan, kadar air, kepadatan, topografi, dan sebagainya. Kemudian, mereka diharapkan mampu memberikan rekomendasi mengenai struktur bangunan sesuai kondisi lingkungannya. 

  • Highway Engineering

Berbeda dengan Teknik Transportasi dan Lalu Lintas, konsentrasi Highway Engineering fokus mendalami konstruksi jalan raya. Jadi, BINUSIAN akan belajar tentang geometri jalan raya, konstruksi, dan material-material yang berkaitan, salah satunya aspal. 

Prospek kerja lulusan Highway Engineering juga menjanjikan, terutama di tengah gencarnya pembangunan infrastruktur jalan seperti sekarang. Di antaranya dapat menjadi Bridge Engineer, Highway Project Engineer, Highway Construction Inspector, dan lain-lain. 

  • Construction Management

Manajemen Konstruksi fokus mempelajari bagaimana mengatur pelaksanaan pembangunan secara efisien, sesuai tujuan yang ditetapkan. Pada umumnya, program ini dimulai dari perencanaan proyek, manajemen biaya, penjadwalan, rekrutmen, administrasi, manajemen keselamatan, serta kontrol kualitas. 

Pekerjaan menjanjikan bagi lulusan program konsentrasi Construction Management, salah satunya adalah manajer proyek. Gaji yang ditawarkan relatif tinggi, tentunya bergantung besar kecilnya proyek yang dikerjakan. 

Civil Engineering menjadi salah satu program studi favorit di Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY. Buat kamu yang tertarik berkuliah di fakultas ini, tersedia beberapa pilihan prodi lainnya, seperti Arsitektur, Industrial Engineering, Food Technology, dan Computer Engineering.