Jurusan kuliah yang berhubungan dengan teknologi informasi saat ini jadi pilihan program studi favorit para mahasiswa baru. Alasan utamanya adalah karena peluang kerjanya yang sangat luas dan gaji tinggi. Ada banyak opsi program studi berkaitan dengan teknologi informasi yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah jurusan computer science atau ilmu komputer. 

Software Engineering
Sumber : Softschema

Mahasiswa jurusan computer science memperoleh bekal pembelajaran teknologi informasi secara lengkap. Di sini, kamu tidak hanya belajar tentang hardware. Namun, kamu juga berkesempatan untuk mempelajari software. Oleh karena itu, lulusan ilmu komputer punya kemampuan dalam mendesain serta melakukan implementasi sistem yang terintegrasi. 

  • Prospek Kerja Lulusan Computer Science

Keahlian lulusan computer science di bidang teknologi informasi dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai sektor industri. Tak hanya itu, kamu juga bisa memiliki pilihan karier yang variatif, di antaranya adalah: 

1. Programmer

Bahasa pemrograman menjadi keahlian mendasar yang dimiliki oleh setiap lulusan ilmu komputer. Kamu pun bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk membangun aplikasi mobile, desktop, ataupun web apps. Keahlian tersebut menjadi modal penting bagi perusahaan dalam melakukan transformasi bisnis ke dunia digital. 

2. Software engineer

Prospek kerja menjanjikan selanjutnya adalah sebagai software engineer. Sekilas, tanggung jawab seorang software engineer mirip dengan programmer. Keduanya sama-sama bertugas mengembangkan perangkat lunak. Bahkan, tak jarang kalau seorang software engineer juga berperan layaknya sebagai programmer

Dibandingkan programmer, software engineer punya tugas dan tanggung jawab yang lebih luas. Mereka tidak hanya berperan dalam melakukan coding. Namun, software engineer juga memiliki tanggung jawab dalam memastikan bahwa program bekerja dengan baik serta mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

3. System Analyst

Selain software engineer dan programmer, ada pula prospek kerja menjanjikan sebagai system analyst. Kalau bekerja sebagai system analyst, kamu bakal memperoleh jaminan gaji tinggi. Apalagi, keberadaan tenaga system analyst memiliki peran yang sentral dalam sebuah perusahaan. 

Tugas utama seorang system analyst adalah melaksanakan analisis, perancangan, serta implementasi sistem teknologi informasi dalam perusahaan. Terkadang, system analyst juga memiliki tanggung jawab dalam melakukan riset yang bertujuan untuk meningkatkan performa infrastruktur teknologi informasi perusahaan. 

4. Website Developer

Prospek kerja alumni computer science selanjutnya adalah sebagai website developer. Ketika bekerja sebagai website developer, kamu memiliki tanggung jawab dalam membangun website atau web apps. Tak hanya membuat website dari nol, kamu juga punya tugas dalam mengelola website

Dalam praktiknya, website developer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu: 

  • Front end developer. Tugasnya adalah membangun aspek yang berkaitan dengan tampilan bagian depan website. Kamu tak hanya perlu memiliki keahlian dalam bidang pemrograman. Namun, kamu juga perlu memastikan kalau tampilan website memiliki UI dan UX yang bagus. 
  • Back end developer. Berkebalikan dengan front end, back end developer memiliki tanggung jawab berkaitan dengan aplikasi, server, dan database website. Kamu perlu membangun serta mengelola teknologi untuk menunjang 3 komponen penting tersebut dalam sebuah website
  • Full stack developer. Terakhir adalah website developer full stack yang bertanggung jawab pada aspek front end dan back end. Karena tanggung jawabnya yang lebih luas, kemampuan teknis terkait bahasa pemrograman yang dimiliki oleh full stack developer pun jauh lebih banyak dibandingkan back end atau pun front end developer.

5. Network Engineer

Selanjutnya, kamu juga memiliki prospek kerja sebagai network engineer. Sebagai network engineer, kamu mempunyai tanggung jawab dalam membangun jaringan komputer di dalam perusahaan. Sebagai tambahan, kamu juga perlu menyusun rancangan, implementasi, dan sekaligus maintenance jaringan. 

Untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik, seorang network engineer perlu memiliki kemampuan troubleshooting. Keahlian ini dapat membantu network engineer menyelesaikan problem secara lebih cepat. Selain itu, kamu pun perlu menyusun dokumentasi dalam setiap aktivitas yang dilakukan. 

Itulah sedikit bocoran mengenai prospek kerja yang dimiliki oleh seorang lulusan Computer Science – Software Engineering. Kamu pun bisa memperoleh peluang kerja yang lebih besar kalau berkuliah di perguruan tinggi terkemuka seperti BINUS @Bekasi. Apalagi, BINUS @Bekasi terkenal sebagai salah satu kampus IT terbaik di Indonesia.