Tercatat sebagai kampus swasta terpopuler, BINUS UNIVERSITY selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk mahasiswanya. Salah satu caranya adalah dengan membekali BINUSIAN kemampuan, ilmu dan wawasan, serta pengalaman yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan di era global. Melalui Enrichment Program BINUS UNIVERSITY, BINUSIAN diajak untuk melatih, mengasah, dan membiasakan diri dengan lingkungan maupun situasi di dunia kerja. 

Enrichment Program dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa BINUS UNIVERSITY mulai semester lima hingga tujuh. Enrichment Program menyediakan lima jalur, yakni magang di perusahaan, studi ke luar negeri, penelitian, pengabdian sosial, dan Business Start-Up (merintis bisnis). Dari kelima jalur yang tersedia, Fauzi Aliudin memilih untuk merintis usahanya sendiri. Bagaimana pengalaman Fauzi?

Entrepreneurship
Sumber : Binus

Ini Alasan yang Mendorong Fauzi Aliudin Mengikuti Enrichment Program Track Entrepreneurship 

Ketika mengetahui program Track Entrepreneurship, Fauzi Aliudin tak dapat menyembunyikan ketertarikannya. Program ini dapat membantu Fauzi membangun mental berwirausaha. Bagi Fauzi, bisnis dapat berjalan bukan hanya dengan modal, melainkan juga mental yang apik. Tanpa mental berwirausaha, seorang pebisnis akan kesulitan bertahan di tengah persaingan. 

Fauzi meyakini bahwa berbekal kecerdasan emosional yang baik, pebisnis mampu mengelola emosi dan merespons emosi orang lain dengan tepat serta bijaksana dalam mengambil keputusan. Kepercayaan diri yang tinggi, berani mengambil risiko, dan tidak takut juga akan membentuk mental yang kuat. Program Track Entrepreneurship juga menjadi sarana bagi Fauzi untuk mengenal dan merasakan langsung bagaimana proses bisnis dapat berjalan.

Proses Membangun Bisnis dan Kendala yang Dihadapi Fauzi

Fauzi memulai bisnis dengan membuat ide dan merumuskan landasan ide. Ide bisnis dapat menciptakan peluang usaha sekalipun menjual produk yang sama dengan pesaing lain. Segmentasi pasar juga perlu dipahami agar bisnis dapat berjalan optimal dan efisien, sumber daya terpakai secara efektif, serta memudahkan perancangan strategi promosi lebih optimal dan mencapai sasaran. 

Setelah hal tersebut dirancang secara apik, Fauzi akan melanjutkan ke tahap prototipe dengan membuat sampel. Dari sampel inilah, Fauzi mendapatkan feed back dan mengetahui persentase penjualan. Meskipun tampak sepele, hal ini justru memudahkan Fauzi mengetahui selera pasar, kualitas produk di mata konsumen, tingkat kepuasan, kekurangan, dan hal yang perlu ditingkatkan agar produk sempurna.

Banyaknya kompetitor di bidang serupa sempat membuat Fauzi pesimis. Belum lagi proses pembuatan sampel yang menghabiskan banyak waktu dan biaya. Pembuatan diferensiasi yang sulit juga sempat menurunkan semangat juang Fauzi. Namun, dukungan dari keluarga dan orang di sekitarnya membuat Fauzi kembali bangkit. Ketika merasa terlalu banyak tekanan, Fauzi memilih untuk menghabiskan waktu mencari inspirasi melalui Pintrest, Youtube, dan Instagram.

Manfaat yang Didapat Fauzi Selama Program Track Entrepreneurship

Tak dapat dimungkiri bahwa Fauzi mendapatkan banyak manfaat selama mengikuti Program Track Entrepreneurship. Lantaran sering bertemu dengan supplier, Fauzi lebih mengenal bahan baku kain yang digunakan untuk produksi. Dari perbincangan singkat yang dilakukan, Fauzi mampu menggali lebih dalam mengenai ide dan gagasan yang ada. Secara tidak langsung, Program Track Entrepreneurship mendorong Fauzi lebih berani berbicara, bernegosiasi, dan menjalin relasi. 

Harapan Fauzi Untuk Bisnis, Track Entrepreneurship BINUS UNIVERSITY, dan BINUSIAN

Serupa dengan pebisnis lain, mahasiswa International Business Management BINUS@Alam Sutera ini berharap agar bisnisnya lancar, berkembang pesat, dan lebih dikenal luas. Fauzi juga berharap agar BINUS UNIVERSITY memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk menemukan link pembuatan atau rekomendasi prototipe. Berbekal hal ini, BINUSIAN yang ingin merintis bisnis makin terbantu dan termotivasi.

Bagi BINUSIAN yang ingin menjadi pebisnis, Fauzi berpesan tak perlu takut mencoba. Meskipun tidak mudah, semangat juang tinggi dan ketekunan akan membuat kamu meraih masa depan cerah. Intinya, lakukan segala sesuatu secermat mungkin dan selalu tanggap akan perubahan karena kondisi pasar sangat dinamis.