BINUS UNIVERSITY memiliki reputasi baik dalam menghasilkan BINUSIAN yang berprestasi. Tak hanya di bidang akademik, tetapi juga nonakademik. Salah satu mahasiswa yang sukses meraih prestasi membanggakan adalah Monica Florence. BINUSIAN @Bandung jurusan Interior Design ini berhasil lolos 12 besar ajang Miss Global Indonesia 2020 mewakili Jawa Barat II. Bagaimana kisahnya? Yuk, simak!

Binus University
Sumber : Youtube

Motivasi Monica Florence Mengikuti Ajang Miss Global Indonesia 2020

Monica mengaku bahwa dirinya mengikuti lomba dan ajang kecantikan untuk menantang diri sekaligus meningkatkan kualitas diri, menambah skill, pengalaman, dan relasi. Melalui hal ini, Monica ingin menunjukkan pada orang lain bahwa prestasi tidak terbatas dengan jurusan kuliah yang dipelajarinya saat ini. Bagi Monica, pengalaman dan ilmu kehidupan tidak hanya didapat dari universitas. “Di universitas, saya hanya diajar cara berpikir, mendapat ilmu sesuai dengan jurusan, dan belajar cara menghadapi dunia kerja. Namun, saya belajar mempraktikkan ha tersebut saat mengikut banyak perlombaan,” jelas Monica. 

Suka Duka Monica Meraih Prestasi yang Diidamkannya

Bukan hal mudah bagi Monica meraih apa yang diinginkannya. BINUSIAN semester 7 ini pernah mengalami situasi yang membuatnya merasa gagal dan diam di tempat. Di saat bersamaan, Monica melihat orang lain berhasil mencapai tujuannya. Hal ini membuatnya merasa tidak berarti dan berpikir apa pun yang dilakukan akan berujung kegagalan. “Di situlah titik terendah saya selama proses menuju prestasi,” jelas Monica.

Menyadari bahwa keterpurukan hanya membawa hal negatif, Monica mulai bangkit. Ia bersyukur dikelilingi orang yang mengasihinya dan selalu mendukung serta menyemangati untuk terus berusaha menggapai tujuan. Seorang teman mengatakan pada Monica bahwa hidup bukanlah perlombaan dengan orang lain sehingga kita tidak bisa membandingkan diri. Hal inilah yang makin membuat Monica sadar bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk maju dan berhasil. “Saya diingatkan oleh teman saya bahwa usaha, sikap, kemampuan, dan hoki setiap orang berbeda-beda.”

Sejak saat itu, Monica memiliki pandangan yang berbeda mengenai kegagalan. Baginya kini, kegagalan adalah hal wajar yang dapat membuat dirinya mendapat pengalaman lebih, serta mengetahui letak kesalahan sehingga dapat belajar lebih dan berlatih terus. “Hal ini membuat saya belajar untuk bangkit dan fokus pada diri sendiri serta menjadikan keberhasilan orang lain sebagai motivasi untuk maju,” jelas Monica.

BINUS UNIVERSITY Beri Dukungan Penuh Pada Monica

Monica bersyukur bahwa dirinya menjadi BINUSIAN. Pasalnya, Binus @Bandung sangat mendukungnya mengikuti ajang perlombaan. Bahkan, pihak kampus memberi Monica bantuan biaya kesehatan tes PCR ketika hendak mengikuti karantina. Selain itu, dosen BINUS UNIVERSITY juga mendukung Monica melalui voting. Monica mengaku bahwa hal ini sangat berarti dan membuatnya senang karena BINUS UNIVERSITY mengapreasiasi usahanya. BINUS UNIVERSITY juga memberi kemudahan untuk mendapatkan pengalaman organisasi, melatih public speaking, dan soft skills yang berguna setelah lulus kuliah.

Tips Monica Menyiasati Jadwal Padat Supaya Tetap Produktif

Di sela kesibukannya, Monica tak pernah absen membuat to do list. Tanpa hal ini, Monica akan kesulitan membagi waktu. “Berkat to do list saya sangat terbantu untuk tetap produktif dan bekerja efektif mencapai tujuan.” Monica mengingatkan bahwa menjadi produktif bukanlah bekerja tanpa henti, melainkan mengatur waktu agar seluruh kegiatan yang ada berjalan sesuai rencana.

Harapan Monica dan Pesan Untuk BINUSIAN

Kendati sudah menorehkan banyak prestasi, Monica masih berharap meraih lebih banyak lagi prestasi. Baginya, pengalaman, mengenal orang baru, beradaptasi, dan melatih attitude merupakan hal penting di kehidupan kerja dan dunia kerja. Berbekal pengalaman yang didapatkan, kamu bisa meningkatkan nilai diri. Monica berpesan bagi BINUSIAN yang ingin meraih prestasi, terus berlatih mencari ilmu dan wawasan serta jangan ragu meminta saran atau masukan kepada orang lain untuk mengetahui letak kekurangan sehingga dapat memperbaikinya. 

Dari pengalaman Monica yang menginspirasi bisa diambil kesimpulan bahwa untuk meraih prestasi kamu harus berani dan berusaha sekuat tenaga mengerahkan kemampuan terbaik yang dimiliki. Pastikan juga berkuliah di kampus yang memberikan dukungan penuh, seperti BINUS UNIVERSITY. Ayo, ikuti jejak Monica sebagai BINUSIAN berprestasi!