BINUS UNIVERSITY dikenal unggul dalam menghasilkan BINUSIAN yang berpengetahuan luas serta berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik. Salah satunya Kezia Aurine, BINUSIAN jurusan DKV Creative Advertising yang sukses berkiprah di dunia industri kreatif dan menjuarai kompetisi iklan di Tiongkok. Bagaimana kisah Kezia? Yuk, simak!

Binus University
Sumber : Youtube

Motivasi Kezia Aurine Terjun di Industri Kreatif 

Hobi gambar dan desain sejak duduk di bangku SMP mendorong Kezia melanjutkan kuliah di BINUS UNIVERSITY. Namun, Kezia tak ingin berkuliah di jurusan DKV umum, ia ingin lebih mendalami dunia periklanan. Ketika sekolahnya mendapat kunjungan dari BINUS UNIVERSITY, Kezia yakin menjatuhkan pilihan DKV Creative Advertising. Baginya, industri kreatif sangatlah luas dan memberi Kezia kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuannya. 

Seiring berjalannya waktu, tak hanya dunia periklanan, Kezia juga mulai mendalami dunia fotografi dan videografi fashion. Ketika libur kuliah, Kezia mengirimkan portofolio ke dua tempat berbeda. Salah satu brand fashion menanggapi portofolio Kezia. Setelah interview, Kezia resmi magang di brand fashion tersebut selama dua bulan.

Suka Duka Annastasya Selama Terjun di Industri Kreatif

Di awal terjun ke industri kreatif, Kezia mengaku sulit membagi waktu. Hal ini membuat Kezia sering kewalahan karena mengambil terlalu banyak proyek. Belum lagi, Kezia harus tetap berkuliah dengan tugas yang menanti di depan mata. Meskipun merasa lelah dan sempat jatuh sakit karena istirahat yang tak cukup, Kezia tetap bertanggung jawab menyelesaikan tugasnya. Seiring waktu, Kezia mulai belajar bagaimana cara membagi waktu dengan baik sehingga kerjaan tetap berjalan dan ia juga tak kekurangan waktu untuk istirahat. 

Selain hal tersebut, Kezia juga mengaku pernah beberapa kali mendapatkan pengalaman tak menyenangkan dengan klien yang menawar harga rendah dan klien yang suka berganti ide lantaran kurang memahami keinginannya sendiri. Alhasil, Kezia harus menghabiskan banyak waktu untuk melakukan banyak perbaikan. Hal ini tak hanya menguras ide, melainkan juga mengikis waktu istirahat Kezia. 

Kezia juga pernah berada di titik terbawah karena kehilangan file penting dan harus mengulangi photoshoot produk tersebut. Di luar duka yang dialaminya, Kezia mengaku bersyukur karena mendapatkan banyak pengalaman luar biasa. Hambatan yang ada dijadikan Kezia sebagai motivasi untuk terus memperbaiki diri dan mengasah kemampuannya. 

Pengalaman Paling Berkesan Bagi Kezia

Kezia mengaku bahwa dirinya pernah ditawari dosen untuk mengikuti kompetisi iklan di Tiongkok. Keikutsertaan Kezia didasari karena iseng belaka. Namun, siapa sangka justru Kezia justru berhasil memperoleh juara pertama dan kedua dari kategori yang berbeda. Hal ini tak hanya membuat Kezia terkejut, tetapi juga bersyukur karena karyanya mendapatkan apresiasi. 

Selain kejuaraan tersebut, Kezia juga memiliki kesan mendalam dengan pelajaran MRG. Mulanya, Kezia merasa berat. Bahkan, ia menyerah di awal pelajaran. Namun, lambat laun, Kezia justru menikmati dan hingga kini menyukai kegiatan tersebut. Satu lagi pengalaman berharga tak terlupakan bagi Kezia, yakni saat membuat short movie. Meskipun mengalami kesulitan karena keterbatasan waktu post production, Kezia mendapatkan keseruan yang luar biasa. 

Tips Kezia Tetap Produktif

Menjadi produktif bukan hal yang mudah, tetapi kamu bisa mengikuti tips dari Kezia. Baginya, cara terbaik tetap produktif adalah memberikan jeda waktu istirahat untuk diri sendiri. Ketika melakukan terlalu banyak kegiatan dalam jangka panjang, kamu tidak akan mendapatkan hasil maksimal karena otak dan tubuh kelelahan. Memberikan waktu istirahat akan mengembalikan kesegaran tubuh dan memaksimalkan fungsi otak. Alhasil, ide akan mengalir dan kamu bisa menyelesaikan tugas sesuai tenggat. 

Pesan Kezia Untuk BINUSIAN

Bagi BINUSIAN yang ingin terjun ke industri kreatif, Kezia berpesan agar kamu tak perlu berusaha untuk unggul di segala bidang. Cukup dengan berfokus pada satu bidang saja untuk bisa sukses bersaing di dunia kerja. Alangkah baiknya, fokus tersebut dapat kamu mulai sejak semester awal. Untuk memulainya, pelajari materi yang berkaitan dengan bidang tersebut. Cara ini akan memudahkan kamu membuat rencana jangka panjang untuk masa depan, termasuk solusi ketika terjadi hambatan di tengah jalan. Tak lupa, percaya pada diri sendiri dan tetap semangat meraih masa depan cerah bersama BINUS UNIVERSITY!