BINUS UNIVERSITY tercatat sebagai salah satu kampus swasta bergengsi yang sukses mencetak BINUSIAN berprestasi. Beberapa BINUSIAN, yakni Sim Hellene Anjani Sigma, Vinnca Natalia Christian, dan Felisha Airin berhasil merebut juara 2 lomba Gelar Teknologi Pangan (GTP) 2021. Bagaimana kisahnya? Yuk, simak!

Teknologi Pangan
Sumber : Binus

Motivasi Hellene, Vinnca, dan Felisha Mengikuti Lomba Gelar Teknologi Pangan

Hellene, BINUSIAN jurusan Food Technology semester 5 kampus BINUS@Alam Sutera mengaku dirinya mengikuti GTP 2021 karena ingin mengasah keberanian, terus berinovasi, dan membanggakan orang tua. Tak berbeda dengan Hellene, Vinnca termotivasi mengikuti GTP 2021 karena ingin mencari pengalaman, mengasah kemampuan, mempraktikkan ilmu yang dipelajari, dan memberikan kebanggaan untuk orang tua serta teman-teman yang mendukungnya selama ini. Meningkatkan kualitas diri, mengasah kemampuan di berbagai bidang, mendapatkan sudut pandang lebih luas, lebih inovatif, dan kreatif menjadi motivasi terbesar Felisha mengikuti GTP 2021.

Suka Duka yang Dialami Selama Mempersiapkan Lomba

Ketiga BINUSIAN yang disatukan menjadi satu tim ini mengaku bahwa dalam mempersiapkan lomba GTP 2021 banyak hal terjadi secara bersamaan. Hellene mengatakan ia sempat ingin mundur karena selama satu minggu hanya memiliki waktu singkat untuk istirahat. “Pernah dalam satu minggu, waktu tidur aku cuma sekitar 4 jam. Tugas numpuk, kegiatan organisasi lagi banyak-banyaknya. Aku merasa cape banget dan mau mudur,” ujar Hellene.

Serupa dengan Hellene, Felisha memiliki jadwal ujian yang waktunya bersamaan dengan lomba GTP 2021. Hal ini membuat Felisha cukup stres menghadapi perkuliahan yang intens, membagi waktu dan tugas dengan tim, serta keterbatasan alat lantaran pengerjaan dilakukan di rumah masing-masing akibat pandemi COVID. Jika kedua rekannya memiliki masalah waktu, maka Vinnca justru bermasalah dengan kepercayaan diri. Saat mengikuti GTP 2021, Vinnca merasa minder dengan perwakilan universitas lain. Menurutnya, karya mereka sangat bagus dan layak menjadi juara. 

Kendati masing-masing memiliki permasalahan pribadi, ketiganya sepakat untuk terus maju dan memberikan yang terbaik. Dukungan dari keluarga dan teman-teman membuat mental Hellene, Vinnca, dan Felisha kembali kuat. Bantuan dosen pembimbing memperbaiki ide dan penyusunan rencana agar seluruh hal dapat terselesaikan secara maksimal turut memotivasi Hellene, Vinnca, dan Felisha.

Dukungan BINUS Selama Lomba GTP 2021

Hellene, Vincca, dan Felisha mengaku bersyukur bahwa BINUS UNIVERSITY sangat mendukung mereka mencapai prestasi dengan memberikan banyak informasi dan bimbingan terkait lomba, termasuk pendanaan apabila dibutuhkan. Pihak BINUS UNIVERSITY juga selalu melakukan evaluasi setelah perlombaan selesai. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan lebih siap saat mengikuti perlombaan selanjutnya. 

Tips Untuk Meraih Prestasi dan Tetap Produktif

Memiliki banyak kegiatan bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Selain membagi waktu, Hellene berjanji pada diri sendiri untuk mengerjakan hal yang dapat dikerjaan saat ini juga. “Aku selalu kasih estimasi waktu mengerjakan tugas. Jadi aku bisa lebih efektif dan terjadwal,” jelas Hellene. 

Agar tetap produktif di sela kegiatannya sebagai wakil ketua divisi kreatif HIMFOODTECH, Vinnca selalu menuliskan target per hari di buku planner. Meskipun tampak sepele, adanya buku planner melatih Vinnca lebih bertanggung jawab menyelesaikan target yang dibuat. Serupa dengan Vincca, Felisha juga membuat to do list untuk menentukan kegiatan dengan prioritas tertinggi hingga terendah. Meskipun sibuk, jadwa Felisha cenderung timetable sehingga setiap kegiatan memiliki rentang waktu untuk bersantai agar hidup lebih seimbang. 

Harapan dan Pesan Untuk BINUSIAN

Setelah berhasil meraih juara kedua lomba GTP 2021, Hellene dan Felisha mengaku ingin mengikuti lebih banyak kompetisi untuk mendapatkan pengalaman baru. Ia berharap bisa memenangkan lomba pangan bidang akademik. Selain ingin mengikuti beberapa lomba lagi, Vincca berharap bisa mempertahankan atau meningkatkan nilai GPA. Ketiganya kompak memberikan pesan bagi BINUSIAN yang ingin menorehkan prestasi untuk terus maju, ambil kesempatan yang ada serta jangan takut untuk mencoba dan gagal.

Pengalaman Hellene, Vincca, dan Felisha dapat dijadikan sebagai inspirasi yang memotivasi kamu untuk meraih prestasi serupa. Kalau kamu ingin mencari kampus berkualias yang memberikan dukungan penuh pada mahasiswanya, jangan ragu memilih BINUS UNIVERSITY. Yuk, jadi BINUSIAN dan raih apa yang kamu impikan!