Jauh sebelum mengenal revolusi industri 4.0, dunia telah mengalami tiga era perubahan, yaitu revolusi industri 1.0, 2.0, dan 3.0. Dengan sederet revolusi tersebut, seluruh aktivitas pekerjaan berangsur-angsur mengalami penyesuaian ke arah lebih praktis dan efisien, misalnya mesin berfungsi secara mandiri, informasi analisis data lebih cepat didapat, transaksi keuangan melalui gawai, dan sebagainya. 

Semua kemudahan tersebut terjadi sebagai akibat dari penerapan revolusi industri 4.0 saat ini. Namun begitu, revolusi industri tetap saja membawa tantangan tersendiri bagi Sumber Daya Manusia (SDM), meliputi peningkatan kebutuhan inovasi, permintaan kerja sama/kolaborasi, penyesuaian pola kerja, dan sebagainya. Untuk itu, manusia harus bisa mengiringi tuntutan revolusi industri 4.0 agar tidak terasingkan. 

Jika demikian, fungsi lembaga pendidikan sebagai pencetak SDM bangsa dituntut aktif, kreatif, dan inovatif mengiringi perubahan zaman. Itulah yang kemudian menjadi alasan BINUS UNIVERSITY menghadirkan Minor Program bagi mahasiswanya. 

Minor Program
Sumber : Binus

Apa Itu Minor Program?

Minor Program adalah sistem akademik di BINUS yang memungkinkan mahasiswa memiliki fleksibilitas dalam pengembangan potensi akademiknya. Detailnya, mahasiswa secara mandiri dapat memilih program perkuliahan di luar program studi utama sesuai passion masing-masing. Agar lebih mudah dimengerti, program ini dapat dimaknai sebagai program pembelajaran lintas disiplin. 

Tujuan utama pelaksanaan program ini tentunya untuk memperluas pengetahuan mahasiswa di luar major program dengan keunikan atau keterampilan dari disiplin ilmu lain. 

Pada pelaksanaannya, Minor Program ditawarkan BINUS untuk mahasiswa aktif semester tiga hingga lima, atau tepat sebelum BINUSIAN menjalankan Enrichment Program (2+1)+1. Oleh sebab itu, mahasiswa semester dua umumnya telah mendapatkan informasi terkait Minor Program di jurusan mereka masing-masing saat awal semester.

 

Pilihan Keilmuan di Minor Program

Minor Program menawarkan sepuluh pilihan bidang ilmu dari bermacam jurusan. Masing-masing opsi yang tersedia akan menghasilkan capaian pembelajaran berbeda-beda. 

Digital Business – BINUS @Alam Sutera

Pilihan pertama ini melatih mahasiswa untuk mengetahui kondisi bisnis terkini dalam kaitannya dengan teknologi informasi. Selain itu, mahasiswa juga mempelajari hal-hal berkaitan dengan analisis data dan keputusan bisnis yang efektif berdasarkan pemanfaatan teknologi informasi. 

Cross Cultural Communication – BINUS @Kemanggisan

Opsi selanjutnya ialah untuk memantapkan mahasiswa dalam kemampuan berbahasa asing, khususnya percakapan dunia profesional. Dengan begitu, alumni BINUS dapat diterima dengan mudah oleh pasar tenaga kerja dunia. 

Human Capital & Digital Workplace – BINUS @Kemanggisan

Sesuai namanya, disiplin ilmu dalam Minor Program kali ini akan membahas banyak hal mengenai pengembangan SDM dan lingkungan kerja digital. Sangat sesuai dengan konsep revolusi industri 4.0, bukan?

Interactive & User Experience Design – BINUS @Kemanggisan

Masih dari kampus BINUS yang sama, Minor Program berikutnya membekali BINUSIAN dengan segala kemampuan pengembangan produk digital berdasarkan pengalaman pengguna. Tidak hanya itu mahasiswa juga diajarkan untuk mampu menarik korelasi antara tiga aspek penting di media digital, yakni manusia, desain, dan teknologi 

Sustainable Development – BINUS @Kemanggisan

Pilihan kelima adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari konsep pembangunan berkelanjutan dengan syarat pemenuhan kebutuhan spesifik, seperti proses manufaktur, keselamatan publik, dan lainnya. 

Digital Ecosystem – BINUS @Kemanggisan

Menggali informasi tentang teknologi terkini, identitas visual, keamanan siber, dan inovasi digital adalah segelintir pembelajaran yang akan didapatkan BINUSIAN dengan pilihan mata kuliah ini.

Virtual Services – BINUS @Bekasi

Menjelaskan konsep layanan virtual di berbagai fungsi bisnis sekaligus menganalisis konsep tersebut adalah tujuan utama pembelajaran Minor Program ini. Dengan kemampuan tersebut, BINUSIAN diharapkan bisa mengenali potensi layanan virtual dalam bisnis. 

Culinary – BINUS @Bekasi

Memberikan fokus pengetahuan pada bisnis kuliner sehingga BINUSIAN diharapkan dapat memiliki kemampuannya sendiri dalam pengelolaan usaha kuliner yang diminatinya setelah lulus. 

Designpreneur – BINUS @Bandung

Menyokong perkembangan pesat dalam dunia industri kreatif, BINUS UNIVERSITY menginginkan lulusannya memiliki kemampuan untuk membuat peluang dan membangun bisnis di bidang desain. 

Digital Technopreneur – BINUS @Malang

Pilihan bidang ilmu Minor Program terakhir ini menyediakan BINUSIAN seluk beluk dunia bisnis teknologi digital. Pembelajaran ini tentu saja sangat sejalan dengan perkembangan revolusi industri 4.0. 

Dengan memperluas ilmu pengetahuan di luar program studi utama melalui Minor Program, lulusan BINUS UNIVERSITY diharapkan jadi lulusan yang tanggap zaman.