Enrichment Program BINUS UNIVERSITY hadir untuk membekali BINUSIAN dengan pengetahuan, kemampuan, serta pengalaman agar dapat bersaing di era global. Program ini dapat diikuti BINUSIAN yang telah menginjak semester lima hingga tujuh. Enrichment Program menawarkan lima jalur, yakni studi ke luar negeri, pengabdian sosial, penelitian, magang di perusahaan, dan merintis bisnis (Business Start-Up). Dari program yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY Laura sangat tertarik untuk merintis bisnisnya sendiri.  

Entrepreneurship
Sumber : Medium

Motivasi Laura Mengikuti Enrichment Program Track Entrepreneurship 

Bagi Laura, program Track Entrepreneurship membantunya untuk mengaplikasikan seluruh ilmu selama berkuliah di jurusan International Business Management. Laura memahami bahwa cakupan bisnis sangat luas sehingga diperlukan praktik secara langsung. Pasalnya, teori saja tidak cukup untuk menumbuhkan jiwa bisnis dan mengerti tentang keadaan pasar. 

Melalui Track Entrepreneurship, Laura makin yakin untuk menciptakan bisnisnya sendiri selepas lulus kuliah. Memang bukan hal mudah karena setiap hari bermunculan pebisnis baru dan tren pasar pun terus berubah. Namun, berbekal ilmu bisnis yang dikuasainya dan pengalaman dari Track Entrepreneurship, Laura yakin bahwa ia mampu mencapai targetnya. 

Proses Laura Membangun Bisnis dan Kendala yang Dihadapi

Menurut Laura, dalam membangun bisnis hal yang paling utama adalah modal. Tanpa modal yang memadai akan sangat sulit untuk memulai bisnis secara optimal. Tak perlu banyak, sebab bisnis dapat dirintis berbekal modal minim. Asalkan, kamu memastikan bahwa proses riset target market berjalan lancar, seperti yang dilakukan oleh Laura. Meskipun riset market memang menghabiskan banyak waktu, informasi yang didapatkan sangat membantu memahami tren pasar, apa yang dibutuhkan konsumen, dan keunggulan pesaing di bisnis serupa.

Hal tak kalah penting lainnya adalah mencari tahu mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis yang hendak dijalankan. Tujuannya untuk meminimalisasi segala bentuk risiko bisnis. Ketika terjadi masalah, kamu bisa menemukan solusinya dengan cepat dan tepat. Memahami kelebihan dan kekurangan bisnis juga memudahkan kamu untuk mencari dan mendapatkan peluang baru. 

Kendati berbisnis sangat menyenangkan, Laura mengaku kesulitan membagi waktu antara kuliah kerja dan bisnis. Belum lagi tingkat persaingan tinggi membuat Laura harus memutar otak dan berpikir out of the box. Salah satu cara untuk mendongkrak bisnisnya adalah dengan konten pemasaran yang menarik atensi konsumen. Untuk menghilangkan gundah dan mencari ide baru, Laura kerap berdiskusi dengan partner bisnis ataupun berjalan-jalan. 

Ini yang Disukai Laura Selama Merintis Bisnis

Selama merintis bisnis, Laura berkesempatan bertemu banyak orang. Tentunya Laura tidak menyia-nyiakan hal ini. Terbukti dari keaktifan Laura untuk bertanya mengenai pengalaman dan tips sukses pebisnis lain. Bagi Laura, kesempatan belum tentu datang dua kali sehingga harus melakukan yang terbaik. Berbekal ilmu yang didapat dari pebisnis lain membuat Laura makin yakin dan percaya bahwa dunia bisnis dapat membawa perubahan baik, tak hanya menghasilkan pundi-pundi rupiah, melainkan juga mendorong perekonomian negara dan mengurangi angka pengangguran.

Harapan Laura Untuk Bisnis, Track Entrepreneurship BINUS UNIVERSITY, dan BINUSIAN

Harapan utama Laura terhadap bisnis yang dirintisnya adalah terus berkembang dan sukses sehingga dapat menciptakan dampak besar bagi kesejahteraan diri sendiri dan orang lain yang turut membantunya. Meskipun banyak tantangan yang harus dilalui, Laura tetap optimis bahwa ia mampu menghadapi masalah tersebut dengan baik. Laura juga berharap agar BINUS Track Entrepreneurship tetap semangat membimbing dan mengarahkan pebisnis muda. 

Bagi BINUSIAN yang ingin menjadi pebisnis pemula, Laura berpesan untuk terus mencoba dan pantang menyerah. Ketika kamu mengalami kegagalan, jangan takut memulainya lagi. Selalu ada jalan asalkan kamu terus berusaha. Berbekal bantuan dan arahan dari coach entrepreneurship serta usaha tanpa putus, kamu bisa menjadi pebisnis yang tangguh dan sukses di masa depan.