Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kearifan lokal beragam. Cerminan kearifan lokal tersebut terselip dalam aktivitas budaya dan seni, misalnya tradisi musyawarah, adat pernikahan, dan upacara tradisional. Selain itu, kearifan lokal juga terlihat dari karya-karya seni yang unik di tiap daerah.

Selama ini, adanya kearifan lokal memicu munculnya social enterprise. Tujuan social enterprise ini beragam, mulai dari berbasis modal intelektual, voluntary, hingga benefit. Tentunya, untuk mendapatkan benefit dari sisi finansial, kamu membutuhkan strategi.

Ide Bisnis
Sumber : Puncak media

Sebagai referensi, berikut ini cara-cara membangun bisnis berbasis kearifan lokal di Indonesia yang mudah diterapkan.

Rencanakan Cara Kamu Menggali Kearifan Lokal

Untuk mendapatkan ide bisnis yang unik, kamu harus menggali kearifan lokal secara detail. Berikut ini beberapa cara menggali kearifan lokal.

  • Traveling

Traveling merupakan cara paling mudah untuk mencari tahu tentang kearifan lokal di Indonesia. Kamu bisa mencoba bepergian ke berbagai daerah yang memiliki kearifan lokal berbeda. Misalnya, traveling ke desa adat, kawasan wisata etnik, serta beberapa tempat dengan identitas budaya yang kuat.

Dari daerah tersebut, kamu bisa memahami secara mendalam tentang tradisinya, rumah adat, ataupun kebiasaan masyarakat. Selain itu, dengan bertemu orang baru, wawasan menjadi lebih luas sehingga banyak referensi untuk berkarya.

  • Mengunjungi Pusat Cendera Mata

Setiap daerah memiliki cendera mata khas yang disediakan di toko-toko suvenir agar pengunjung mudah membelinya. Masing-masing cendera mata biasanya mengandung nilai kearifan lokal. Misalnya, buah tangan berupa gantungan kunci khas Yogyakarta, umumnya berbentuk ukiran kayu. 

  • Mencicipi Kuliner Daerah

Indonesia adalah negara yang kaya kuliner. Setiap daerah memiliki kuliner dengan cita rasa khas. Kerennya, beberapa kuliner asal Nusantara menjadi salah satu makanan paling lezat di dunia.

Nah, dengan mencicipi berbagai jenis kuliner, kamu bisa menemukan ide bisnis yang menarik di bidang ini. Tentunya, bisnis tersebut harus dikemas sesuai selera masyarakat masa kini supaya laku di pasaran.

  • Menyaksikan Berbagai Pertunjukan Budaya

Inspirasi membangun bisnis berbasis kearifan lokal bisa didapatkan melalui pertunjukan budaya. Biasanya, pertunjukan budaya diselenggarakan oleh para seniman lokal. Bentuk pertunjukan tersebut bisa berupa tarian, drama, musik dan lagu tradisional, serta karya visual khas daerah.

Temukan Ide Bisnis Berdasarkan Budaya Lokal

Setelah kamu menggali budaya lokal, tentunya muncul banyak ide bisnis. Ide tersebut dapat diwujudkan melalui produk visual maupun kegiatan yang mendatangkan keuntungan finansial.

Berikut ini beberapa contoh ide bisnis berdasarkan kearifan lokal.

  • Batik

Batik merupakan kerajinan lokal yang memiliki peluang bisnis hingga ke skala internasional. Harga batik bervariasi; tergantung tingkat kesulitannya. Makin sulit pola batik, harganya kian mahal. Contohnya, harga batik tulis lebih tinggi daripada jenis cap.

  • Ukiran dan Seni Pahat

Ukiran maupun seni pahat kini diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti pajangan dan tempat penyimpanan perhiasan. Soal harga, kerajinan lokal ini bisa mencapai ratusan ribu rupiah per unit produk. Bahkan, ada yang dibanderol jutaan rupiah, contohnya seni ukir patung.

  • Produksi Film

Film merupakan salah satu media memperkenalkan kearifan lokal daerah tertentu kepada masyarakat. Saat ini, film bermuatan lokal mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai kalangan, bahkan dunia internasional. 

Jika karya film kamu ditonton banyak orang, tentu pundi-pundi rupiah lebih mudah didapatkan. Selain itu, daerah yang memiliki kearifan lokal tersebut memperoleh dampak finansial maupun sosial dengan adanya kunjungan wisatawan.

  • Anyaman

Saat sekolah dasar, anyaman menjadi salah satu kerajinan tangan yang wajib dikuasai siswa. Jika dahulu anyaman dibuat dari kertas, dalam skala bisnis, kamu harus menggunakan bahan yang lebih menjual. Misalnya, anyaman rotan, daun pandan, janur, atau bambu.

  • Kain Tenun

Bisnis kain tenun kian menggiurkan karena mendatangkan keuntungan besar. Kendati harganya mahal, banyak orang memburu kain tenun. Pasalnya, corak kain tenun tergolong unik dan memiliki makna berbeda. Contoh kain tenun yang paling banyak diburu, yaitu dari NTB, Palembang, dan NTT. 

 

Itulah cara menemukan ide bisnis berbasis kearifan lokal untuk kamu yang baru memulai usaha. Agar kreativitasmu meningkat, tidak ada salahnya menggali ilmu lebih dalam di perguruan tinggi. Sebagai referensi, kamu bisa melanjutkan kuliah di jurusan Creativepreneurship BINUS UNIVERSITY.

Jurusan Creativepreneurship dihadirkan untuk melahirkan sarjana bisnis yang mempunyai kreativitas dan daya juang tinggi. Melalui jurusan ini, kamu juga bisa mempelajari teknologi informasi dan komunikasi terkait dengan bisnis.