Di era modern ini, banyak orang mulai tertarik untuk berbisnis. Dimulai dengan memikirkan sebuah ide, kamu bisa mengembangkan hal ini menjadi sebuah peluang yang menguntungkan. Meskipun merealisasikan ide bisnis tidaklah mudah, kamu bisa melakukan riset pasar lebih dulu untuk meminimalisasi risiko kegagalan dan kerugian. Untuk meraih kesuksesan bisnis, jangan takut berinovasi. Pasalnya, tak sedikit ide bisnis yang dianggap sepele justru dapat mendatangkan penghasilan luar biasa dan menjadi tren di kalangan pebisnis muda. 

List Ide Bisnis Unik dan Anti-Mainstream

Ide Bisnis Unik
Sumber : Hubster

Bagi kamu yang tertarik untuk mulai berbisnis, cobalah sejumlah rekomendasi ide bisnis unik dan antimainstream berikut ini.

Barang Antik

Kalau kamu termasuk orang yang gemar mengoleksi barang antik, cobalah untuk menjualnya secara online. Bidik target pasar yang spesifik, yakni kolektor barang antik. Biasanya, seorang kolektor memiliki mata yang tajam untuk menilai sebuah barang. Makin antik atau tua umur barang tersebut, kolektor tak segan mengeluarkan banyak uang untuk memilikinya. 

Ruang Amarah

Pernahkah terlintas di pikiranmu untuk menyediakan sebuah tempat yang dapat digunakan untuk meluapkan amarah? Meskipun terdengar tak biasa, ide bisnis ini sangat menjanjikan. Pasalnya, banyak orang yang bingung bagaimana cara melampiaskan rasa kesal atau marah tanpa harus diketahui atau merugikan orang lain. Berkat kehadiran ruang amarah, secara tidak langsung kamu telah membantu orang-orang yang kesulitan menahan kekesalan atau mengekspresikan kemarahannya di depan orang lain. 

Produk Daur Ulang

Kalau kamu termasuk orang yang mempunyai daya kreativitas tinggi, cobalah untuk berkreasi menggunakan barang bekas. Dari bahan seadanya, kamu bisa menghasilkan sebuah produk layak jual yang bermanfaat. Contohnya:

  • Botol minuman bekas yang diubah menjadi kotak perhiasan.
  • Rol tisu toilet bekas yang diubah menjadi kreasi bunga untuk pajangan.
  • Plastik bekas yang diubah menjadi koinobori. 
  • Koran bekas yang diubah menjadi bingkai foto.
  • Majalah bekas yang diubah menjadi pot tanaman. 

Selain mendapatkan keuntungan dari barang daur ulang tersebut, kamu juga telah membantu menjaga kelestarian lingkungan. 

Katering Sehat

Setiap hari, makin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga asupan untuk mendapatkan tubuh sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan penghasilan sekaligus mengkampanyekan gaya hidup sehat. Caranya dengan menyediakan jasa katering sehat. Menu yang ditawarkan haruslah mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi harian, seperti sayuran hijau, daging, telur, kacang dan biji-bijian, ikan, susu, dan buah. Untuk mengurangi risiko penggunaan bahan kimia, kamu bisa mengganti sayuran biasa dengan sayuran organik.

Hidroponik

Tahukah kamu bahwa mengoleksi tanaman hidroponik tengah menjadi tren? Tak hanya di kalangan orang tua, melainkan juga anak-anak muda. Kamu bisa mengembangkan hobi ini untuk menghasilkan uang. Mulailah dengan mempelajari pembibitan dan cara merawat tanaman bernilai jual tinggi, seperti bonsai, anggrek, janda bolong, dan aglonema. Selain tanaman hias, sayuran dan buah hidroponik juga sangat diminati oleh konsumen.  

Terrarium

Ide bisnis unik ini memang belum begitu populer. Namun, terrarium menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin merawat tanaman di tempat yang kurang memungkinkan pemeliharaan konvensional, seperti di apartemen. Umumnya, terdapat dua jenis terrarium, yakni terbuka dan tertutup. Terrarium tertutup cocok untuk tanaman tropis, sedangkan terrarium terbuka lebih cocok untuk tananam beriklim kering, seperti kaktus. Kehadiran bisnis terrarium memungkinkan siapa pun memelihara tanaman di dalam rumah selama terdapat sinar matahari. 

Demikianlah sejumlah ide bisnis unik dan antimainstream yang dapat kamu coba untuk meraup keuntungan fantastis. Supaya lebih memahami ilmu bisnis secara keseluruhan, jangan ragu memilih BINUS UNIVERSITY sebagai jembatan untuk meraih masa depan gemilang.