Seiring perkembangan perdagangan pasar bebas antarnegara, persaingan bisnis online makin tinggi. Pasalnya, sekarang produk luar negeri leluasa masuk ke marketplace Indonesia. Terlebih, produk tersebut dibanderol dengan harga murah dan jaminan kualitas, tentu lebih banyak konsumen yang tertarik.

Untuk mengatasi tantangan pasar bebas, kamu bisa berjualan di situs marketplace luar negeri. Selain menjangkau konsumen lebih luas, keuntungannya pun besar. Hal itu karena setiap pedagang dapat menjual produknya dengan harga tinggi di situs tersebut.

Bisnis Online
Sumber : Kompas

Sebagai acuan, berikut ini ada lima tips berjualan di situs marketplace luar negeri yang mudah diterapkan. Yuk, simak!

Jual Produk Unik dan Menarik

Ketika memilih berjualan di marketplace luar negeri, artinya kamu harus siap bersaing dengan pedagang dari seluruh negara. Karena itu, pilihlah produk yang unik supaya konsumen cepat tertarik.

Salah satu contoh produk unik yang bisa dijual adalah kerajinan lokal handmade. Misalnya, menjual batik, kain tenun, boneka wayang, ukiran kayu, tas anyaman bambu, serta jam etnik.

Selain menjual produk yang unik, kamu harus memastikannya tidak ada di negara tempat berjualan. Sebagai contoh, negara tersebut memproduksi sepatu kulit, berarti sebaiknya menghindari berjualan produk ini. Kamu bisa menggantinya dengan produk sepatu berbahan limbah daur ulang atau rajutan.

Pilih Situs Marketplace Terbaik

Saat ini, lebih dari 50 marketplace internasional bertebaran di internet. Situs tersebut memiliki spesifikasi konten dan sasaran berbeda. Selain itu, setiap marketplace mempunyai kekurangan dan kelebihan yang harus kamu pertimbangkan.

Sebagai referensi, berikut ini beberapa marketplace internasional terbaik yang direkomendasikan untuk berjualan.

  • Amazon

Amazon adalah situs marketplace populer yang menyediakan tempat berjualan untuk seluruh pedagang dari berbagai negara. Kamu bisa memilih banyak kategori produk di Amazon, seperti fashion, art and craft, serta produk kecantikan. Selain itu, kamu bisa berjualan produk second di situs ini.

  • eBay

e-Bay merupakan situs marketplace yang didirikan tahun 1995. Marketplace ini mengawali transaksinya dengan sistem lelang. Artinya, setiap pembeli boleh menawar harga produk yang ditampilkan oleh penjual.

  • Alibaba

Alibaba berasal dari Amerika Serikat. Namun, kini, Alibaba juga menjadi bagian dari negeri Tirai Bambu. Hal yang membuat Alibaba berbeda dari situs marketplace lainnya, yaitu menyediakan berbagai jenis jasa. 

  • Etsy

Jika kamu ingin menjual produk lokal yang unik, Etsy adalah tempat terbaik. Marketplace ini mengelompokkan pedagang kecil sampai menengah yang memiliki branding sebagai penyedia produk vintage maupun handmade

  • Rakuten

Rakuten semula bernama buy.com yang menawarkan kategori produk beragam, seperti elektronik, kecantikan, dan kesehatan. Kamu juga bisa berjualan berbagai peralatan kantor, suku cadang kendaraan, pakaian, serta perabot. Kerennya, Rakuten menyediakan manajer akun pribadi (konsultan e-commerce) untuk setiap penjual. 

Pahami Cara Pengiriman Produk ke Konsumen

Memahami cara pengiriman produk merupakan salah satu kunci komunikasi pelanggan. Biasanya, untuk pengiriman ke luar negeri, kamu harus mengisi beberapa dokumen penting. Selain itu, penjual juga mesti mengetahui tarif, lama pengiriman, dan jenis kurir yang digunakan.

Jika ingin mendapatkan tarif murah, kamu bisa mengirim banyak produk dalam waktu bersamaan. Cara lainnya, produk tersebut dikirim menggunakan jasa kargo yang melayani pengiriman barang ke luar negeri.

Miliki Rekening Lintas Negara

Konsumen di marketplace internasional tidak hanya berasal dari satu negara sehingga mata uang yang digunakan pun berbeda. Jadi, untuk memudahkan transaksi, sebaiknya kamu membuat rekening lintas negara. Salah satunya menggunakan rekening Paypal yang bisa diakses secara online.

Kamu juga bisa memakai rekening bank konvensional yang menyediakan fasilitas transaksi ke luar negeri. Misalnya, menggunakan rekening bank Sinarmas, BNI, dan BRI.

Kuasai Bahasa Inggris

Sebagian marketplace internasional menggunakan bahasa Inggris sebagai salah satu bentuk komunikasi antara penjual dan pelanggan. Deskripsi produk, instruksi, petunjuk, hingga forum yang dibangun dalam situs tersebut didominasi bahasa Inggris. Karena itu, kamu harus menguasai minimal bahasa Inggris pasif untuk berinteraksi.

Demikian ulasan singkat seputar tips berbisnis online melalui marketplace internasional. Kini, kamu bisa ekspor ke negara manapun tanpa harus melewati broker. 

Jika ingin mempelajari lebih jauh tentang bisnis online dan meningkatkan kreativitas berwirausaha, kamu bisa kuliah di jurusan Business Creation BINUS UNIVERSITY. Jurusan ini tidak hanya mengajarkan teori, tetapi juga mendidik mahasiswa menjadi pebisnis kreatif dan inovatif.