Jakarta, 5 Januari 2021 – Dalam rangka mendukung dan serta sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menuju Anugerah Diktiristek 2022, diadakan Pameran bertajuk Bangga Buatan Indonesia (BBI). Pameran ini bertujuan memperkenalkan produk-produk riset, inovasi, dan teknologi yang berhasil dikembangkan oleh ilmuwan, mahasiswa dan masyarakat untuk membangkitkan rasa bangga penggunaan produk-produk dalam negeri. Pameran ini akan diadakan selama 2 hari, yaitu tanggal 5 dan 6 Januari 2022, bertempat di Lobby Gedung D, Kemendikbudristek dan akan menampilkan produk inovasi, teknologi, dan riset yang diikuti 7 perguruan tinggi.

BINUS UNIVERSITY menjadi salah satu perguruan tinggi yang terpilih untuk berpartisipasi dalam Pameran Bangga Buatan Indonesia ini serta menghadirkan Nayakalara sebagai produk unggulan untuk dipamerkan. Nayakalara dikembangkan oleh tim dosen yang diNayakalara memiliki arti prajurit yang bertempur melawan wabah penyakit yang berjangkit serempak di muka bumi ini. Robot Nayakalara ada dua jenis, yaitu Food Delivery and Monitoring Robot dan Robot Desinfektan. Kedua robot tersebut sebagai bentuk kontribusi dan pengabdian masyarakat yang disediakan oleh BINUS di masa pandemi COVID-19. Sejauh ini sudah ada 22 robot yang telah didonasikan ke Rumah Sakit di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Beberapa prestasi yang telah didapatkan Nayakalara, seperti telah terdaftar di SINTA yang mengukur standar kinerja riset dan jurnal ilmiah nasional, masuk ke dalam 40 riset unggulan pada Dies Natalis ke-40 BINUS UNIVERSITY, hingga juara ketiga yang memperoleh medali perunggu untuk kategori Corporate Sosial Responsibility dalam  ASEAN ICT Awards (AICTA) Tahun 2021.