BINUS UNIVERSITY

    Wisuda 64 BINUS UNIVERSITY : 4.830 Lulusan Siap Menjawab Tantangan Industry 4.0 dan Society 5.0

     

    KALAU IKAN ADA DI DALAM KOLAM, BUNGA TUMBUH DI TENGAH TAMAN.

    JANGAN HANYA BERDOA DAN BERDIAM, MARI KITA BERBAGI KASIH DENGAN SENYUMAN

    INFORMASITODAY.com , Jakarta — Sepotong penggalan pantun yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY dalam Seremoni Wisuda 64 BINUS UNIVERSITY yang digelar hari ini secara virtual. Mengusung tema “Global Citizen for Greater Nusantara”, perhelatan Wisuda 64 BINUS UNIVERSITY meluluskan sebanyak 4.830 Wisudawan dan Wisudawati yang terdiri dari 4.363 lulusan Program Pendidikan Sarjana, 345 lulusan Program Pendidikan Magister, 25 lulusan Program Pendidikan Doktor, dan 83 lulusan Program Pendidikan D4, dan 14 lulusan Program Pendidikan Profesi. Lulusan Wisuda 64 ini menambah jumlah alumni BINUS UNIVERSITY yang kini berjumlah 130.327.

    Dari jumlah tersebut, 81.90% lulusan mendapat IPK >3.00, terdapat 102 lulusan menyandang predikat Summa Cumlaude dengan IPK sama dengan atau lebih dari 3.92 hingga 4.00. Pada Lulusan Program Sarjana, sebanyak 67 % Wisudawan S1 telah bekerja. 30% di antaranya telah bekerja di global company atau Top Nasional dan 17% telah bekerja sebagai wirausahawan.

    Dalam perhelatan Wisuda ini, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kepala LLDIKT! Wilayah II] DKI Jakarta turut memberikan ucapan dan pesan semangat kepada para Wisudawan.

    “Selamat kepada Wisudawan/ti Program Diploma, Sarjana, Master, maupun Doktor yang penuh harapan, bekal, dan potensi yang siap diimplementasikan ke dalam dunia profesi. Perlu diingat bahwa dunia kerja saat ini terus berubah dengan cepat, oleh karenanya sangat penting untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci untuk bisa unggul di era yang penuh dengan tantangan sekaligus sebagai peluang”, pesan Prof. ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

    “Selamat kepada seluruh Wisudawan dan Wisudawati yang telah menyelesaikan studi di Universitas BINA NUSANTARA. Terima kasih kepada Sivitas Akademika Universitas BINA NUSANTARA; para Dosen, para Orangtua, dan keluarga yang telah mengantarkan Putraputrinya hingga titik ini. Saya ingin mengingatkan bahwa bangsa Indonesia telah menunggu karya inovatif saudara untuk bangkit menjadi bangsa yang besar. Dalam aktivitas saudara di masyarakat, jangan lupa untuk selalu mengembangkan karakter yang berkemampuan dan berkebiasaan memberikan yang terbaik dengan kejujuran dan akhlak mulia”, papar Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc dalam pidato sambutannya.

    Wisuda 64 BINUS UNIVERSITY juga memberikan penghargaan atas prestasi dan kontribusi yang luar biasa dari lulusan, seperti “BINUS Award of Excellence” dianugerahkan kepada Wisudawan/ti yang lulus dengan IPK 4.00; “Wibowo Award” dianugerahkan kepada Wisudawan/ti yang memiliki prestasi akademik dan aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan di lingkungan Universitas BINA NUSANTARA; “BINUSIAN Award” dianugerahkan kepada Wisudawan/ti yang memiliki prestasi akademik dan nonakademik baik nasional maupun internasional; selain itu “Alumni Recognition Award” dianugerahkan kepada Alumni berprestasi yang memiliki 6 kriteria, yaitu memiliki prestasi di bidangnya, inovasi, komitmen, kontribusi, integritas, dan pengabdian kepada masyarakat.

    “Saya atas nama seluruh Sivitas Akademika Universitas BINA NUSANTARA memberikan penghargaan yang tinggi atas keberhasilan studi di saat pandemi. Tantangan akan masih Anda hadapi, terutama dalam Industry 4.0 dan Society 5.0. Teknologi tak hanya menjadi alat yang kita gunakan, tapi menjadi bagian dari hidup kita yang membuat kita bergerak, belajar, berbuat dengan bertujuan apa yang kita lakukan menjadi lebih baik, bukan karena kita digantikan oleh teknologi”, ucap Prof. Harjanto menekankan tantangan Wisudawan dan Wisudawati ke depannya.

    “Setelah Anda diwisuda pada hari ini, Anda akan melihat bahwa negara kita membutuhkan Anda. Masyarakat membutuhkan Anda. Bukan karena kemampuan Anda saja, tapi kemauan, kesungguhan Anda untuk mengatasi permasalahan dalam masyarakat seperti kemiskinan, pengangguran yang luar biasa terutama akibat dari pandemi. Ini kesempatan bagi Anda untuk berkontribusi dan memberdayakan masyarakat. Teruslah semangat untuk selalu bisa sukses, menjaga hati dan pikiran Anda, dan jangan lupa untuk selalu berbahagia agar bersama sama, kita BINUSIAN bisa bersama membangun Indonesia yang lebih baik”, pungkas Prof. Harjanto dalam Laporan Wisuda 64 yang disampaikannya.

    Pelantikan Wisudawan/ti adalah prosesi puncak Seremoni Wisuda 64 BINUS UNIVERSITY. “Saya mengundang secara khusus bagi Anda yang sedang bersama Orang tua, Wali, atau Keluarga, dengan penuh hormat untuk membantu memindahkan tali kuncir topi toga dari kiri ke kanan. Bagi Anda yang menghadiri wisuda ini sendiri, tak perlu berkecil hati, justru patut berbangga pada diri karena saya memberikan kesempatan untuk Anda memindahkan kuncir topi toga dari kiri ke kanan. Saya selaku Rektor Universitas BINA NUSANTARA melantik Anda sebagai Wisudawan-wisudawati Universitas BINA NUSANTARA dengan segala hak dan kewajibannya. BINUS Selamat untuk Anda semua!”, arahan Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY.

    Prof. Harjanto kembali menutup Laporan Wisuda dengan sebuah pantun:

    ANGIN BERTIUP MEMBUAT DAUN BERTEBARAN DIIRINGI LANTUNAN MUSIK MENYENTUH HATI

    BANYAK TERIMA KASIH KAMI UCAPKAN SEMOGA TUHAN SELALU MEMBERKATI

     

    ANGIN BERTIUP MEMBUAT DAUN BERTEBARAN DIIRINGI LANTUNAN MUSIK MENYENTUH HATI

    BANYAK TERIMA KASIH KAMI UCAPKAN SEMOGA TUHAN SELALU MEMBERKATI