Selama 40 tahun berkarya, BINUS tentu tidak menjalani semua proses dengan mudah. Bermula dari lembaga kejuruan yang fokus pada pendidikan komputer dan informatika, BINUS UNIVERSITY kini berkembang sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, bersaing dengan universitas-universitas negeri lainnya. Ini dibuktikan dengan predikat QS 5 Stars Rating yang diperoleh BINUS.

Sampai saat ini, BINUS UNIVERSITY terus berusaha mewujudkan pendidikan dengan kualitas kelas dunia lewat semangat pembinaan dan pemberdayaan masyarakat (empowering society). Komitmen ini diapresiasi dengan beragam raihan prestasi di tingkat internasional dari QS World University Rating.

BINUS mendapatkan 5 bintang untuk komitmen dan peningkatan kualitas pada 8 bidang yakni Pengajaran, Employability, Internasionalisasi, Pengembangan Akademik, Fasilitas, Kekuatan Program, Tanggung Jawab Sosial dan Inklusivitas. Tidak hanya itu, program pembelajaran online yang dibuat oleh BINUS UNIVERSITY juga berhasil mendapatkan bintang 5. Prestasi ini menjadikan BINUS sebagai satu-satunya kampus yang diganjar bintang 5 untuk semua kategori.

Apa Itu QS Stars University Ranking?

Binus University
Sumber : QS

Di dunia ini, ada banyak sekali lembaga dan sistem perangkingan universitas yang dibuat. Tujuannya selain untuk memacu kampus-kampus meningkatkan kualitas, juga akan memudahkan calon mahasiswa untuk menemukan universitas mana yang sesuai dengan preferensi mereka. QS Stars merupakan salah satu pemeringkatan bergengsi di dunia.

QS Stars sendiri merupakan sebuah sistem peringkat dengan penilaian yang mendetail pada sebuah institusi. Adanya penilaian ini diharapkan akan memudahkan semua pihak untuk mengidentifikasi universitas mana yang terbaik dalam kategori tertentu. Misalnya saja kampus mana yang paling baik dari segi kekuatan program, fasilitas, inklusivitas, tanggung jawab sosial hingga kelayakan kerja alumninya.

QS Stars melakukan penilaian secara mendetail karena paham bahwa setiap kampus yang ada di dunia ini berbeda satu sama lain. Karena itu diperlukan penilaian di berbagai kategori untuk mengenali keunggulan dari masing-masing universitas. 

QS Stars juga mengakui bahwa mahasiswa menempuh pendidikan tinggi untuk mencari sesuatu yang berbeda-beda. Tidak semua kampus cocok dimasuki oleh kelompok mahasiswa tertentu. Bahkan institusi pendidikan dengan peringkat terbaik sekalipun, belum tentu cocok untuk semua orang.

Adanya penilaian dari QS Stars akan memudahkan calon mahasiswa program pendidikan masa depan dan memahami universitas mana yang memiliki nilai baik dari indikator komprehensif yang ada. Dengan begitu, calon mahasiswa bisa mencocokkan minat dengan kampus yang unggul dari segi topik yang ingin dikuasai oleh mahasiswa tersebut.

Untuk melakukan penilaian, QS Stars mengevaluasi BINUS UNIVERSITY dengan menggunakan banyak indikator dalam setidaknya 8 kategori penilaian. Setelah penilaian selesai dilakukan, kampus akan dianugerahi dengan nilai berupa bintang yang berkisar dari 0 sampai 5 bintang tergantung pada jumlah poin yang berhasil dicapai dalam proses evaluasi. BINUS sendiri berhasil meraih peringkat sempurna untuk semua kategori penilaian.

Menambah Deretan Prestasi Membanggakan BINUS UNIVERSITY

Pencapaian QS 5 Stars Rating ini menambah daftar panjang prestasi penting yang sudah diraih oleh BINUS sebelumnya. Selain masuk dalam Top 1000 QS University Rankings 2021, BINUS juga berhasil menduduki posisi ke 227 dalam QS Asia University Rankings 2021, Top 500 QS University Rankings by Subject 2021 untuk Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem informasi serta posisi 301-500 dalam Peringkat Ketenagakerjaan Lulusan Dunia QS 2020.

Prestasi-prestasi seperti QS 5 Stars Rating ini adalah bukti dari komitmen BINUS selama 40 tahun ini untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang bisa terjun ke tengah-tengah masyarakat. Dengan impian yang lebih besar, BINUS berharap bisa terus membantu dalam proses empowering society dengan memberikan pendidikan dengan kualitas terbaik, mengembangkan teknologi, membuat inovasi serta menghasilkan alumni berkualitas yang bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.