Ketika memutuskan untuk berkuliah dan menyandang status mahasiswa, harapan menjadi sukses ketika lulus nanti pasti sangat besar. Ini pula yang dirasakan oleh mahasiswa Faculty of Economics and Communication BINUS UNIVERSITY. Belajar di salah satu kampus swasta bergengsi tentu membuat mereka berharap cukup tinggi.

Status BINUS UNIVERSITY sebagai kampus swasta bertaraf internasional dianggap mampu menaikkan value sehingga kesempatan mendapat kerja begitu lulus cukup besar. Padahal kenyataannya, selain nama besar kampus, seorang mahasiswa juga butuh keterampilan agar bisa bertahan di dunia kerja.

Faculty of Economics and Communication
Sumber : Twitter

Inilah alasannya, sebagai mahasiswa, kita harus rajin-rajin mengasah skill dan meningkatkan kemampuan akademik. Nah, sebagai referensi berikut tips menjadi sukses ala mahasiswa Faculty of Economics and Communication BINUS UNIVERSITY:

1. Perkaya Keterampilan

Di dunia ini, banyak sekali orang pintar dengan kemampuan akademik di atas rata-rata, tetapi tidak semua orang pintar bisa survive di dunia kerja. Sebuah perusahaan biasanya tidak hanya mencari lulusan universitas dengan IPK tinggi; mereka juga butuh karyawan dengan soft skills sesuai kebutuhan.

Jadi selama menjadi mahasiswa, usahakan untuk mengikuti berbagai kegiatan di luar jam perkuliahan seperti aktif di organisasi kemahawsiswaan, rajin mengikuti webinar, hadir di berbagai pelatihan atau workshop bermanfaat, hingga mengikuti kursus-kursus khusus untuk mengasah berbagai keterampilan yang diminati.

2. Selalu Up to Date dengan Isu Terkini

Wawasan luas adalah jendela menuju kesuksesan. Jadi, daripada fokus pada satu bidang saja, jangan ragu untuk memperluas wawasan kamu dengan mempelajari hal-hal baru. Mulailah membiasakan diri untuk melihat berita, browsing internet, atau membaca buku. 

Tidak hanya bisa menambah wawasan, selalu up to date dengan isu terkini (terutama soal perekonomian) juga akan memudahkan kita dalam menjalani perkuliahan, apalagi jika kita mengambil jurusan yang cakupannya luas seperti Faculty of Economics and Communication BINUS UNIVERSITY.

3. Tentukan Prioritas

Tidak semua orang berkesempatan belajar di kampus swasta terbaik seperti BINUS UNIVERSITY. Jika berhasil menjadi mahasiswa di sini, mau tidak mau, kita harus fokus selama masa perkuliahan. Jadikan kuliah dan belajar sebagai prioritas utama selama menjadi mahasiswa.

Pastikan fokus kita tidak terbagi dengan hal lain yang mungkin kurang bermanfaat seperti nongkrong, clubbing, bermain game sampai lupa waktu. Kalaupun ada aktivitas selain kuliah, pastikan hal tersebut memberi manfaat pada diri entah dalam hal akademik maupun soft skills.

4. Perluas Relasi

Fokus kuliah tidak serta merta membuat kita tidak bisa menjalin relasi. Dari kegiatan luar perkuliahan seperti webinar, organisasi kampus, atau kursus keterampilan kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk memperluas relasi dan jaringan pertemanan.

Hal ini akan sangat bermanfaat ketika kamu terjun ke dunia kerja nanti. Relasi beragam dan luas akan memperbesar kesempatan untuk mendapat pekerjaan cepat, membuat proyek-proyek menguntungkan, atau bahkan membuat usaha yang sedang dirintis lekas dikenal orang.

5. Jaga Kesehatan

Semboyan “Men Sana In Corporesano” atau “Di Dalam Tubuh yang Kuat Terdapat Jiwa yang Sehat” ada bukan tanpa alasan. Banyak sekali survei yang menyebutkan bahwa kesehatan badan memiliki pengaruh pada efektivitas kita dalam berpikir dan bertindak. Inilah alasannya, untuk jadi mahasiswa sukses, kamu butuh badan yang sehat.

Sehat bukan berarti kamu harus memiliki tubuh bak atlet atau modal. Cukup dengan menjaga pola makan, rajin olahraga, dan cukup istirahat, kita bisa melakukan semua hal secara maksimal—baik itu berkuliah, atau mengikuti kegiatan pengembangan diri lainnya.

Itulah beberapa tip sukses ala mahasiswa Faculty of Economics and Communication BINUS UNIVERSITY. Selain lima cara di atas, kunci sukses lain adalah tekun dan telaten. Pasalnya, apa pun yang dilakukan dengan hati pasti akan mengantarkan kita pada kesuksesan cepat atau lambat.

Semoga informasi di atas bisa jadi referensi, salam sukses!