Film adalah salah satu seni yang saat ini menjadi industri penting di berbagai belahan dunia. Selain dari nilai seninya, film adalah sarana bagi manusia untuk saling berkomunikasi. Kadang, bahkan tanpa batasan bahasa. Untuk kamu yang tertarik kuliah jurusan film, memperbanyak pengetahuan seputar film berbahasa asing akan memberimu banyak sudut pandang baru.

Film Berbahasa Asing
Sumber : Tribun News

Di ajang Academy Awards, film berbahasa asing tidak hanya menjadi satu kategori sendiri saja. Beberapa di antaranya bahkan berhasil memboyong piala untuk kategori lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan bahasa. Simak beberapa film berbahasa asing yang berhasil mencuri perhatian di ajang Oscar dan wajib kamu tonton berikut ini!

Parasite

Sewaktu berhasil membawa pulang Oscar untuk kategori Best Pictures, film asal Korea Selatan ini memang berhasil mencuri perhatian publik. Film yang dibuat dengan dialog berbahasa Korea ini mengangkat isu kesenjangan sosial di negeri ginseng tersebut dan menjadi film berbahasa asing pertama yang menenangkan Best Pictures.

Prestasi yang ditorehkan oleh Sutradara Bong Joon-ho ini terbilang luar biasa. Parasite berhasil mencetak sejarah dengan 3 kemenangan besar dalam kategori yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan film asing atau film berbahasa asing. Pencapaian ini tentu membuat banyak filmmaker dari berbagai belahan dunia ingin mengikuti jejaknya.

A Man and A Woman

Film Prancis yang dirilis pada tahun 1966 ini berkisah tentang seorang janda dan duda yang menjalin hubungan asmara setelah bertemu di sekolah asrama anak-anak mereka. Film ini sangat dicintai dan memenangkan Palme D’Or di Cannes pada tahun perilisannya (penghargaan serupa juga diraih oleh Parasite). Pierre Uytterhoeven memenangkan Oscar untuk Best Original Screenplay untuk film tersebut dan memenangkan hadiah utama dalam kategori Best Foreign Film.

Talk to Her

Filmmaker asal Spanyol, Pedro Almodóvar memenangkan Oscar keduanya (dan Oscar pertamanya di luar kategori Feature Film Category) untuk naskah asli yang ditulisnya, Talk to Her tahun 2002. Film ini berkisah tentang dua pria yang saling terikat saat merawat dua wanita yang sedang dalam keadaan koma.

Film ini dianggap sebagai salah satu film terbaik pada dekade tersebut sekaligus menandai karier tertinggi dari sang filmmaker.

Marie-Louis

Marie-Louis merupakan film asal Swiss, Jerman dan Prancis yang dirilis pada tahun 1944. Film ini menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan Oscar untuk kategori Best Original Screenplay. Sang penulis skenario asal Swiss, Richard Schweizer membawa pulang emas berkat kisah Perang Dunia Kedua yang ditulisnya itu. Penghargaan itu sekaligus menjadikannya sebagai orang pertama yang pernah memenangkan Oscar untuk film berbahasa asing.

Pada waktu itu, penghargaan International Feature (yang kemudian diubah menjadi Best Foreign Film) bahkan belum resmi dibuat. Kategori khusus film asing baru ada pada tahun 1965.

Divorce Italian Style

Film komedi asal Italia ini sangat populer pada tahun 1961. Divorce Italian Style mendapatkan 3 nominasi yakni Best Director (Pietro Germi), Best Actor (Marcello Mastroianni) dan Best Original Screenplay. Film ini akhirnya hanya memenangkan kategori Best Original Screenplay dan membuat 3 orang tim penulisnya yakni Ennio De Concini, Pietro Germi, dan Alfredo Giannetti membawa pulang pialanya.

Meskipun sebenarnya film ini berdasarkan novel Honor Killing karya Giovanni Arpino, namun film ini tetap menang sebagai Best Original Screenplay. Divorce Italian Style mengisahkan tentang Ferdinando (Mastroianni) yang mengkhayal membuang istrinya agar bisa menikahi sepupunya yang dia cintai.

Dengan melihat film-film berbahasa asing yang berhasil menorehkan sejarah dalam ajang Oscar ini, kamu pasti tertarik untuk bisa membuat karya serupa. Sebagai langkah awal, mulailah karier perfilman kamu dengan mengambil jurusan Film di BINUS UNIVERSITY.